Memutuskan Tidak Lebaran karena Saudara Toxic: Pantaskah?
f3SstURH_rc • 2022-05-02
Transcript preview
Open
Kind: captions
Language: id
Hai gue yakin banyak dari yang pernah
ditanya pertanyaan yang mungkin nyebelin
kalau misalnya udah lulus belum udah
nikah belum kapan nikah sekarang kerja
di mana Papa ini jangan tanya
macam-macam tahu tidak ada
belum kerja dan banyak bertahan perannya
beli lainnya dan seringkali ini terjadi
ketika kita mau di ketika kita lebaran
Kenapa karena kita tiba-tiba ketemu sama
banyak orang yang mungkin ya budaya dan
kebiasaannya beda sama kita dan mungkin
sudah terbiasa untuk nanya-nanya seperti
YouTube jadinya mager itulah ngapain sih
nanya-nanya kayak gitu nah simak satu
video sebelum tidurnya sampai habis biar
bisa dapet gimana sih sebenarnya caranya
kita harus menanggapi
pertanyaan-pertanyaan seperti itu yang
mungkin menurut kita nyebelin
[Musik]
ini bukan iklan Tapi sebelum masuk
pembahasan gua mau ngasih tahu dulu
kalau sekarang lu punya kesempatan buat
kontribusi langsung di topik video 1%
dan caranya simple banget dan gratis
juga ya cukup lo tulis Taufik video di
kolom komentar dengan hashtag curhatan
presenters topinya bisa apa aja personal
Finance filsafat anime drakor atau
pengalaman pribadi roh gitu Yang
kayaknya keren kalau dibahas komentar
terbaik bakal kita jadiin topik bahasan
di video selanjutnya dan bakal Kita
masukin di awal video Oke So gue tunggu
cerita atau curhatan dari loh ya dan
jangan lupa harus pakai hastag curhatan
presenter Oke ya udah kita langsung
sikat ke video jadi gini fenomena
pertanyaan ketika lu lebaran tuh udah
jadi hal yang lumrah lah ya dan
sebenarnya kita pastilah ngerasa kesel
merasa oven Deep dan lain sebagainya
Kenapa karena ia sesuatu hal yang
private Ya udahlah gak usah ditanyain lu
nggak usah nanya aku nikah Kapan lu
nggak usah nanya gua punya anak Kapan lu
nggak usah nanya gua gajinya berapa gitu
kan Ya kadang too far juga sih terlalu
jauh juga ya orang-orang nanya tuh nah
tapi kalau dari sisi lain sebenarnya ini
kalau dari perspektif gua dan satu
sendok ya sebenarnya bisa dibilang hal
kayak gini itu ya kalau kita lihat dari
sisi pernah nyakitin bisa jadi mereka
nggak niat bikin kita tersinggung bisa
jadi yang kedua mereka enggak were sama
privacy dan itu mungkin budaya di
kampung naskah dan mungkin udah
bertahun-tahun bahkan puluhan tahun ya
karena biasanya menanyakan orang tua dan
yang ketiga biasanya juga mereka berniat
baik maksudnya adalah pengen nyari topik
aja dan buat banyak orang termasuk Gua
sebenarnya nyari topik kayak gini to
find cuman banyak orang juga yang
ngerasa sebel nah tapi yang jadi problem
adalah cara koping orang-orang kopinya
kopi itu cara orang mengatasi masalah
ini nah sekarang yang gue lihat janjikan
Lubis backup ya milenial juga speakup
sih tapi enggak spiku pjng nah janji itu
sekarang banyak banget yang menuju yg
banyak banget yang ngeluh ditwitter
bilang oh Toxic ini terus kayak kita
spill gitu kan bareng kemarin ada yang
di salon terus ditanya barang punya
kering Ya dibilang gaya seating C jadi
janji itu lebih backup dan gue nggak
bisa nyalahin mereka sih Karena yang
namanya kesel ya Gue juga kesel dong
kalau misalnya gua disebut kok gendutan
ya Kok gini ya kapan punya anak dan
lebih yaitu privacy lah sebelum menurut
gue pribadi dan kadang gua kesel kadang
kecewa juga jika kalau beberapa orang
nanya kayak gitu sedih juga tersinggung
juga tapi masalahnya adalah sekarang
orang-orang Genzi GTA terutama itu
enggak punya cara practical gitu untuk
menanggapi itu akhirnya apa larinya ke
sosmed nah sayangnya Kalau lari ke
sosmed kita udah kesel terus ketemu
orang yang kesal juga kita retweet makin
kesel juga makin membara emosinya terus
habis itu juga mungkin ketika di sosmed
atau mungkin kita akhirnya curhat ke
temen kita yang sama-sama kesel juga
makin kesel juga padahal sebenarnya
lebaran itu harus ngapain sih Harusnya
kan maaf-maafan harusnya juga kita
seneng makan ketupat nice sebagainya
