KENAPA ORANG MISKIN GAMPANG STRES? TERMASUK KAMU :D (Mindset & Mental Berpengaruh Gak Sih?)
dkQX1NUE1nw • 2022-04-07
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id Hai tempohari Gua ngelihat beberapa Comment di 1% yang ngomong gini masalah Gue tuh bukan mental health fun Gua nggak butuh yang namanya mentor ingat konsultasi gue butuhnya duit kalau satu persen mau ngasih bolehlah menariknya sampai sekarang gue selalu dengar sih bahwa ada stigma ya bahwa mental health itu adalah masalah orang kaya tapi percaya enggak sih justru elu ini yang miskin gitu ya Sorry Novan Setya itu lebih rentan sebenernya sama masalah mental health divideo ini gue bakal bahas kenapa [Musik] nah pertanyaannya adalah gini emang bener ya kalau orang miskin itu lebih gampang mengalami masa kesehatan mental lebih gampang stres gitu Percayalah keadaan ekonomi itu sebenarnya salah satu faktor yang paling sering jadi pemicu seseorang ngalamin stres jadi gini masalah stres itu masa kesehatan mental itu bukan masalah orang kaya Justru lebih banyak Masa orang miskin coy cuman gini orang yang status ekonominya rendah menemukan sih mikir bahwa kesekolh Kanda solusi atau Hai bahwa Eh kayaknya gua bipolar gitu Yang ada malah anak Jaksel kasih yang mikirnya bipolar gitu contohnya gini lu laper gitu tapi gue nggak punya cukup duit buat beli makan ya lupa stick bakal laper terus dong ketika lo Laper ya lu stres kan Lu berusaha nih buat menit setelah perlu adanya mikir Gimana cara kerja cari duit biar bisa beli makanan dan ini enggak cuma berlaku buat makanan yang bisa juga lustre sekarang nggak punya HP temen lu punya HP lu stres gara-gara gak punya laptop dan sebagainya gede tapi gini kalau kerjaan udah dapet dapet nggak dapet kerjaan mungkin bahkan Enggak tahu juga mau kerja apa fashion juga enggak tahu kelemahan kelebihan dirinya tahu enggak punya skill itu pada akhirnya Heru bakal ngerasa stres kan sama hal itu bedanya adalah kalau orang miskin mungkin yang merasakan gak bakal mikir nih kayaknya gua depresi di atau bipolar gitu Pokoknya gua punya kecemasan dah kalau orang-orang bilang bahwa sekarang itu orang yang bunuh diri depresi dan kecemasan meningkat Iya bener sih angkanya benar Sebenarnya ada banyak riset yang ST tentang itu tapi ada juga ilmuwan ilmuwan lain yang memperdebatkan seberang Enggak loh Nah buat bilang enggak mereka tuh kayak gini dari dulu juga udah ada kok orang yang depresi atau punya gangguan kecemasan cuman enggak di label kayak sekarang aja sama masyarakatnya dan mereka enggak tahu di label nya kayak gimana gitu gue pernah sih baca satu riset di salah satu suku primitif itu gue lupa jadi gua enggak Taro link-nya atau gambarnya disini sebenarnya lah sayang banget sih karena itu bagus banget sebetulnya tapi gini dari yang gue baca itu pasti adalah satu dari 10/20 orang di suku primitif misalnya gitu ya dari mereka yang depresi atau zofran Iya alias yang Society sekarang tuh menganggapnya gila gitu loh Kita udah enggak pakai kata gila sih dan gua gak sarendo pakai kata gila ya untuk melabel orang karena ya seberang bener itu ada skygofree Nia tapi ya bayangin kalo di suku primitif di Indonesia aja di kota besar gitu ya Bekasi dan lain sebagainya gitu dan ini gua beneran pernah ke salah satu institusi kaya mental health gitu ya dan masih ada sampai sekarang pas gua kuliah kebetulan Penanganannya tuh enggak institusi kesehatan mental mungkin mah Krangkeng gitu atau dipasung alias dikurung gitu jadi kayak ini tuh banyak banget sebenarnya kejadian di Indonesia