Transcript
dkQX1NUE1nw • KENAPA ORANG MISKIN GAMPANG STRES? TERMASUK KAMU :D (Mindset & Mental Berpengaruh Gak Sih?)
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0551_dkQX1NUE1nw.txt
Kind: captions
Language: id
Hai tempohari Gua ngelihat beberapa
Comment di 1% yang ngomong gini masalah
Gue tuh bukan mental health fun Gua
nggak butuh yang namanya mentor ingat
konsultasi gue butuhnya duit kalau satu
persen mau ngasih bolehlah menariknya
sampai sekarang gue selalu dengar sih
bahwa ada stigma ya bahwa mental health
itu adalah masalah orang kaya tapi
percaya enggak sih justru elu ini yang
miskin gitu ya Sorry Novan Setya itu
lebih rentan sebenernya sama masalah
mental health divideo ini gue bakal
bahas kenapa
[Musik]
nah pertanyaannya adalah gini emang
bener ya kalau orang miskin itu lebih
gampang mengalami masa kesehatan mental
lebih gampang stres gitu Percayalah
keadaan ekonomi itu sebenarnya salah
satu faktor yang paling sering jadi
pemicu seseorang ngalamin stres jadi
gini masalah stres itu masa kesehatan
mental itu bukan masalah orang kaya
Justru lebih banyak Masa orang miskin
coy cuman gini orang yang status
ekonominya rendah menemukan sih mikir
bahwa kesekolh Kanda solusi atau Hai
bahwa Eh kayaknya gua bipolar gitu Yang
ada malah anak Jaksel kasih yang
mikirnya bipolar gitu contohnya gini lu
laper gitu tapi gue nggak punya cukup
duit buat beli makan ya lupa stick bakal
laper terus dong ketika lo Laper ya lu
stres kan Lu berusaha nih buat menit
setelah perlu adanya mikir Gimana cara
kerja cari duit biar bisa beli makanan
dan ini enggak cuma berlaku buat makanan
yang bisa juga lustre sekarang nggak
punya HP temen lu punya HP lu stres
gara-gara gak punya laptop dan
sebagainya gede tapi gini kalau kerjaan
udah dapet dapet nggak dapet kerjaan
mungkin bahkan Enggak tahu juga mau
kerja apa fashion juga enggak tahu
kelemahan kelebihan dirinya tahu enggak
punya skill itu pada akhirnya Heru bakal
ngerasa stres kan sama hal itu bedanya
adalah kalau orang miskin mungkin yang
merasakan gak bakal mikir nih kayaknya
gua depresi di atau bipolar gitu
Pokoknya gua punya kecemasan dah kalau
orang-orang bilang bahwa sekarang itu
orang yang bunuh diri depresi dan
kecemasan meningkat Iya bener sih
angkanya benar Sebenarnya ada banyak
riset yang ST tentang itu tapi ada juga
ilmuwan ilmuwan lain yang memperdebatkan
seberang Enggak loh Nah buat bilang
enggak mereka tuh kayak gini dari dulu
juga udah ada kok orang yang depresi
atau punya gangguan kecemasan cuman
enggak di label kayak sekarang aja sama
masyarakatnya dan mereka enggak tahu di
label nya kayak gimana gitu gue pernah
sih baca satu riset di salah satu suku
primitif itu gue lupa jadi gua enggak
Taro link-nya atau gambarnya disini
sebenarnya lah sayang banget sih karena
itu bagus banget sebetulnya tapi gini
dari yang gue baca itu pasti adalah satu
dari 10/20 orang di suku primitif
misalnya gitu ya dari mereka yang
depresi atau zofran Iya alias yang
Society sekarang tuh menganggapnya gila
gitu loh Kita udah enggak pakai kata
gila sih dan gua gak sarendo pakai kata
gila ya untuk melabel orang karena ya
seberang bener itu ada skygofree Nia
tapi ya bayangin kalo di suku primitif
di Indonesia aja di kota besar gitu ya
Bekasi dan lain sebagainya gitu dan ini
gua beneran pernah ke salah satu
institusi kaya mental health gitu ya dan
masih ada sampai sekarang pas gua kuliah
kebetulan Penanganannya tuh enggak
institusi kesehatan mental mungkin mah
Krangkeng gitu atau dipasung alias
dikurung gitu jadi kayak ini tuh banyak