tapi dari satu pertanyaan yang diajukan
oleh orang bisa jadi hari kita hancur
ngasih Nah itulah yang sebenernya gue
sayang kan respon seorang terhadap ini
bisa bisa bikin hari mereka jadi makin
hancur jadi yang udah kesel makin kesel
Padahal tadi yang mobil yang bisa jadi
orang itu cuma sekedar nanyain kabar Hai
Bisa aja yang udah kebiasaan bisanya
Emang udah tua dan enggak tahu topik
lain Ya kali lu ngomongin criptocarensi
Gan sama nenek lu gitu susah n kalo Mau
ngomongin RT gitu Mau ngomongin oleh
Rangkuti itu kan mau ngomong koin apa
misalnya yang bakal naik judulnya susah
gitu Jadi sebenarnya Yaudah Ren nah
prinsipnya kalau mau satu persen yang
paling baik untuk menghadapi itu adalah
pertama sadari bahwa itu enggak bisa
kontrol well bisa mengontrol respons loh
tapi inget respon seorang atau permen
orang gak bisa kontrol lu bisa marah kok
orang yang memang nanya lu kayak gitu
dan sah-sah aja buat lu marah selama itu
enggak merugikan lu yang meluk gue nah
cuman di sini satu persen mau ngasih
tahu tips Gimana caranya yang praktis
untuk menanggapi pertanyaan klien itu
Biar apa Biar hari kita enggak makin
buruk Nah apa sih yang bisa kita lakuin
pertama cara praktis dari satu persen
lebih lu bisa ngelesi ibaratnya Gini
misalnya ditanya tentang jodoh Eh
sekarang pacarnya di mana orang mana
lalu bisa jawab Po ada tante di deket
sama temen kantor Bisanya bilang kayak
gitu atau kayak Oh adalah itu mah tante
terus teh ngomong-ngomong ketupatnya
enak ya Nah bisa kayak gitu eh
ngomong-ngomong Lontongnya enak ya Nah
kayak gitu jadi kayak Ya udah lu jawab
sebisa mungkin yang enggak ngasih tahu
keadaan loh tapi enggak bohong juga dan
Habis itu lu alihin ke topik lain nah
menariknya adalah kalau orang tua akan
bisa orang tuanya kita lihat ke topik
lain yang memang mereka suka misalnya
mereka suka masak-masakan yang enak mau
selesai kuliah orang tua itu itu akan
ngasih tahu resepnya cuy Kenapa karena
dalam psikologi perkembangan kalau orang
udah tua biasanya mereka pengen ngeshare
pengen ngasih Legacy ke orang lain aja
soalnya juga dikurikulum satu set ada
tuh di level 4 kita memang Freedom and
Legacy jadi kita punya kurikulum memang
yang paling atasnya atau ngasih lagi sih
ngajarin orang dari itu memang yang
biasa dilakukan oleh orangtua kan udah
gak ada kerjaan lagi buat nyari harta
buat nyari relation ship yang Emang
sekarang waktunya untuk mereka
menurunkan 0s mereka nah Biasanya kalau
orang tua udah kita gitu udah kita Puji
juga bahan udang ada waktu itu ngomongin
yah ngepoin kita Kenapa orang tua
ngepoin Kita kan nggak ada bahan ngobrol
biasanya ini cara praktis pertama lu
ngeles dan luar ihin topiknya yang lain
yang kedua lu bisa aja ngetet filosofi
hidup kami selalu stoic anggap aja lo
stoic eh orang satu persen gitu kan pada
umumnya Nah kalau stoic misalnya ditanya
Eh udah S2 belum misal ada tante lu atau
Om nanya udah S2 belum Lu bisa bilang oh
saya mah santai kantor lagipula mengejar
apa sih dalam hidup pun kalau gagal dan
kesampaian juga ya udah itu kan hidupkan
bukan soal kejar-kejaran bukan soal S2
atau S3 hidupku soal prinsip Tante Titi
cengkeh Ya udah lu bisa Steve dengan
jujur filosofi hidup lu kayak gimana Dan
Mungkin ia minimal Tante lo kemungkinan
akan dapat perspektif baru dan kalaupun
Tanto lebat Ya udah lu bisa iyain aja
terus lebih cabut bisa ngeles lagi yang
tadi kita ini yang kedua Lubis Astrid
filosofi hidup dengan santai sebenarnya
Dan ini sebenarnya ya bisa opsi nah yang
ketiga kalau misalnya memang lu enggak
nyaman tak biasa sih gua akan melakukan
ini ke orang yang udah tuh Faras ya
kayak yang udah nanya bener-bener wave
nsif lah gitu atau yang ngasih
pernyataan misal lu gendut annya ya
kalau gendutan sekarang gue udah punya
respons ngeles atau di bercandain sih
Iya emang lendutan nih gua makan babla
gitu Tapi kalau dibilang sakit hati atau
enggak ya sakit hati sih Ya namanya juga
manusia yang ngasih sekitar itu hajar
sama kayak yang kemarin Genji yang
