Transcript
HUXtcE-NQDQ • CANCEL CULTURE: Alasan Sosmed Jadi TOXIC | Satu Insight Episode 10
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0569_HUXtcE-NQDQ.txt
Kind: captions
Language: id
Lu ngerasa enggak sih sekarang tuh kita mau
ngapa-ngapain susah? Iya sih zaman udah maju,
opportunity udah banyak muncul, tapi zaman
sekarang tuh semua orang harus banyak
mikir ngga sih sebelum melakukan sesuatu,
supaya apa? Ya supaya ngga di viralin lah,
supaya nggak di cancel lah gitu. Ya sekarang
simpel gitu ada resto ngasih sedotan di viralin
gitu kan? Ada orang diduga melakukan kejahatan
tertentu sebelum kebukti udah di cancel duluan,
udah dipecat duluan. Bahkan progress menuju
hal baik, misalnya anggap aja lu produksi mobil
listrik untuk mencegah misalnya emisi dan lain
sebagainya di viralin, dibacotin. Hal baik gitu
dan banyak lagi sebenarnya. Mungkin sekarang
istilahnya tuh ya kalau bisa di viralin yang
ngapain lu selesai secara kekeluargaan cuy? Ada
meme yang kayak gitu. Jadi mending di viralin aja,
diramaikan aja gitu, pecahkan gelasnya gitu
kan. Gue juga sebenernya ketika nulis script
ini mikir-mikir sih karena takut viral, takut
ke bawa-bawa ke kehidupan personal, takut jadi
negatif. Tapi gue ngerasa perlu speak up sih soal
ini. Dan meski sebenarnya di luar sana ada juga
ada juga sih yang nyari viral yah, malah meskipun
kontroversi enggak apa-apa dipandang jelek yang
penting fyp gitu kan. Ya intinya gitulah, gue
juga sebenernya dengan bikin konten tuh ngambil
resiko kan? Dan jujur kalau dibandingin sama
zaman dulu ya gue sih dibeberapa Sisi memang
keadaan prefer zaman dulu karena zaman dulu
nggak ada viral-viralan gini. Nah gua bakal
nyoba untuk melihat dampak negatif nih dari cancel
culture dan viral culture yang sering terjadi di
zaman sekarang oke. Lo tonton video ini sampai
habis biar bisa dapat keseluruhan Insightnya!
Jadi gini, sekarang tuh yang namanya kecemasan
itu meningkat drastis di seluruh dunia. Dan
menurut gue sebenernya salah satu kontributor
kecemasan terutama di anak muda gitu ya adalah
apa? Adalah cancel culture, viral-viralan, yang
sering banget muncul di zaman sekarang. Makanya
nggak jarang orang tuh jadi ngerasa sosmed tuh
toxic gitu. Bahkan banyak founder-foundr yang
gua lihat gitu ya oke, jarang punya sosmed cuy.
Kayak misalnya Nadiem Makarim gitu kagak punya
tuh dan dia juga sempat bilang bahwa dengan gua
asal Instagram gue jadi ngerasa lebih tenang.
Sempet tuh gue denger, gue lupa diwawancara mana.
Tapi yang jelas kayak gitu sih ya. Dan akhirnya,
banyak orang juga yang ngerasa bahwa dunia tuh
jelek, ngerasa bahwa kok semua orang jahat gitu
ya, dan orang jadi lebih hati-hati, orang jadi
enggak mengambil resiko, dan sebenarnya ya ketika
orang udah nggak mau ngambil resiko, ketika orang
jadi playing safe, ini bakal jadi chaos gitu,
kalau menurut gue ya. Gue sempet nonton salah satu
video dari The Academy of Ideas kalau nggak salah
dan dia tuh bilang bahwa zaman sekarang itu
bisa dibilang lagi ngetren narasi-narasi yang
memang mengedepankan ciuman vulnerability,
alias mengedepankan sifat rapuhnya manusia.
