CANCEL CULTURE: Alasan Sosmed Jadi TOXIC | Satu Insight Episode 10
HUXtcE-NQDQ • 2022-05-28
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id Lu ngerasa enggak sih sekarang tuh kita mau ngapa-ngapain susah? Iya sih zaman udah maju, opportunity udah banyak muncul, tapi zaman sekarang tuh semua orang harus banyak mikir ngga sih sebelum melakukan sesuatu, supaya apa? Ya supaya ngga di viralin lah, supaya nggak di cancel lah gitu. Ya sekarang simpel gitu ada resto ngasih sedotan di viralin gitu kan? Ada orang diduga melakukan kejahatan tertentu sebelum kebukti udah di cancel duluan, udah dipecat duluan. Bahkan progress menuju hal baik, misalnya anggap aja lu produksi mobil listrik untuk mencegah misalnya emisi dan lain sebagainya di viralin, dibacotin. Hal baik gitu dan banyak lagi sebenarnya. Mungkin sekarang istilahnya tuh ya kalau bisa di viralin yang ngapain lu selesai secara kekeluargaan cuy? Ada meme yang kayak gitu. Jadi mending di viralin aja, diramaikan aja gitu, pecahkan gelasnya gitu kan. Gue juga sebenernya ketika nulis script ini mikir-mikir sih karena takut viral, takut ke bawa-bawa ke kehidupan personal, takut jadi negatif. Tapi gue ngerasa perlu speak up sih soal ini. Dan meski sebenarnya di luar sana ada juga ada juga sih yang nyari viral yah, malah meskipun kontroversi enggak apa-apa dipandang jelek yang penting fyp gitu kan. Ya intinya gitulah, gue juga sebenernya dengan bikin konten tuh ngambil resiko kan? Dan jujur kalau dibandingin sama zaman dulu ya gue sih dibeberapa Sisi memang keadaan prefer zaman dulu karena zaman dulu nggak ada viral-viralan gini. Nah gua bakal nyoba untuk melihat dampak negatif nih dari cancel culture dan viral culture yang sering terjadi di zaman sekarang oke. Lo tonton video ini sampai habis biar bisa dapat keseluruhan Insightnya! Jadi gini, sekarang tuh yang namanya kecemasan itu meningkat drastis di seluruh dunia. Dan menurut gue sebenernya salah satu kontributor kecemasan terutama di anak muda gitu ya adalah apa? Adalah cancel culture, viral-viralan, yang sering banget muncul di zaman sekarang. Makanya nggak jarang orang tuh jadi ngerasa sosmed tuh toxic gitu. Bahkan banyak founder-foundr yang gua lihat gitu ya oke, jarang punya sosmed cuy. Kayak misalnya Nadiem Makarim gitu kagak punya tuh dan dia juga sempat bilang bahwa dengan gua asal Instagram gue jadi ngerasa lebih tenang. Sempet tuh gue denger, gue lupa diwawancara mana. Tapi yang jelas kayak gitu sih ya. Dan akhirnya, banyak orang juga yang ngerasa bahwa dunia tuh jelek, ngerasa bahwa kok semua orang jahat gitu ya, dan orang jadi lebih hati-hati, orang jadi enggak mengambil resiko, dan sebenarnya ya ketika orang udah nggak mau ngambil resiko, ketika orang jadi playing safe, ini bakal jadi chaos gitu, kalau menurut gue ya. Gue sempet nonton salah satu video dari The Academy of Ideas kalau nggak salah dan dia tuh bilang bahwa zaman sekarang itu bisa dibilang lagi ngetren narasi-narasi yang memang mengedepankan ciuman vulnerability, alias mengedepankan sifat rapuhnya manusia. Jadi gapapa loh untuk jadi vunerable, yang sebenarnya ini tuh oke-oke aja sih. Dan ini juga ironisnya memang gua ngebahas hal ini tapi gue juga mempromosikan hal yang kayak gini. Jadi narasi-narasi kayak gapapa istirahat aja rehat, gapapa kamu berharga. Dan ini sebenernya bisa jadi enggak salah. Bisa jadi kalau konteksnya tepat bisa