ngeluh soal mbah-mbah salon atau mas-mas
salon yang ini rambutnya kering ya dia
Sampai saat itu wajar gitu valid
perasaan dia tapi dengan dianggap
spiritual sosial media kan itu dicuri
bukan ranah privat lagi ke ranah publik
ya orang mau ngatain dia juga jadi mana
itu namanya tukang salonnya wajar gituan
untuk anaknya ini rambutnya kering yang
itu bukan biasa hitting sebenarnya Tapi
ya regardless dari perasaan lu gimana
dari respons Wa Apa yang jelas pertama
perasaan utuh fallsweet itu ilmu yang
rasain dan isoke untuk lu ngerasa kesel
ngerasa sebel tapi ingat yang kedua
response hub kontrol dan respons lo itu
udah jadi hal publik Dimana lu setelah
merespon sesuatu enggak bisa ngontrol
orang mau merespon apa terhadap respon
jadi kayak Ingat jangan melakukan
sesuatu atau merespon suatu hal yang
akan bikin lo kena masalah lagi nah tapi
kalau di step poin tiga ini kalau memang
udah tuh Far kalau memang iya elu
ngerasain ofensif misalnya Oh gendutan
ya kalau misalnya lu memang pengen negur
Karena dia udah ngelakuin itu berulang
kali bertahun-tahun lo bisa bilang Mbak
atau Tan sebenarnya dari sayang rasanya
kurang nyaman sih atau mungkin sebagai
dari saya ngerasa sakit hati sih tante
atau merasa sedih tante ketika ditanya
gendutan atau enggak pernah saya udah
berusaha misalnya gini jadi bisa nggak
ya Tan karena bahas fisik lagi kita bisa
aja berarti itu Tapi kalau gua apa gua
akan bilang kayak gitu gue sih nggak ya
gua mungkin lebih media untuk ngeles
lebih milih untuk mesjid yang tadi sih
pandangan hidup gua Kalau gua hanya akan
kayak gitu kalau ke temen yang udah to
far kali atau kalau gua yang memang udah
menyinggung banget perasaan ovalet yang
jelas tapi inget respon so itu nanti ya
bakal berdampak Kediri lu juga so kalau
yang ketiga ini untuk negor baik secara
asertif maupun agresif ini juga ada yah
di webinar menahan emosi kalau masalah
sama ada webinar asertif juga kita tuh
sering bilang bahwa ya Pilihan lu saya
untuk diri agresif assertiveness sebagai
tapi paling bagus ya asertif ngetet
Perasaan lu mungkin agak keras ngetiknya
tapi enggak yang agresif enggak yang
ngatain orang itu jadi tegas dan clear
gitu dan yang terakhir sebenarnya Jangan
lupa untuk belajar medali emosi karena
banyak orang yang gak punya strategi
koping atau emosi yang efektif jadinya
kayak dikit-dikit ngeskill dan
ketelitian ke mana gitu terus kayak
menjadi dikatain balik itu kan sama
orang-orang Twitternya terus ini makin
stress atau misalnya lu jadi marah-marah
atau mungkin jadi pendiem banget nih
Mendem semuanya sendiri jadi ngebatin
sendiri itu kan sebenarnya adalah
cara-cara koping yang ia bisa dikurang
oke ketika kopling itu enggak bikin
menjadi makin oke dan selalu mesti punya
strategi yang efektif ketika diserang
sama pertanyaan tadi atau bahkan dalam
ya kehidupan sih dan ini enggak pernah
dipelajari dengan di sekolah sesuai
saran gua memang lu bisa ikut lebih dari
satu persen kelas online Super Saiyan
gitu ya kebetulan kedepannya ada webinar
tuh yang mengatasi emosi sama Kak
Fadilah atau lu juga bisa ikut mentor
yang sih karena gua pribadi sebagai
mentor dulu-dulu tuh sering banget
dapetin orang yang gak punya coping
stres enggak bisa kok gitu ngelawan
pertanyaan-pertanyaan kayak gitu mungkin
segitu aja tips trik dari gua yang jelas
semua ini adalah hasil dari jerih payah
tim 1% untuk membuat kurikulum 1% bisa
lihat ini ada kurikulum banyak ya dan
yang dibahas kali ini hanyalah salah
satu dari kurikulum itu dan sesuai kalau
emang lu tertarik tunggu kelas kita
nanti dari gua dan tim bakal ngajarin
soal basic Life skills Nanti kita bakal
ajarin kamingsun kurikulum ini di produk
yang berbayar tapi buat lu yang nggak
tertarik dengan produk berbayar juga
bisa tetap nikmatin YouTube secara
gratis dan buat lo yang bermasalah ya
bisa ikut mentoring satu persen sih
untungnya saya Masa Lalu gue pernah satu
personel thanks to
[Musik]
Resume
Read
file updated 2026-02-12 01:56:26 UTC
Categories
Manage