Jadi gapapa loh untuk jadi vunerable, yang
sebenarnya ini tuh oke-oke aja sih. Dan ini
juga ironisnya memang gua ngebahas hal
ini tapi gue juga mempromosikan hal yang
kayak gini. Jadi narasi-narasi kayak gapapa
istirahat aja rehat, gapapa kamu berharga. Dan
ini sebenernya bisa jadi enggak salah. Bisa jadi
kalau konteksnya tepat bisa jadi bagus, bisa
jadi ngebantu. Tapi sayangnya ini tuh bisa jadi
punya dampak tersendiri secara makro karena gini,
kondisi yang kaya sekarang, yang mengedepankan
bahwa oh gapapa, istirahat aja gitu kan,
gapapa dan lain sebagainya. Ini kan mengedepankan
safety. Dan kayak kalau ada orang misalnya protes
nih ke orang lain atau misalnya orang ngomongin
sesuatu gitu yang kayaknya menyinggung gitu,
itu tuh di cancel gitu loh. Jadi kayak gini,
zaman dulu mungkin kita bercanda-bercanda yang
mungkin ya bisa jadi dulu melampaui batas juga
ya, mungkin udah bullying kita ceng-cengin orang,
orang nggak marah gitu kan? Ya bisa jadi ini
buruk, tapi sekarang kan orang udah mungkin cukup
aware ya dengan bullying dan lain sebagainya.
Uniknya adalah ketika ada orang yang ngebully
kita bully orang itu, kita cancel orang itu, dan
sebenarnya menarik juga sih melihat fenomena ini.
Karena orang yang ngebully orang yang ngebully
merasa dia paling bener. Kita lihat lah beberapa
bulan kemarin kan ada banyak kasus, misalnya
kasus yang belum kebukti lah bahwa orang itu
salah misalnya. Udah di cancel duluan. Nah jadi,
kondisi sekarang itu bisa dibilang mengedepankan
safety banget, sayangnya memang yang terjadi
juga dampak buruknya adalah kita jadi ngebully
orang yang suka ngebully kita kan? Jadi sama aja
sebenarnya? Bisa jadi sama aja atau bahkan lebih
buruk. Dan sebenernya, ini tuh kalau misal dari
literatur yang gue baca, bisa mengurangi inovasi,
bisa bikin kita takut sama banyak hal, bisa
bikin kita stuck di zona nyaman, dan bisa bikin,
ini yang paling terakhir yang menarik sih, justru
bikin hidup kita makin ribet cuy. Iya kan bikin
hidup makin ribet? Jadi kita enggak bebas. Nggak
kaya dulu, meskipun dulu juga banyak negatifnya,
tapi nggak bisa dibilang sekarang itu jadi lebih
sedikit negatifnya. Dan ini juga yang sebenernya
di persoalin sama Elon Musk. Gue sempet liat juga
analisis kenapa sih Elon Musk sampai mau beli
Twitter gitu, sampai 100% sahamnya, karena free
speech. Jadi Elon itu percaya bahwa kalau misalnya
ide-ide itu di-banned, ya misalnya Donald Trump
dan lain sebagainya, yang sebenarnya meresahkan
warga juga sih bisa bikin kekerasan juga kayak
Donald Trump itu ya. Pro kontranya sih gitu.
Tapi kalau kata Elon Musk, kalau misalnya kita
ngeband ide-ide kayak gitu nanti tetap akan muncul
di yang lain. Dan gak bakal jadi ada solusinya
karena di-banned, karena lu nge cancel orang itu,
karena lu kayak ngeluarin orang itu dari
diskusi, jadinya diskusinya enggak berjalan,
jadinya makin terjadi yang namanya polarisasi.
