Makin Tua, Makin Susah Belajar Hal Baru? (3 Cara Belajar Lebih Efektif dan Produktif)
hqYzqisPh2c • 2022-03-15
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id Hai banyak dari kita yang pasti sempet lah bingung soal karir yang mau kita jalanin dan gue yakin banget sebenarnya ada yang mungkin beberapa orang lah diantara lo yang sebenarnya lagi kepikiran buat pindah jurusan atau pindah karir yang sebenarnya banyak nih pertimbangan di otak lo yang bikin loh ntar lo Yakin untuk ngelakuinnya gitu ya Atau mungkin lu jadi nggak yakin salah satunya adalah pikiran tentang Sebenernya gue udah telat ngasih sebenarnya kalau gue lebih muda Bukannya lebih oke ya dan kayak apa gua harus memulai dari nol nah buat oleh enggak di Fase ini well tonton video ini sampai habis Kenapa karena disini gue bakal ngebahas tentang bisa enggak sih kita belajar hal baru Meskipun kita udah di atas 20 tahun atau bahkan 30 40 50 nah laut tonton satu video sebelum tidurnya sampai habis biar bisa dapet keseluruhan Insight Ya [Musik] sebenernya gue yakin lo pasti udah dengarlah kata-kata kayak bicycle enggak ada yang namanya telat buat belajar gitu tapi pertanyaannya adalah ini tuh benar ngasih atau Kayaknya cuma kata-kata motivasi nah sebenernya ini udah pernah dicari tahu juga sama banyak peneliti riset terbaru itu nunjukin bahwa kalau sebenarnya orang usia 30 50/90 itu bisa jadi masih punya kemampuan otak yang mumpuni sebenarnya buat belajar hal baru jadi buat kita yang mungkin usianya masih 20an masih muda sih ya yang namanya usia sebenarnya udah nggak jadi penghalang sih Apalagi sekarang udah banyak ya teknologi atau mungkin pengajaran tentang ente Jing GTA gue juga sebenernya sekarang lagi banyak nonton tentang Ying ya yang menganggap bahwa ia sebenarnya penuaan itu adalah penyakit gitu Jadi mau Rusia 50 kalau enggak tua kaya misalnya Tom Cruise itu performanya ya Gak masalah tentu beda konteks buat lo yang mungkin misalnya kurangnya jaga kesehatan misalnya atau mungkin ada penyakit tertentu atau ada kendala tertentu Nah itu memang beda-beda Tapi harusnya sih ya yang namanya umurku enggak jadi kendala jus dikenal adalah apa ya Lifestyle kita-kita yang misalnya sering rokok sering apa jarang tidur yang sebagainya bikin performa kita jadi jelek gitu Jadi yang namanya umur sudah bukan masalah kalau menurut gua ya ini bisa diperdebatkan sebelah Jadi lu bisa komen juga sih menurut pendapat lo kayak gimana nah sekarang ke pertanyaan yang kedua Terus apa sih penghalangnya apa yang bikin kita ngerasa kalau udah tua berarti kita nggak seharusnya belajar hal baru ada satu buku yang keren mulut gua dan ngebahas tentang hal ini judul bukunya adalah Beginners ditulis sama Tom vanderbilt semoga gua enggak salah protes Saya menulis ini usianya udah 54 tahun tapi dia juga lagi cari tahu konsep belajar di usia tua Nah dari hasil observasi dan pengalamannya sendiri atau menemukan Hada beberapa alasan atau faktor yang bikin belajar di usia tua itu jadi susah ada dua faktor utama sebenarnya yang pertama kita ngerasa takut gak jago di hal yang kita pelajari nah menarik ya Jadi kita ngerasa takut gagal takut dinilai orang lain sebagai pemula sebagai beginner jadi lebih ke insert lebih jatuhnya karena kita udah tua ya harusnya xpertum jangan jadi begginer itu mindset yang muncul dikepala kita Akhirnya akhirnya banyak dari kita yang Ya udahlah set oleh di sini aja itu di satu bidang yang memang sudah kita kuasai atau di Comfort zone kita nah ketika Loh memang pengen pindah air di umur yang bisa jadi lo pikir dah tua misalnya di atas 20-30 ada kemungkinan dalam proses Club pengen pindah karya lupa senyum pertimbangan keputusan ini Danu juga kemungkinan memikirkan worst-case skenarionya alias gimana kalo Gagal gimana Kalau akhirnya diketawain Gimana kalau gua duitnya nggak cukup dari sebagai namanya juga manusia ya kita pasti ya ada kecenderungan buat takut sama kegagalan sama hal-hal yang gak pasti ujung-ujungnya ya banyak dari kita yang balik ke kampus zone nah ini yang akhirnya bisa bikin kita nggak jadi yang akhirnya Enggak bisa juga belajar hal baru kenceng pertama yang kedua Ada kemungkinan bahwa kita cover thinking ketika belajar biasanya ini tuh karena kita terlalu fokus sama dedek sendiri daripada ke hal yang kita pelajarin jadi fokus satu ke reaksi-reaksi tubuh kita misalnya tubuh kita merasa cemas dan lain sebagainya ngerasa takut ketika belajar ngerasa males itu jadinya kita overthinking kenapa ya gua kayak gini kenapa gua kayak gitu Padahal daripada nanya kenapa kenapa-kenapa mendingan gimana gitu depannya Kenapa mendingan gimana emang biar bisa improve itu Nah itu basic level tertinggi enggak masalah paling umum di