lu bisa cek lah berita Beritanya gitu kan gue juga yakin sih sebenarnya nggak perlu ngecek berita gue Yakinlah seumur hidup lu kuliah sekolah atau di keluarga Lu pasti ada aja orang yang gak punya temen terus juga dia ekonominya susah kerjanya diam doang kagak produktif itu akhirnya tiba-tiba dewaajagitu Kalau di kuliah gua sebagai ketua angkatan dan ketua BEM dulu ya di kampus gue di UI kebetulan sering banget ngeliat yang kayak gitu-gitu dan memang kelihatannya punya gejala depresi atau ya memang gangguan kesehatan mental meskipun kita gak bisa ngejudge orang pendiam berarti gange tangga enggak kayak gitu ya tapi kita bisa Lihatlah ada beberapa orang kayak gini dan ini ada dari dulu gitu bukan bukan sejak zaman sosmed sekarang ini juga terjadi di culture yang enggak terpapar oleh sosmed enggak terpapar oleh for life Crisis dan ya berbagai macam bahasa bahasa Jaksel lainnya gitu ya toksik dan lain sebagainya dan terjadi sejak dulu fitnah Sekarang kita balik lagi ke pelayan Tadi emang bener kalau orang so lebih gampang alamin stres dan gangguan kesehatan mental well Pak tanya kondisi ekonomi itu memang punya pengaruh yang cukup gede orang dengan pasien lebih rendah jauh lebih mudah mengalami stres dibandingkan mereka yang punya penghasilan yang lebih stabil Dimana lu bisa lihat ada hubungan antara kondisi ekonomi dan kesehatan mental ini juga ironis banget sih karena data di perusahaan gua sendiri satu persen itu nunjukin bahwa orang yang ikut mentalis dan konseling itu rata-rata penghasilannya sendiri perbulan itu di bawah tiga juta bahkan dibawah sejuta gitu Dan kalau ngomongin data riset ada juga penelitian longitudinal yang dilakuin untuk melihat fenomena ini Buatlah enggak tahu penelitian longitudinal Ini tuh biasanya dilakukan bertahun-tahun dan dalam konteks ini penelitiannya dilakukan sekitar tujuh tahunan Alya sama kayak lu mau lulus SD gitu kan dari hasil penelitian itu diambil kesimpulan bahwa ternyata orang yang punya gaji rendah itu jauh lebih rentan buat mengalami gangguan mental dan resiko bunuh diri dan penurunan pendapatan kemsa di masa pandemi orang di-phk dan sebagainya Itu juga dipengaruhi dengan adanya resiko gangguan mental yang ikut meningkat juga kok bisa well pertama orang dengan penghasilan rendah berurusan dengan ya kecemasan dan ketakutan sih di kehidupan sehari-harinya takut kayak Yaga amankan kerjaannya takut kayak dipecat takutnya dimarahin Bos takut juga malu sama keluarga dan sebagainya gitu jadi banyak banget Sebenarnya isonya lo pasti bisa ngebayangin gimana capeknya harus hidup dengan rasa ketakutan rasa kecemasan setiap hari besok mau makan apa dan sebagainya bingung jelas capai udah pasti stres Dago saya tanya lagi alasan lainnya adalah karena perasaan yang gak mencukupi akhirnya jadi kesulitan buat manten bahasa kerennya tubesek living standards segitu atau istilahnya Solid buat menuhi kebutuhan dasar GTA lucu bayangin hal-hal basic yang jadi kebutuhan wajah nggak bisa terpenuhi gimana yang lain gitu gimana beli kuota gitu kan Gimana lu ngopi orang Jaksel nggak ngopi aja bisa stres orang Jaksa lembur dikit dibilang Toxic Bos Toxic workplace kurang work-life Balance hanya sebagainya aparatur nggak kerja gitu kan Makanya ada istilah lebih baik stres terjadi pada stres nyari kerja ya kan gitu Itu banyak banget minimnya jadi seringkali orang-orang yang ekonominya rendah itu buat dapat pendidikan kerjaan hidupnya kurang layak terus juga pelayanan kesehatannya juga mungkin lebih lama kurang baik dhitya dan yang