Transcript
f3SstURH_rc • Memutuskan Tidak Lebaran karena Saudara Toxic: Pantaskah?
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0561_f3SstURH_rc.txt
Kind: captions Language: id Hai gue yakin banyak dari yang pernah ditanya pertanyaan yang mungkin nyebelin kalau misalnya udah lulus belum udah nikah belum kapan nikah sekarang kerja di mana Papa ini jangan tanya macam-macam tahu tidak ada belum kerja dan banyak bertahan perannya beli lainnya dan seringkali ini terjadi ketika kita mau di ketika kita lebaran Kenapa karena kita tiba-tiba ketemu sama banyak orang yang mungkin ya budaya dan kebiasaannya beda sama kita dan mungkin sudah terbiasa untuk nanya-nanya seperti YouTube jadinya mager itulah ngapain sih nanya-nanya kayak gitu nah simak satu video sebelum tidurnya sampai habis biar bisa dapet gimana sih sebenarnya caranya kita harus menanggapi pertanyaan-pertanyaan seperti itu yang mungkin menurut kita nyebelin [Musik] ini bukan iklan Tapi sebelum masuk pembahasan gua mau ngasih tahu dulu kalau sekarang lu punya kesempatan buat kontribusi langsung di topik video 1% dan caranya simple banget dan gratis juga ya cukup lo tulis Taufik video di kolom komentar dengan hashtag curhatan presenters topinya bisa apa aja personal Finance filsafat anime drakor atau pengalaman pribadi roh gitu Yang kayaknya keren kalau dibahas komentar terbaik bakal kita jadiin topik bahasan di video selanjutnya dan bakal Kita masukin di awal video Oke So gue tunggu cerita atau curhatan dari loh ya dan jangan lupa harus pakai hastag curhatan presenter Oke ya udah kita langsung sikat ke video jadi gini fenomena pertanyaan ketika lu lebaran tuh udah jadi hal yang lumrah lah ya dan sebenarnya kita pastilah ngerasa kesel merasa oven Deep dan lain sebagainya Kenapa karena ia sesuatu hal yang private Ya udahlah gak usah ditanyain lu nggak usah nanya aku nikah Kapan lu nggak usah nanya gua punya anak Kapan lu nggak usah nanya gua gajinya berapa gitu kan Ya kadang too far juga sih terlalu jauh juga ya orang-orang nanya tuh nah tapi kalau dari sisi lain sebenarnya ini kalau dari perspektif gua dan satu sendok ya sebenarnya bisa dibilang hal kayak gini itu ya kalau kita lihat dari sisi pernah nyakitin bisa jadi mereka nggak niat bikin kita tersinggung bisa jadi yang kedua mereka enggak were sama privacy dan itu mungkin budaya di kampung naskah dan mungkin udah bertahun-tahun bahkan puluhan tahun ya karena biasanya menanyakan orang tua dan yang ketiga biasanya juga mereka berniat baik maksudnya adalah pengen nyari topik aja dan buat banyak orang termasuk Gua sebenarnya nyari topik kayak gini to find cuman banyak orang juga yang ngerasa sebel nah tapi yang jadi problem adalah cara koping orang-orang kopinya kopi itu cara orang mengatasi masalah ini nah sekarang yang gue lihat janjikan Lubis backup ya milenial juga speakup sih tapi enggak spiku pjng nah janji itu sekarang banyak banget yang menuju yg banyak banget yang ngeluh ditwitter bilang oh Toxic ini terus kayak kita spill gitu kan bareng kemarin ada yang di salon terus ditanya barang punya kering Ya dibilang gaya seating C jadi janji itu lebih backup dan gue nggak bisa nyalahin mereka sih Karena yang namanya kesel ya Gue juga kesel dong kalau misalnya gua disebut kok gendutan ya Kok gini ya kapan punya anak dan lebih yaitu privacy lah sebelum menurut gue pribadi dan kadang gua kesel kadang kecewa juga jika kalau beberapa orang nanya kayak gitu sedih juga tersinggung juga tapi masalahnya adalah sekarang orang-orang Genzi GTA terutama itu enggak punya cara practical gitu untuk menanggapi itu akhirnya apa larinya ke sosmed nah sayangnya Kalau lari ke sosmed kita udah kesel terus ketemu orang yang kesal juga kita retweet makin kesel juga makin membara emosinya terus habis itu juga mungkin ketika di sosmed atau mungkin kita akhirnya curhat ke temen kita yang sama-sama kesel juga makin kesel juga padahal sebenarnya lebaran itu harus ngapain sih Harusnya kan