Jadi malah konfliknya makin banyak gitu. Dengan
free speech kita batasi kalau kata Elon Musk sih
gitu. Ini bisa diperdebatkan tapi ya, tapi yang
jelas kalau menurut gue sekarang itu ya cancel
culture bukan solusi sih. Dan playing it safe juga
bukan solusi yang tepat untuk semua masalah. Kayak
narasi-narasi kayak tadi ya nggak papa rehat dari
sebagainya, ya bagus sih mengingatkan kita supaya
kita bisa istirahat, tapi kayak kalau lagi kerja,
gua coba ambil konteks ya. Misal lu lagi kerja
gitu terus kayak oh gua butuh healing yaudah
gue cabut deh. Terus lu ninggalin kerjaan lu
jangan-jangan, itu lu yang salah sih, itu bisa
jadi, jadi kayak banyak konsekuensi-konsekuensi
kayak gitu dari culture zaman sekarang yang memang
jadi konsekuensi dari hal yang ngetren zaman
sekarang aja sih. Nah menariknya adalah gini,
peradaban paling sejahtera di dunia, di masa
manusia hidup adalah peradaban yang biasanya
manusianya itu mengambil resiko, manusianya tuh
berani bereksperimen terhadap berbagai macam hal,
jadi enggak dibatasin biasanya. Bukan ketika
segala sesuatu di block, bukan ketika segala
sesuatu di-banned, bukan ketika segala sesuatu
dibuang, atau di cancel karena sesuatu itu bikin
kita nggak nyaman kayak kita nggak boleh ngomong
hal tertentu. Tapi gua mau ngambil pandangan
negatifnya apa, dengan kontraknya. Biar kita
serulah bisa diskusi gitu kan. Kita bisa lihat
lah dulu misalnya zaman-zaman yang maju tuh zaman
apa sih? Peradaban apa sih? Pertama dulu sempat
ada Islamic golden age, masa keemasan islam dimana
zaman itu tuh semua buku yang di Roma sebenarnya
ketika zaman Dark Age kan itu dibuang, dibakar.
Itu diambil sama orang muslim dibaca, dikaji,
dibikin jadi penemuan baru. Akhirnya banyak tuh
tokoh kayak Ibnu Sina, aljabar, yang akhirnya jadi
pionir di dunia science dan juga filsafat. Begitu
pula di masa Renaissance yang dimana waktu itu tuh
Dark Age berhenti, dihentikan bisa dibilang.
Dan orang mulai berani bereksperimen, mulai
berekspresi, entah itu lewat penemuan scientific
atau karya seni. Sekarang bahkan lagu-lagu yang
jadi lagu pop aja chord-nya gitu-gitu aja cuy.
Dan ini gua ngomong katanya sih based on science
gitu ya, alias lagu sampai zaman sekarang itu
makin sama sejak tahun 2000-an. Makin ke sini
makin banyak yang main aman dalam berkarya dan
melakukan sesuatu karena itu, pengambilan resiko
itu enggak se dihargai itu mungkin sekarang ya,
meskipun masih dihargai sih ya. Nah setiap manusia
mungkin pernah mengalami yang namanya kegagalan
atau pengalaman buruk yang membekas di diri
kita. Sebenarnya ini wajar banget sih terjadi,
cuma kalau pemikiran negatif ini terus-terusan
kita pikirin bisa berdampak ke diri sendiri. Dan
karena kita ngeliat orang mengalami hal pahit,
di cancel gitu ya, mungkin kita juga sempet
di-cancel sama temen kita, atau digosipin,
atau gimana gitu. Kadang kita jadi mikir kalau
dunia itu kok jahat banget ya. Ada loh beberapa
orang mikir kayak gini dan ini ngaruh ke kebiasaan
sehari-hari, kita jadi lebih sering marah-marah,
kita bintang satu in ojol karena enggak ramah
menurut kita, kita juga susah percaya sama orang.
Jadi kayak gak punya ownership dalam hidup tuh
karena ngerasa bahwa ya ini terjadi karena orang,
gitu terjadi karena dunia yang jelek. Ada orang
ngasih solusi terhadap permasalahan kita katain,
ada orang berani mengambil resiko kata-katain
gitu kan. Dan pada dasarnya memang manusia
itu punya kecenderungan buat lebih mudah fokus ke
hal negatif, jadi ini ya bisa dibilang inevitable
karena ini juga terjadi di proses evolusi cara
kerja otak manusia sih. Ya bayangin aja kalo zaman
berburu meramu kan banyak binatang, cara kerja
otak berbasis evolusi tuh dengan kita cemas sama
sesuatu dan kita takut yang berguna buat bertahan
hidup. Tapi cara itu masih kebawa sampai sekarang,
diperburuk dengan hal-hal yang ada di zaman
sekarang. Kalau dulu sih emang ngebantu dengan
kita menghindari kemungkinan buruk yang bakal
terjadi. Tapi kalau sekarang ya bisa jadi enggak
sih, sekarang kan aman-aman aja ya dunia.