sebagainya Itu jadi tantangan tersendiri sih bayangin ya Kalau mungkin nggak pernah ngerasain kayak gitu yaitu coba yang indah dan yang terakhir orang dengan penghasilan rendah tuh ada presenter sendiri sebenarnya untuk bisa memenuhi kebutuhan anak-anak mereka yang kadang jadi menimbulkan suatu konflik konflik yang namanya konflik keluarga ini dia nih sebenarnya nah disini biasanya orang kaya sama miskin nggak beda jauh kadang-kadang kalau keluarganya gak harmonis ini nanti gua bakal basi video Selanjutnya ya itu biasanya bakal jadi [ __ ] juga mau kaya miskin gitu ya tapi biasanya memang kalau menurut gua bakal lebih rentan terjadi keluarga yang miskin jadi konflik warga kayak gini itu biasanya bikin anak mengalami yang namanya cash itu AC atau Advertising food experience kalau enggak tahu apa es itu gitu ya Nih gua kasih tau gampangnya es itu adalah kondisi dimana ketika masa kecil lu kurang bahagia cuy Hai mkkb lu mengalami hal yang menyenangkan Dan ini gua bukan Bercanda ya sebenarnya Beneran gak menyenangkan gitu lu mungkin Dimarahin loh mungkin dikasih abius gitu ya entah verbal atau physical yang mana Ini sebenarnya merupakan salah satu Resiko yang cukup besar yang menimbulkan gangguan mental anak yang tumbuh dengan kondisi ini cenderung biasanya punya trauma yang Membekas Di diri mereka jadinya biasanya bakal ke dampak banget sama masa depannya nanti ini juga gue bahas sebelumnya di video gue tentang trauma yah yang kalau Reza ngomongin jujutsu-kaisen sama encanta gitu lu juga bisa cek sih disana jadi kayak gak heran anak-anak yang mengalami Ice ini biasanya ya mungkin kurang pede Insert your takut buat ketemu orang takut belajar hal baru takut bikin komitmen dan macam-macam sih kalau lu mungkin saat ini berada diposisi yang gue jelasin bisa cek video-video sebelumnya tapi lu tonton video ini sampai habis ya karena penting saya ini yang bakal gua omongin selanjutnya Nah sekarang pertanyaannya adalah terus gua masih nyari duit apa savelink fun Dunhill bukan yang hilang kembali atau gimana ya beneran savelink gitu harus yang mana dulu nih jawabannya adalah dua-duanya sih sama kayak pertanyaan yang duluan telur dulu apa ayam dulu pertanyaannya gak penting sih menurut gua Karena gini mau telur Mau ayam sama-sama stressful cuy contohnya gini kalau lu punya duit nggak berarti lu gua akan melakukan hal yang stupid juga kan karena mental berantakan kem Israel bisa aja sekarang punya kerjaan punya duit tapi karena lu punya masalah kesehatan mental uh akhirnya ke narkoba hlub banyak mabok dan lain sebagainya Terus lu nggak bisa bikin komitmen sama orang misalnya lu susah nyari pacar dan sebagainya Ya sama aja ngasih dan sama juga sebaliknya kalau mental berantakan Lu susah juga untuk nyari duit cuy kayak mau jadi produktif di tempat kerja juga susah jadi mesti yang mana well dua-duanya dan gue yakin ini adalah hal yang sulit sebenarnya apalagi buat orang yang gak punya privilege untuk menjadi dua hal tersebut misalnya anggap aja lu memang dari dulu tuh ada di middle dan lower class lo juga mengalami es terus lu juga enggak tahu fashionmu apa dan sebagainya sekilo apa Hai ini memang lebih susah tapi percaya sama gua sebenarnya kalau misalnya 2night situ bisa lu penuhi gitu ya hidup lu bakal lebih baik sih jelas sih itu jadi kayak gue tuh kadang kesel gitu ya kadang juga gua ketawa sih gitu ngeliat orang yang gue tuh nggak butuh masa Metalhead gue butuhnya duit lah kalau lu nggak punya duit juga lu punya masalah mental health dan lu kalau punya masa mental