banget sebenarnya kejadian di Indonesia
lu bisa cek lah berita Beritanya gitu
kan gue juga yakin sih sebenarnya nggak
perlu ngecek berita gue Yakinlah seumur
hidup lu kuliah sekolah atau di keluarga
Lu pasti ada aja orang yang gak punya
temen terus juga dia ekonominya susah
kerjanya diam doang kagak produktif itu
akhirnya tiba-tiba dewaajagitu Kalau di
kuliah gua sebagai ketua angkatan dan
ketua BEM dulu ya di kampus gue di UI
kebetulan sering banget ngeliat yang
kayak gitu-gitu dan memang kelihatannya
punya gejala depresi atau ya memang
gangguan kesehatan mental meskipun kita
gak bisa ngejudge orang pendiam berarti
gange tangga enggak kayak gitu ya tapi
kita bisa Lihatlah ada beberapa orang
kayak gini dan ini ada dari dulu gitu
bukan bukan sejak zaman sosmed sekarang
ini juga terjadi di culture yang enggak
terpapar oleh sosmed enggak terpapar
oleh for life Crisis dan ya berbagai
macam bahasa bahasa Jaksel lainnya gitu
ya toksik dan lain sebagainya dan
terjadi sejak dulu fitnah Sekarang kita
balik lagi ke pelayan Tadi emang bener
kalau orang so lebih gampang alamin
stres dan gangguan kesehatan mental well
Pak tanya kondisi ekonomi itu memang
punya pengaruh yang cukup gede orang
dengan pasien lebih rendah jauh lebih
mudah mengalami stres dibandingkan
mereka yang punya penghasilan yang lebih
stabil Dimana lu bisa lihat ada hubungan
antara kondisi ekonomi dan kesehatan
mental ini juga ironis banget sih karena
data di perusahaan gua sendiri satu
persen itu nunjukin bahwa orang yang
ikut mentalis dan konseling itu
rata-rata penghasilannya sendiri
perbulan itu di bawah tiga juta bahkan
dibawah sejuta gitu Dan kalau ngomongin
data riset ada juga penelitian
longitudinal yang dilakuin untuk melihat
fenomena ini Buatlah enggak tahu
penelitian longitudinal Ini tuh biasanya
dilakukan bertahun-tahun dan dalam
konteks ini penelitiannya dilakukan
sekitar tujuh tahunan Alya sama kayak lu
mau lulus SD gitu kan dari hasil
penelitian itu diambil kesimpulan bahwa
ternyata orang yang punya gaji rendah
itu jauh lebih rentan buat mengalami
gangguan mental dan resiko bunuh diri
dan penurunan pendapatan kemsa di masa
pandemi orang di-phk dan sebagainya Itu
juga dipengaruhi dengan adanya resiko
gangguan mental yang ikut meningkat juga
kok bisa well pertama orang dengan
penghasilan rendah berurusan dengan ya
kecemasan dan ketakutan sih di kehidupan
sehari-harinya takut kayak Yaga amankan
kerjaannya takut kayak dipecat takutnya
dimarahin Bos takut juga malu sama
keluarga dan sebagainya gitu jadi banyak
banget Sebenarnya isonya lo pasti bisa
ngebayangin gimana capeknya harus hidup
dengan rasa ketakutan rasa kecemasan
setiap hari besok mau makan apa dan
sebagainya bingung jelas capai udah
pasti stres Dago saya tanya lagi alasan
lainnya adalah karena perasaan yang gak
mencukupi akhirnya jadi kesulitan buat
manten bahasa kerennya tubesek living
standards segitu atau istilahnya Solid
buat menuhi kebutuhan dasar GTA lucu
bayangin hal-hal basic yang jadi
kebutuhan wajah nggak bisa terpenuhi
gimana yang lain gitu gimana beli kuota
gitu kan Gimana lu ngopi orang Jaksel
nggak ngopi aja bisa stres orang Jaksa
lembur dikit dibilang Toxic Bos Toxic
workplace kurang work-life Balance hanya
sebagainya aparatur nggak kerja gitu kan
Makanya ada istilah lebih baik stres
terjadi pada stres nyari kerja ya kan
gitu Itu banyak banget minimnya jadi
seringkali orang-orang yang
ekonominya rendah itu buat dapat
pendidikan kerjaan hidupnya kurang layak
terus juga pelayanan kesehatannya juga
mungkin lebih lama kurang baik dhitya