maaf-maafan harusnya juga kita seneng makan ketupat nice sebagainya tapi dari satu pertanyaan yang diajukan oleh orang bisa jadi hari kita hancur ngasih Nah itulah yang sebenernya gue sayang kan respon seorang terhadap ini bisa bisa bikin hari mereka jadi makin hancur jadi yang udah kesel makin kesel Padahal tadi yang mobil yang bisa jadi orang itu cuma sekedar nanyain kabar Hai Bisa aja yang udah kebiasaan bisanya Emang udah tua dan enggak tahu topik lain Ya kali lu ngomongin criptocarensi Gan sama nenek lu gitu susah n kalo Mau ngomongin RT gitu Mau ngomongin oleh Rangkuti itu kan mau ngomong koin apa misalnya yang bakal naik judulnya susah gitu Jadi sebenarnya Yaudah Ren nah prinsipnya kalau mau satu persen yang paling baik untuk menghadapi itu adalah pertama sadari bahwa itu enggak bisa kontrol well bisa mengontrol respons loh tapi inget respon seorang atau permen orang gak bisa kontrol lu bisa marah kok orang yang memang nanya lu kayak gitu dan sah-sah aja buat lu marah selama itu enggak merugikan lu yang meluk gue nah cuman di sini satu persen mau ngasih tahu tips Gimana caranya yang praktis untuk menanggapi pertanyaan klien itu Biar apa Biar hari kita enggak makin buruk Nah apa sih yang bisa kita lakuin pertama cara praktis dari satu persen lebih lu bisa ngelesi ibaratnya Gini misalnya ditanya tentang jodoh Eh sekarang pacarnya di mana orang mana lalu bisa jawab Po ada tante di deket sama temen kantor Bisanya bilang kayak gitu atau kayak Oh adalah itu mah tante terus teh ngomong-ngomong ketupatnya enak ya Nah bisa kayak gitu eh ngomong-ngomong Lontongnya enak ya Nah kayak gitu jadi kayak Ya udah lu jawab sebisa mungkin yang enggak ngasih tahu keadaan loh tapi enggak bohong juga dan Habis itu lu alihin ke topik lain nah menariknya adalah kalau orang tua akan bisa orang tuanya kita lihat ke topik lain yang memang mereka suka misalnya mereka suka masak-masakan yang enak mau selesai kuliah orang tua itu itu akan ngasih tahu resepnya cuy Kenapa karena dalam psikologi perkembangan kalau orang udah tua biasanya mereka pengen ngeshare pengen ngasih Legacy ke orang lain aja soalnya juga dikurikulum satu set ada tuh di level 4 kita memang Freedom and Legacy jadi kita punya kurikulum memang yang paling atasnya atau ngasih lagi sih ngajarin orang dari itu memang yang biasa dilakukan oleh orangtua kan udah gak ada kerjaan lagi buat nyari harta buat nyari relation ship yang Emang sekarang waktunya untuk mereka menurunkan 0s mereka nah Biasanya kalau orang tua udah kita gitu udah kita Puji juga bahan udang ada waktu itu ngomongin yah ngepoin kita Kenapa orang tua ngepoin Kita kan nggak ada bahan ngobrol biasanya ini cara praktis pertama lu ngeles dan luar ihin topiknya yang lain yang kedua lu bisa aja ngetet filosofi hidup kami selalu stoic anggap aja lo stoic eh orang satu persen gitu kan pada umumnya Nah kalau stoic misalnya ditanya Eh udah S2 belum misal ada tante lu atau Om nanya udah S2 belum Lu bisa bilang oh saya mah santai kantor lagipula mengejar apa sih dalam hidup pun kalau gagal dan kesampaian juga ya udah itu kan hidupkan bukan soal kejar-kejaran bukan soal S2 atau S3 hidupku soal prinsip Tante Titi cengkeh Ya udah lu bisa Steve dengan jujur filosofi hidup lu kayak gimana Dan Mungkin ia minimal Tante lo kemungkinan akan dapat perspektif baru dan kalaupun Tanto lebat Ya udah lu bisa iyain aja terus lebih cabut bisa ngeles lagi yang tadi kita ini yang kedua Lubis Astrid filosofi hidup dengan santai sebenarnya Dan ini sebenarnya ya bisa opsi nah yang ketiga kalau misalnya memang lu enggak nyaman tak biasa sih gua akan melakukan ini ke orang yang udah tuh Faras ya kayak yang udah nanya bener-bener wave nsif lah gitu atau yang ngasih pernyataan misal lu gendut annya ya kalau gendutan sekarang gue udah punya respons ngeles atau di bercandain sih Iya emang lendutan nih gua makan babla gitu Tapi kalau dibilang sakit hati atau enggak ya sakit hati sih Ya namanya juga manusia