Ya tergantung sih ya lu tinggal dimana gitu
loh, kalau lo tinggal di Rusia-Ukraina
sih mungkin lagi perang gitu ya. Tapi
kalau lo tinggal di Indonesia sih ya aman-aman
aja sebenarnya dibandingkan zaman dulu ya. Jadi
anxiety itu ya memang proses evolusi, proses cara
kerja otak, jadi enggak sebaguna zaman dulu tapi
malah makin kuat gitu sekarang. Dan sekarang
informasi juga gampang banget buat diakses,
banyak berita negatif yang akhirnya kita
konsumsi terus kayak pembunuhan, pemerkosaan,
kalo di jogja itu kan klitih gitu kemarin tuh kan,
ada juga apalah. Yang ini mengubah persepsi kita
tentang dunia karena sering terpapar hal negatif
mulai dari pengalaman pribadi sampai berita pola
pikir kita jadinya berubah dunia itu jadi bahaya.
Nah disinilah kita berusaha buat menghindari
rasa sakit, menghindari kecewa, menghindari
marah, menghindari sedih, menghindari ngambil
resiko. Jatuhnya ini jadi toxic positivity sih
kadang-kadang ya. Kayak ya udahlah gitu gua nggak
sedih kok dan sebagainya. Dari sisi makro kita
jadi jauh lebih berhati-hati terhadap bikin karya.
Termasuk juga orang-orang nulis tuh sekarang
lebih hati-hati. Kita jadi sering overthinking
kayak kira-kira kalau gua melakukan ini bakal
di cancel ya, bakal dihujat nggak yah gua gitu,
padahal belum tentu sih kejadian. Mungkin banyak
dari lu yang pengen bikin bisnis tapi takut buat
bikin karena takut dihujat. Ya gua kenal sih
beberapa orang kayak gitu ya. Oke sekarang
solusinya gimana emang Fan? Well kalau misal dari
buku yang gue baca The Upside of Your Dark Side,
sebenarnya ini kan dark side yang ada di dalam
manusia gitu kan, kunci utama buat nyelesaiin
pikiran negatif adalah dengan diterima sih. Jadi
nggak kabur ya pikiran negatif itu, nggak masalah
kok untuk punya hal negatif, jadi nnggak toxic
positivity. Tapi habis itu bisa juga dijadiin
kebiasaan buat lo untuk keluar juga sih dari zona
nyaman dan jadilah kebiasaan buat belajar hal
baru. Kenapa? Karena dengan belajar hal baru jadi
tahu banyak hal, lu jadi ngerti banyak hal, lu
jadi berani buat ngambil resiko dibandingkan orang
enggak belajar, yang takut-takut. Dan saran gua
memang lu habisin lah video-video Satu Persen gitu
dari awal sampai akhir, saran gue sih gitu karena
kita udah bikin ratusan video yang memang berbasis
dari kurikulum, lifeschool, hal-hal yang gak kita
pelajari disekolah gitu sih. Ya kayak stres gitu
kan, overthinking. Saran gue juga lu bisa cek sih
tes tingkat overthinking, tes tingkat stres,
ini gratis by the way di website Satu Persen.
Buat melihat kondisi lo kayak gimana. Habis itu
apa? habis itu ya lu lakuin sih hal supaya si
overthinking dan stres ini bisa berkurang kalau
memang tinggi ya hasilnya. Kalau misalnya udah
ngeganggu juga saran gue sih ya curhat ke mentor
atau psikolog, tapi kalau belum ngeganggu banget
ya itu sih gak masalah untuk staf manajemen alias
mengubah kebiasaan diri, nonton video Satu Persen,
baca buku, dengerin podcast Satu Persen misalnya.
Belajar terus saja sih dan ga usah dari Satu
Persen, dari manapun karena ya yang tadi gua
bilang, ini enggak pernah dipelajari disekolah.
Itu juga kenapa kita Satu Persen bikin kurikulum,
kita tuangin ke video biar semua sama-sama belajar
termasuk gua juga, sambil gue bikin konten gue
juga sambil, oh iya juga ya sekarang kayak gini.
Sambil baca riset-riset terkini. Dan ngomong
terakhir ya Satu Persen juga punya komunitas
belajar gratis, linknya udah gue taruh deskripsi
kalau misal lo tertarik, lo bisa join. Dan sekian
video kali ini, akhir kata seperti biasa
ya, gua Evan dari Satu Persen, well, thanks.