jadi bagus, bisa jadi ngebantu. Tapi sayangnya ini tuh bisa jadi punya dampak tersendiri secara makro karena gini, kondisi yang kaya sekarang, yang mengedepankan bahwa oh gapapa, istirahat aja gitu kan, gapapa dan lain sebagainya. Ini kan mengedepankan safety. Dan kayak kalau ada orang misalnya protes nih ke orang lain atau misalnya orang ngomongin sesuatu gitu yang kayaknya menyinggung gitu, itu tuh di cancel gitu loh. Jadi kayak gini, zaman dulu mungkin kita bercanda-bercanda yang mungkin ya bisa jadi dulu melampaui batas juga ya, mungkin udah bullying kita ceng-cengin orang, orang nggak marah gitu kan? Ya bisa jadi ini buruk, tapi sekarang kan orang udah mungkin cukup aware ya dengan bullying dan lain sebagainya. Uniknya adalah ketika ada orang yang ngebully kita bully orang itu, kita cancel orang itu, dan sebenarnya menarik juga sih melihat fenomena ini. Karena orang yang ngebully orang yang ngebully merasa dia paling bener. Kita lihat lah beberapa bulan kemarin kan ada banyak kasus, misalnya kasus yang belum kebukti lah bahwa orang itu salah misalnya. Udah di cancel duluan. Nah jadi, kondisi sekarang itu bisa dibilang mengedepankan safety banget, sayangnya memang yang terjadi juga dampak buruknya adalah kita jadi ngebully orang yang suka ngebully kita kan? Jadi sama aja sebenarnya? Bisa jadi sama aja atau bahkan lebih buruk. Dan sebenernya, ini tuh kalau misal dari literatur yang gue baca, bisa mengurangi inovasi, bisa bikin kita takut sama banyak hal, bisa bikin kita stuck di zona nyaman, dan bisa bikin, ini yang paling terakhir yang menarik sih, justru bikin hidup kita makin ribet cuy. Iya kan bikin hidup makin ribet? Jadi kita enggak bebas. Nggak kaya dulu, meskipun dulu juga banyak negatifnya, tapi nggak bisa dibilang sekarang itu jadi lebih sedikit negatifnya. Dan ini juga yang sebenernya di persoalin sama Elon Musk. Gue sempet liat juga analisis kenapa sih Elon Musk sampai mau beli Twitter gitu, sampai 100% sahamnya, karena free speech. Jadi Elon itu percaya bahwa kalau misalnya ide-ide itu di-banned, ya misalnya Donald Trump dan lain sebagainya, yang sebenarnya meresahkan warga juga sih bisa bikin kekerasan juga kayak Donald Trump itu ya. Pro kontranya sih gitu. Tapi kalau kata Elon Musk, kalau misalnya kita ngeband ide-ide kayak gitu nanti tetap akan muncul di yang lain. Dan gak bakal jadi ada solusinya karena di-banned, karena lu nge cancel orang itu, karena lu kayak ngeluarin orang itu dari diskusi, jadinya diskusinya enggak berjalan, jadinya makin terjadi yang namanya polarisasi. Jadi malah konfliknya makin banyak gitu. Dengan free speech kita batasi kalau kata Elon Musk sih gitu. Ini bisa diperdebatkan tapi ya, tapi yang jelas kalau menurut gue sekarang itu ya cancel culture bukan solusi sih. Dan playing it safe juga bukan solusi yang tepat untuk semua masalah. Kayak narasi-narasi kayak tadi ya nggak papa rehat dari sebagainya, ya bagus sih mengingatkan kita supaya kita bisa istirahat, tapi kayak kalau lagi kerja, gua coba ambil konteks ya. Misal lu lagi kerja gitu terus kayak oh gua butuh healing yaudah gue cabut deh. Terus lu ninggalin kerjaan lu jangan-jangan, itu lu yang salah sih, itu bisa jadi, jadi kayak banyak konsekuensi-konsekuensi kayak gitu dari culture zaman sekarang yang memang jadi konsekuensi dari hal yang ngetren zaman sekarang aja sih. Nah menariknya adalah gini, peradaban paling