dan yang sebagainya Itu jadi tantangan
tersendiri sih bayangin ya Kalau mungkin
nggak pernah ngerasain kayak gitu yaitu
coba yang indah dan yang terakhir orang
dengan penghasilan rendah tuh ada
presenter sendiri sebenarnya untuk bisa
memenuhi kebutuhan anak-anak mereka yang
kadang jadi menimbulkan suatu konflik
konflik yang namanya konflik keluarga
ini dia nih sebenarnya nah disini
biasanya orang kaya sama miskin nggak
beda jauh kadang-kadang kalau
keluarganya gak harmonis ini nanti gua
bakal basi video Selanjutnya ya itu
biasanya bakal jadi [ __ ] juga mau kaya
miskin gitu ya tapi biasanya memang
kalau menurut gua bakal lebih rentan
terjadi keluarga yang miskin jadi
konflik warga kayak gini itu biasanya
bikin anak mengalami yang namanya cash
itu AC atau Advertising food experience
kalau enggak tahu apa es itu gitu ya Nih
gua kasih tau gampangnya es itu adalah
kondisi dimana ketika masa kecil lu
kurang bahagia cuy Hai mkkb lu mengalami
hal yang menyenangkan Dan ini gua bukan
Bercanda ya sebenarnya Beneran gak
menyenangkan gitu lu mungkin Dimarahin
loh mungkin dikasih abius gitu ya entah
verbal atau physical yang mana Ini
sebenarnya merupakan salah satu Resiko
yang cukup besar yang menimbulkan
gangguan mental anak yang tumbuh dengan
kondisi ini cenderung biasanya punya
trauma yang Membekas Di diri mereka
jadinya biasanya bakal ke dampak banget
sama masa depannya nanti ini juga gue
bahas sebelumnya di video gue tentang
trauma yah yang kalau Reza ngomongin
jujutsu-kaisen sama encanta gitu lu juga
bisa cek sih disana jadi kayak gak heran
anak-anak yang mengalami Ice ini
biasanya ya mungkin kurang pede Insert
your takut buat ketemu orang takut
belajar hal baru takut bikin komitmen
dan macam-macam sih kalau lu mungkin
saat ini berada diposisi yang gue
jelasin bisa cek video-video sebelumnya
tapi lu tonton video ini sampai habis ya
karena penting saya ini yang bakal gua
omongin selanjutnya Nah sekarang
pertanyaannya adalah terus gua masih
nyari duit apa savelink fun Dunhill
bukan yang hilang kembali atau gimana ya
beneran savelink gitu harus yang mana
dulu nih jawabannya adalah dua-duanya
sih sama kayak pertanyaan yang duluan
telur dulu apa ayam dulu pertanyaannya
gak penting sih menurut gua Karena gini
mau telur Mau ayam sama-sama stressful
cuy contohnya gini kalau lu punya duit
nggak berarti lu gua akan melakukan hal
yang stupid juga kan karena mental
berantakan kem Israel bisa aja sekarang
punya kerjaan punya duit tapi karena lu
punya masalah kesehatan mental uh
akhirnya ke narkoba hlub banyak mabok
dan lain sebagainya Terus lu nggak bisa
bikin komitmen sama orang misalnya lu
susah nyari pacar dan sebagainya Ya sama
aja ngasih dan sama juga sebaliknya
kalau mental berantakan Lu susah juga
untuk nyari duit cuy kayak mau jadi
produktif di tempat kerja juga susah
jadi mesti yang mana well dua-duanya dan
gue yakin ini adalah hal yang sulit
sebenarnya apalagi buat orang yang gak
punya privilege untuk menjadi dua hal
tersebut misalnya anggap aja lu memang
dari dulu tuh ada di middle dan lower
class lo juga mengalami es terus lu juga
enggak tahu fashionmu apa dan sebagainya
sekilo apa Hai ini memang lebih susah
tapi percaya sama gua sebenarnya kalau
misalnya 2night situ bisa lu penuhi gitu
ya hidup lu bakal lebih baik sih jelas
sih itu jadi kayak gue tuh kadang kesel
gitu ya kadang juga gua ketawa sih gitu
ngeliat orang yang gue tuh nggak butuh
masa Metalhead gue butuhnya duit lah
kalau lu nggak punya duit juga lu punya
masalah mental health dan lu kalau punya