health bisa jadi duitku hilang karena masa itu dan sesuai di satu persen kita yang punya kurikulum lifeschool kita lu punya kurikulum dan materi yang paling dasar kita tersebarnya naro ada dua skill penting yang perlu semua orang pelajari dan semua orang punya pertama adalah basic cash flow at least lu masih ada pemasukan gitu ya lebih gede lebih bagus gak ya lebih bagus tentu 10 juta lebih bagus daripada 3700000 ada 500.000 gitu kan Nah itu skill yang pertama yang perlu punya personal Finance lain sebagainya makanya kita juga ngebahas mitran di video-video personal Finance yang kedua adalah apa basic Menthol help at least two pun lu nggak punya fashion kalaupun lu nggak punya hal-hal pria-pria celah GTA lu nggak punya relationship dari sebagainya Luzon Cut herlis mentalu dianggap stres lah gitu Ris Luka berat lah itu yang paling dasar sebenernya yang kita taruh di kurikulum 1% dan itu juga yang ngedorong kita untuk bikin materi-materi kayak gini sih Nah sekarang gini aja sih kalo ngerasa butuh bantuan Ya sebenernya yang bisa lakukan adalah ya lu bisa staf manajemen dan juga bisa nyari bantuan Distortion ada sebelah gua nggak bakal promoin lebih lanjut sih karena ia ludah lu udah tau lah gitu ya satu-satunya layanan apa aja kalau nggak tahu ya tinggal ke website gitu kan tapi ini bukan berarti ketika lu nggak punya duit nggak harus ke penyedia layanan Menthol help bisa jadi lu perlu Dan ini juga berlaku Sebaliknya bisa jadi lu yang sekarang rasa punya masalah belum tentu harus kolok sebenarnya gitu Jadi lu juga bisa mengatasi masalah sendiri kalau misalnya ditanya kapan gua harus ke sekolah atau komentar 1% fun yaitu lu bisa cek lah di website 1% ada banyak resourcenya gitu ya di YouTube juga ada tapi gini saran gua mau lu butuh pesikolog atau nggak mau lu punya duit atau enggak dan sebagainya saran gua adalah lu tetap belajar sih di satu persen seminimal mungkin di Youtube lah Yang gratis gua nggak nyuruh lo untuk beli produk beli jasa GTA dan semua orang punya prioritas masing-masing ada yang mungkin kualitasnya masih makan ada yang kualitasnya hal lain gitu ya tapi kayak jangan sampai lu jadi suatu ekstrim gitu loh jadi misalnya kok gua harus traveling dulu baru bisa nyari duit Nggak juga kadang harus dilakukan keduanya GT atau loh misalnya ekstrim yang kayak Oh Gue nyari duit gua nggak butuh mental help Percayalah menurut gua mindset kayak gitu yang ekstrem ekstrem gini biasanya nanti ya bakal nyesel juga sih Pada akhirnya banyak orang kaya yang punya gangguan mental dan banyak juga orang gangguan bener ya enggak kayak juga gitu jadi kek keduanya memang harus diatasi gitu Yahya silakan kita punya berbagai macam playlist bersama Finest dari sebagainya kalau mau check bisa langsung cek aja sih ke channel YouTubenya 1% mungkin itu penyelesaian gue dari video kali ini Hopefully bisa ngejawab pertanyaan lu kebingungan lu atau mungkin komentar-komentar lu yang menurut gua kayak kadang gua ketawain juga sih sama tim 1% gitu ya tapi kadang gue juga pengen meluruskan gitu misc SS3 gini bahwa Ya sebenernya banyak kok kebutuhan memang night kita tuh banyak ya dan semakin modern nya suatu zaman gitu oke sekarang dengan dunia internet dan sebagainya menurut buah justru di era banyak informasi ini ya kita yang harus siap sih gitu dengan belajar terus gitu ya semoga lu bisa mengatasi stress lu ya dan semoga lu bisa belajar terus hiasan kayanya satu persen setiap harinya Oke akhirat aguafina 1% We'll see you on the next video Oke thanks [Musik]
Resume
Categories