yang ngasih sekitar itu hajar sama kayak yang kemarin Genji yang ngeluh soal mbah-mbah salon atau mas-mas salon yang ini rambutnya kering ya dia Sampai saat itu wajar gitu valid perasaan dia tapi dengan dianggap spiritual sosial media kan itu dicuri bukan ranah privat lagi ke ranah publik ya orang mau ngatain dia juga jadi mana itu namanya tukang salonnya wajar gituan untuk anaknya ini rambutnya kering yang itu bukan biasa hitting sebenarnya Tapi ya regardless dari perasaan lu gimana dari respons Wa Apa yang jelas pertama perasaan utuh fallsweet itu ilmu yang rasain dan isoke untuk lu ngerasa kesel ngerasa sebel tapi ingat yang kedua response hub kontrol dan respons lo itu udah jadi hal publik Dimana lu setelah merespon sesuatu enggak bisa ngontrol orang mau merespon apa terhadap respon jadi kayak Ingat jangan melakukan sesuatu atau merespon suatu hal yang akan bikin lo kena masalah lagi nah tapi kalau di step poin tiga ini kalau memang udah tuh Far kalau memang iya elu ngerasain ofensif misalnya Oh gendutan ya kalau misalnya lu memang pengen negur Karena dia udah ngelakuin itu berulang kali bertahun-tahun lo bisa bilang Mbak atau Tan sebenarnya dari sayang rasanya kurang nyaman sih atau mungkin sebagai dari saya ngerasa sakit hati sih tante atau merasa sedih tante ketika ditanya gendutan atau enggak pernah saya udah berusaha misalnya gini jadi bisa nggak ya Tan karena bahas fisik lagi kita bisa aja berarti itu Tapi kalau gua apa gua akan bilang kayak gitu gue sih nggak ya gua mungkin lebih media untuk ngeles lebih milih untuk mesjid yang tadi sih pandangan hidup gua Kalau gua hanya akan kayak gitu kalau ke temen yang udah to far kali atau kalau gua yang memang udah menyinggung banget perasaan ovalet yang jelas tapi inget respon so itu nanti ya bakal berdampak Kediri lu juga so kalau yang ketiga ini untuk negor baik secara asertif maupun agresif ini juga ada yah di webinar menahan emosi kalau masalah sama ada webinar asertif juga kita tuh sering bilang bahwa ya Pilihan lu saya untuk diri agresif assertiveness sebagai tapi paling bagus ya asertif ngetet Perasaan lu mungkin agak keras ngetiknya tapi enggak yang agresif enggak yang ngatain orang itu jadi tegas dan clear gitu dan yang terakhir sebenarnya Jangan lupa untuk belajar medali emosi karena banyak orang yang gak punya strategi koping atau emosi yang efektif jadinya kayak dikit-dikit ngeskill dan ketelitian ke mana gitu terus kayak menjadi dikatain balik itu kan sama orang-orang Twitternya terus ini makin stress atau misalnya lu jadi marah-marah atau mungkin jadi pendiem banget nih Mendem semuanya sendiri jadi ngebatin sendiri itu kan sebenarnya adalah cara-cara koping yang ia bisa dikurang oke ketika kopling itu enggak bikin menjadi makin oke dan selalu mesti punya strategi yang efektif ketika diserang sama pertanyaan tadi atau bahkan dalam ya kehidupan sih dan ini enggak pernah dipelajari dengan di sekolah sesuai saran gua memang lu bisa ikut lebih dari satu persen kelas online Super Saiyan gitu ya kebetulan kedepannya ada webinar tuh yang mengatasi emosi sama Kak Fadilah atau lu juga bisa ikut mentor yang sih karena gua pribadi sebagai mentor dulu-dulu tuh sering banget dapetin orang yang gak punya coping stres enggak bisa kok gitu ngelawan pertanyaan-pertanyaan kayak gitu mungkin segitu aja tips trik dari gua yang jelas semua ini adalah hasil dari jerih payah tim 1% untuk membuat kurikulum 1% bisa lihat ini ada kurikulum banyak ya dan yang dibahas kali ini hanyalah salah satu dari kurikulum itu dan sesuai kalau emang lu tertarik tunggu kelas kita nanti dari gua dan tim bakal ngajarin soal basic Life skills Nanti kita bakal ajarin kamingsun kurikulum ini di produk yang berbayar tapi buat lu yang nggak tertarik dengan produk berbayar juga bisa tetap nikmatin YouTube secara gratis dan buat lo yang bermasalah ya bisa ikut mentoring satu persen sih untungnya saya Masa Lalu gue pernah satu personel thanks to [Musik]