masa mental health bisa jadi duitku
hilang karena masa itu dan sesuai di
satu persen kita yang punya kurikulum
lifeschool kita lu punya kurikulum dan
materi yang paling dasar kita
tersebarnya naro ada dua skill penting
yang perlu semua orang pelajari dan
semua orang punya pertama adalah basic
cash flow at least lu masih ada
pemasukan gitu ya lebih gede lebih bagus
gak ya lebih bagus tentu 10 juta lebih
bagus daripada 3700000 ada 500.000 gitu
kan Nah itu skill yang pertama yang
perlu punya personal Finance lain
sebagainya makanya kita juga ngebahas
mitran di video-video personal Finance
yang kedua adalah apa basic Menthol help
at least two pun lu nggak punya fashion
kalaupun lu nggak punya hal-hal
pria-pria celah GTA lu nggak punya
relationship dari sebagainya Luzon Cut
herlis mentalu dianggap stres lah gitu
Ris Luka berat lah itu yang paling dasar
sebenernya yang kita taruh di kurikulum
1% dan itu juga yang ngedorong kita
untuk bikin materi-materi kayak gini sih
Nah sekarang gini aja sih kalo ngerasa
butuh bantuan Ya sebenernya yang bisa
lakukan adalah ya lu bisa staf manajemen
dan juga bisa nyari bantuan Distortion
ada sebelah gua nggak bakal promoin
lebih lanjut sih karena ia ludah lu udah
tau lah gitu ya satu-satunya layanan apa
aja kalau nggak tahu ya tinggal ke
website gitu kan tapi ini bukan berarti
ketika lu nggak punya duit nggak harus
ke penyedia layanan Menthol help bisa
jadi lu perlu Dan ini juga berlaku
Sebaliknya bisa jadi lu yang sekarang
rasa punya masalah belum tentu harus
kolok sebenarnya gitu Jadi lu juga bisa
mengatasi masalah sendiri kalau misalnya
ditanya kapan gua harus ke sekolah atau
komentar 1% fun yaitu lu bisa cek lah di
website 1% ada banyak resourcenya gitu
ya di YouTube juga ada tapi gini saran
gua mau lu butuh pesikolog atau nggak
mau lu punya duit atau enggak dan
sebagainya saran gua adalah lu tetap
belajar sih di satu persen seminimal
mungkin di Youtube lah Yang gratis gua
nggak nyuruh lo untuk beli produk beli
jasa GTA dan semua orang punya prioritas
masing-masing ada yang mungkin
kualitasnya masih makan ada yang
kualitasnya hal lain gitu ya tapi kayak
jangan sampai lu jadi suatu ekstrim gitu
loh jadi misalnya kok gua harus
traveling dulu baru bisa nyari duit
Nggak juga kadang harus dilakukan
keduanya GT atau loh misalnya ekstrim
yang kayak Oh Gue nyari duit gua nggak
butuh mental help Percayalah menurut gua
mindset kayak gitu yang ekstrem ekstrem
gini biasanya nanti ya bakal nyesel juga
sih Pada akhirnya banyak orang kaya yang
punya gangguan mental dan banyak juga
orang gangguan bener ya enggak kayak
juga gitu jadi kek keduanya memang harus
diatasi gitu Yahya silakan kita punya
berbagai macam playlist bersama Finest
dari sebagainya kalau mau check bisa
langsung cek aja sih ke channel
YouTubenya 1% mungkin itu penyelesaian
gue dari video kali ini Hopefully bisa
ngejawab pertanyaan lu kebingungan lu
atau mungkin komentar-komentar lu yang
menurut gua kayak kadang gua ketawain
juga sih sama tim 1% gitu ya tapi kadang
gue juga pengen meluruskan gitu misc SS3
gini bahwa Ya sebenernya banyak kok
kebutuhan memang night kita tuh banyak
ya dan semakin modern nya suatu zaman
gitu oke sekarang dengan dunia internet
dan sebagainya menurut buah justru di
era banyak informasi ini ya kita yang
harus siap sih gitu dengan belajar terus
gitu ya semoga lu bisa mengatasi stress
lu ya dan semoga lu bisa belajar terus
hiasan kayanya satu persen setiap
harinya Oke akhirat aguafina 1% We'll
see you on the next video Oke thanks
[Musik]