layanan Menteng stop sign gua sebagai mentor dari dulu sampai sekarang Pasti ketika dapet klien konsultasi jatuh persen pasti masalahnya ada aja or tinggi Nah terus gimana cara mengatasi dua faktor ini menurut gua yang pertama adalah kita mesti tanaman pikiran dulu kalau yang namanya belajar ya pasti nggak bisa instan dalam sekali kita coba langsung jago ya susah dalam prosesnya pasti kita pernah ngerasain gagal dan salah beberapa kali yang kedua fokuskan perhatian kita ke hal yang lagi kita pelajari kalau misalnya kita lagi belajar copyrighting misalnya lu pengen belajar marketing saatnya kau teknik fokus ke matre matre copyright ini tuh coba diasah terus kemampuannya pelan-pelan bikin portofolio di sana GTA dikit-dikit Mungkin lu magang lagi Mungkin lu kerja partime mungkinlah bikin satu Project gitu-gitu aja dulu satu persen juga sebenarnya berawal dari project-project kecil Coba lu lihat di layar gue dulu pernah bikin podcast yang kayak gini dengan suara yang bisa dibilang gak sebagus sekarang Coba lihat yang selanjutnya sekarang juga di satu persen juga ketika gua baru memulai di tahun 2018 2011 Kalau nggak salah itu Videonya masih jelek sebenernya nggak kayak sekarang gitu suara gue juga nggak sebagus sekarang backsound nya juga nggak sebagus sekarang gitu jadi kek Coba dikit-dikit aja bikin portofolio lu dan juga ya belajar sedikit demi sedikit dan yang ketiga kalau misalnya lo ngerasa kesusahan untuk belajar sendiri meskipun sekarang udah banyak sumbernya Yah lu bisa semua bisa belajar sendiri lah Nah tapi bisa juga lu cari lingkungan yang sekiranya bisa ngedukung Prof Jarwo dan juga nyari guru atau mentor gua pribadi sampai sekarang GTA meskipun gua ngerasa semua bisa dipelajari secara online tapi kalau misalnya ada linknya bisa mendukung sekalian juga ngasih sertifikat misalnya terus juga gue bisa dapet guru misalnya kemarin gue ikut sertifikasi certificate car profesional bisa to present gak ada gua ambil dari salah satu Universitas ya nggak usah gue sebut universitasnya itu gua dapat sertifikasi dari sana dan akhirnya ngebantu gue juga sih Nah lu juga bisa sebenarnya kalau misalnya lu pengen belajar sesuatu contohnya misal lu pengen masuk ke industri Digital marketing sekarang kan melebihi banget ya yang namanya bisa marketing dan banyak banget orang butuh orang dengan skill ini nah dan sesuai buat lo yang mau belajar tentang diesel marketing nih lu bisa aja join yang namanya boot camp nah contohnya adalah nih gue sekalian ngasih info ya dan promosi juga satu persen tuh bakal ngadain yang namanya bootcamp disela marketing di tanggal 9 April sampai nanti ya sampai selesai selama beberapa minggu ini bakal diisi sama satu persen yang jago di bidangnya masing-masing YouTube analytics dan lain sebagainya gimana kita bisa gedein channel ini dan gimana kita pakai marketing biar bisa punya ratusan ribu followers di berbagai macam channel ya kita ada di podcast YouTube spotify dan sebagainya nah ketika lo masuk ke boot game ini lu bakal diajarin saran gua memang ya lu coba cari lingkungan cabut ke Mini atau bahkan ikut aja sekalian karena selain pertama lu bakal diajarin soal disela marketing mulai dari basic nya di Teh lu bakal belajar juga teknisnya gitu Ya bikin portofolio juga terus juga lu bisa nanya langsung keempat juga Karena lu udah bayar lu jadi Kepaksa buat belajarnya akan itu karena Lu harus ikut kelasnya live Kalau nggak ya nanti nilainya jadi jelek Enggak ada portalnya gitu kan Nah itu juga ya memang yang gue lakukan sampai sekarang jujur ya dan karyawan karyanya satu persen juga sering banget untuk gua apalagi yang baru magang Yeh di satu persen gue pasti masukkin kebut gamenya 1% gitu Kenapa Biar mereka punya skills juga meskipun memang capek ya pasti yang nama belajar tapi ya kerasa sih outputnya nanti setelah belajar so buat lo yang pengen belajar Skill No Delay marketing sekaligus juga untuk ngebuka karir di dunia digital silahkan ikut Gem satu persen tentang disela marketing kita juga sebenarnya buka buat game lain Silahkan buat harganya lebih Langsung cek aja di Link yang ada di deskripsi gitu ya dan jangan lupa juga buat masukin kode Promonya karena khusus buat lho di video ini lu bakal dapet promo special dan gua mau nonton kan bahwa nggak ada kata terlambat atau terlalu tua untuk belajar hal baru inget dengan lo belajar hal baru juga ya sebenarnya Berarti udah berani membuat kemajuan dalam hidup lu dan lu juga udah berani mengambil langkah itu dan yang terpenting adalah sedikit demi sedikit aja ya herpes satu persen saja setiap harinya Akhir kata gue fanni 1% well gue tunggu lo di boot camp bisa merebus send OK thanks [Musik] hai hai [Musik]
Resume
Categories