sejahtera di dunia, di masa manusia hidup adalah peradaban yang biasanya manusianya itu mengambil resiko, manusianya tuh berani bereksperimen terhadap berbagai macam hal, jadi enggak dibatasin biasanya. Bukan ketika segala sesuatu di block, bukan ketika segala sesuatu di-banned, bukan ketika segala sesuatu dibuang, atau di cancel karena sesuatu itu bikin kita nggak nyaman kayak kita nggak boleh ngomong hal tertentu. Tapi gua mau ngambil pandangan negatifnya apa, dengan kontraknya. Biar kita serulah bisa diskusi gitu kan. Kita bisa lihat lah dulu misalnya zaman-zaman yang maju tuh zaman apa sih? Peradaban apa sih? Pertama dulu sempat ada Islamic golden age, masa keemasan islam dimana zaman itu tuh semua buku yang di Roma sebenarnya ketika zaman Dark Age kan itu dibuang, dibakar. Itu diambil sama orang muslim dibaca, dikaji, dibikin jadi penemuan baru. Akhirnya banyak tuh tokoh kayak Ibnu Sina, aljabar, yang akhirnya jadi pionir di dunia science dan juga filsafat. Begitu pula di masa Renaissance yang dimana waktu itu tuh Dark Age berhenti, dihentikan bisa dibilang. Dan orang mulai berani bereksperimen, mulai berekspresi, entah itu lewat penemuan scientific atau karya seni. Sekarang bahkan lagu-lagu yang jadi lagu pop aja chord-nya gitu-gitu aja cuy. Dan ini gua ngomong katanya sih based on science gitu ya, alias lagu sampai zaman sekarang itu makin sama sejak tahun 2000-an. Makin ke sini makin banyak yang main aman dalam berkarya dan melakukan sesuatu karena itu, pengambilan resiko itu enggak se dihargai itu mungkin sekarang ya, meskipun masih dihargai sih ya. Nah setiap manusia mungkin pernah mengalami yang namanya kegagalan atau pengalaman buruk yang membekas di diri kita. Sebenarnya ini wajar banget sih terjadi, cuma kalau pemikiran negatif ini terus-terusan kita pikirin bisa berdampak ke diri sendiri. Dan karena kita ngeliat orang mengalami hal pahit, di cancel gitu ya, mungkin kita juga sempet di-cancel sama temen kita, atau digosipin, atau gimana gitu. Kadang kita jadi mikir kalau dunia itu kok jahat banget ya. Ada loh beberapa orang mikir kayak gini dan ini ngaruh ke kebiasaan sehari-hari, kita jadi lebih sering marah-marah, kita bintang satu in ojol karena enggak ramah menurut kita, kita juga susah percaya sama orang. Jadi kayak gak punya ownership dalam hidup tuh karena ngerasa bahwa ya ini terjadi karena orang, gitu terjadi karena dunia yang jelek. Ada orang ngasih solusi terhadap permasalahan kita katain, ada orang berani mengambil resiko kata-katain gitu kan. Dan pada dasarnya memang manusia itu punya kecenderungan buat lebih mudah fokus ke hal negatif, jadi ini ya bisa dibilang inevitable karena ini juga terjadi di proses evolusi cara kerja otak manusia sih. Ya bayangin aja kalo zaman berburu meramu kan banyak binatang, cara kerja otak berbasis evolusi tuh dengan kita cemas sama sesuatu dan kita takut yang berguna buat bertahan hidup. Tapi cara itu masih kebawa sampai sekarang, diperburuk dengan hal-hal yang ada di zaman sekarang. Kalau dulu sih emang ngebantu dengan kita menghindari kemungkinan buruk yang bakal terjadi. Tapi kalau sekarang ya bisa jadi enggak sih, sekarang kan aman-aman aja ya dunia. Ya tergantung sih ya lu tinggal dimana gitu loh, kalau lo tinggal di Rusia-Ukraina sih mungkin lagi perang gitu ya. Tapi kalau lo tinggal di Indonesia sih ya aman-aman aja sebenarnya dibandingkan zaman dulu ya. Jadi anxiety itu ya memang proses evolusi, proses cara kerja otak, jadi enggak sebaguna zaman dulu tapi malah makin kuat gitu sekarang. Dan sekarang informasi juga gampang banget buat diakses, banyak berita negatif yang akhirnya kita konsumsi terus kayak pembunuhan, pemerkosaan, kalo di jogja itu kan klitih gitu kemarin tuh kan, ada juga apalah. Yang ini mengubah persepsi kita tentang dunia karena sering terpapar hal negatif mulai dari pengalaman pribadi sampai berita pola pikir kita jadinya berubah dunia itu jadi bahaya. Nah disinilah kita berusaha buat menghindari rasa sakit, menghindari kecewa, menghindari marah, menghindari sedih, menghindari ngambil resiko. Jatuhnya ini jadi toxic positivity sih kadang-kadang ya. Kayak ya udahlah gitu gua nggak sedih kok dan sebagainya. Dari sisi makro kita jadi jauh lebih berhati-hati terhadap bikin karya. Termasuk juga orang-orang nulis tuh sekarang lebih hati-hati. Kita jadi sering overthinking kayak kira-kira kalau gua melakukan ini bakal di cancel ya, bakal dihujat nggak yah gua gitu, padahal belum tentu sih kejadian. Mungkin banyak dari lu yang pengen bikin bisnis tapi takut buat bikin karena takut dihujat. Ya gua kenal sih beberapa orang kayak gitu ya. Oke sekarang solusinya gimana emang Fan? Well kalau misal dari buku yang gue baca The Upside of Your Dark Side, sebenarnya ini kan dark side yang ada di dalam manusia gitu kan, kunci utama buat nyelesaiin pikiran negatif adalah dengan diterima sih. Jadi nggak kabur ya pikiran negatif itu, nggak masalah kok untuk punya hal negatif, jadi nnggak toxic positivity. Tapi habis itu bisa juga dijadiin kebiasaan buat lo untuk keluar juga sih dari zona nyaman dan jadilah kebiasaan buat belajar hal baru. Kenapa? Karena dengan belajar hal baru jadi tahu banyak hal, lu jadi ngerti banyak hal, lu jadi berani buat ngambil resiko dibandingkan orang enggak belajar, yang takut-takut. Dan saran gua memang lu habisin lah video-video Satu Persen gitu dari awal sampai akhir, saran gue sih gitu karena kita udah bikin ratusan video yang memang berbasis dari kurikulum, lifeschool, hal-hal yang gak kita pelajari disekolah gitu sih. Ya kayak stres gitu kan, overthinking. Saran gue juga lu bisa cek sih tes tingkat overthinking, tes tingkat stres, ini gratis by the way di website Satu Persen. Buat melihat kondisi lo kayak gimana. Habis itu apa? habis itu ya lu lakuin sih hal supaya si overthinking dan stres ini bisa berkurang kalau memang tinggi ya hasilnya. Kalau misalnya udah ngeganggu juga saran gue sih ya curhat ke mentor atau psikolog, tapi kalau belum ngeganggu banget ya itu sih gak masalah untuk staf manajemen alias mengubah kebiasaan diri, nonton video Satu Persen, baca buku, dengerin podcast Satu Persen misalnya. Belajar terus saja sih dan ga usah dari Satu Persen, dari manapun karena ya yang tadi gua bilang, ini enggak pernah dipelajari disekolah. Itu juga kenapa kita Satu Persen bikin kurikulum, kita tuangin ke video biar semua sama-sama belajar termasuk gua juga, sambil gue bikin konten gue juga sambil, oh iya juga ya sekarang kayak gini. Sambil baca riset-riset terkini. Dan ngomong terakhir ya Satu Persen juga punya komunitas belajar gratis, linknya udah gue taruh deskripsi kalau misal lo tertarik, lo bisa join. Dan sekian video kali ini, akhir kata seperti biasa ya, gua Evan dari Satu Persen, well, thanks.
Resume
Categories