Transcript
hqYzqisPh2c • Makin Tua, Makin Susah Belajar Hal Baru? (3 Cara Belajar Lebih Efektif dan Produktif)
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0542_hqYzqisPh2c.txt
Kind: captions
Language: id
Hai banyak dari kita yang pasti sempet
lah bingung soal karir yang mau kita
jalanin dan gue yakin banget sebenarnya
ada yang mungkin beberapa orang lah
diantara lo yang sebenarnya lagi
kepikiran buat pindah jurusan atau
pindah karir yang sebenarnya banyak nih
pertimbangan di otak lo yang bikin loh
ntar lo Yakin untuk ngelakuinnya gitu ya
Atau mungkin lu jadi nggak yakin salah
satunya adalah pikiran tentang
Sebenernya gue udah telat ngasih
sebenarnya kalau gue lebih muda Bukannya
lebih oke ya dan kayak apa gua harus
memulai dari nol nah buat oleh enggak di
Fase ini well tonton video ini sampai
habis Kenapa karena disini gue bakal
ngebahas tentang bisa enggak sih kita
belajar hal baru Meskipun kita udah di
atas 20 tahun atau bahkan 30 40 50 nah
laut tonton satu video sebelum tidurnya
sampai habis biar bisa dapet keseluruhan
Insight Ya
[Musik]
sebenernya gue yakin lo pasti udah
dengarlah kata-kata kayak bicycle enggak
ada yang namanya telat buat belajar gitu
tapi pertanyaannya adalah ini tuh benar
ngasih atau Kayaknya cuma kata-kata
motivasi nah sebenernya ini udah pernah
dicari tahu juga sama banyak peneliti
riset terbaru itu nunjukin bahwa kalau
sebenarnya orang usia 30 50/90 itu bisa
jadi masih punya kemampuan otak yang
mumpuni sebenarnya buat belajar hal baru
jadi buat kita yang mungkin usianya
masih 20an masih muda sih ya yang
namanya usia sebenarnya udah nggak jadi
penghalang sih Apalagi sekarang udah
banyak ya teknologi atau mungkin
pengajaran tentang ente Jing GTA gue
juga sebenernya sekarang lagi banyak
nonton tentang Ying ya yang menganggap
bahwa ia sebenarnya penuaan itu adalah
penyakit gitu Jadi mau Rusia 50 kalau
enggak tua kaya misalnya Tom Cruise itu
performanya ya Gak masalah tentu beda
konteks buat lo yang mungkin misalnya
kurangnya jaga kesehatan misalnya atau
mungkin ada penyakit tertentu atau ada
kendala tertentu Nah itu memang
beda-beda Tapi harusnya sih ya yang
namanya umurku enggak jadi kendala jus
dikenal adalah apa ya Lifestyle
kita-kita yang misalnya sering rokok
sering apa jarang tidur yang sebagainya
bikin performa kita jadi jelek gitu Jadi
yang namanya umur sudah bukan masalah
kalau menurut gua ya ini bisa
diperdebatkan sebelah Jadi lu bisa komen
juga sih menurut pendapat lo kayak
gimana nah sekarang ke pertanyaan yang
kedua Terus apa sih penghalangnya apa
yang bikin kita ngerasa kalau udah tua
berarti kita nggak seharusnya belajar
hal baru ada satu buku yang keren mulut
gua dan ngebahas tentang hal ini judul
bukunya adalah Beginners ditulis sama
Tom vanderbilt semoga gua enggak salah
protes Saya menulis ini usianya udah 54
tahun tapi dia juga lagi cari tahu
konsep belajar di usia tua Nah dari
hasil observasi dan pengalamannya
sendiri atau menemukan Hada beberapa
alasan atau faktor yang bikin belajar di
usia tua itu jadi susah ada dua faktor
utama sebenarnya yang pertama kita
ngerasa takut gak jago di hal yang kita
pelajari nah menarik ya Jadi kita
ngerasa takut gagal takut dinilai orang
lain sebagai pemula sebagai beginner
jadi lebih ke insert lebih jatuhnya
karena kita udah tua ya harusnya xpertum
jangan jadi begginer itu mindset yang
muncul dikepala kita Akhirnya akhirnya
banyak dari kita yang Ya udahlah set
oleh di sini aja itu di satu bidang yang
memang sudah kita kuasai atau di Comfort
zone kita nah ketika Loh memang pengen
pindah air di umur yang bisa jadi lo
pikir dah tua misalnya di atas 20-30 ada
kemungkinan dalam proses Club pengen
pindah karya lupa senyum pertimbangan
keputusan ini Danu juga kemungkinan
memikirkan worst-case skenarionya alias
gimana kalo Gagal gimana Kalau akhirnya
diketawain Gimana kalau gua duitnya
nggak cukup dari sebagai namanya juga
manusia ya kita pasti ya ada
kecenderungan buat takut sama kegagalan
sama hal-hal yang gak pasti
ujung-ujungnya ya banyak dari kita yang
balik ke kampus zone nah ini yang
akhirnya bisa bikin kita nggak jadi yang
akhirnya Enggak bisa juga belajar hal
baru kenceng pertama yang kedua Ada
kemungkinan bahwa kita cover thinking
ketika belajar biasanya ini tuh karena
kita terlalu fokus sama dedek sendiri
daripada ke hal yang kita pelajarin jadi
fokus satu ke reaksi-reaksi tubuh kita
misalnya tubuh kita merasa cemas dan
lain sebagainya ngerasa takut ketika
belajar ngerasa males itu jadinya kita
overthinking kenapa ya gua kayak gini
kenapa gua kayak gitu Padahal daripada
nanya kenapa kenapa-kenapa mendingan
gimana gitu depannya Kenapa mendingan
gimana emang biar bisa improve itu Nah
itu basic level tertinggi enggak masalah
paling umum di layanan Menteng stop sign
gua sebagai mentor dari dulu sampai
sekarang Pasti ketika dapet klien
konsultasi jatuh persen pasti masalahnya
ada aja or tinggi Nah terus gimana cara
mengatasi dua faktor ini menurut gua
yang pertama adalah kita mesti tanaman
pikiran dulu kalau yang namanya belajar
ya pasti nggak bisa instan dalam sekali
kita coba langsung jago ya susah dalam
prosesnya pasti kita pernah ngerasain
gagal dan salah beberapa kali yang kedua
fokuskan perhatian kita ke hal yang lagi
kita pelajari kalau misalnya kita lagi
belajar copyrighting misalnya lu pengen
belajar marketing saatnya kau teknik
fokus ke matre matre copyright ini tuh
coba diasah terus kemampuannya
pelan-pelan bikin portofolio di sana GTA
dikit-dikit Mungkin lu magang lagi
Mungkin lu kerja partime mungkinlah
bikin satu Project gitu-gitu aja dulu
satu persen juga sebenarnya berawal dari
project-project kecil Coba lu lihat di
layar gue dulu pernah bikin podcast yang
kayak gini dengan suara yang bisa
dibilang gak sebagus sekarang Coba lihat
yang selanjutnya sekarang juga di satu
persen juga ketika gua baru memulai di
tahun 2018 2011 Kalau nggak salah itu
Videonya masih jelek sebenernya nggak
kayak sekarang gitu suara gue juga nggak
sebagus sekarang backsound nya juga
nggak sebagus sekarang gitu jadi kek
Coba dikit-dikit aja bikin portofolio lu
dan juga ya belajar sedikit demi sedikit
dan yang ketiga kalau misalnya lo
ngerasa kesusahan untuk belajar sendiri
meskipun sekarang udah banyak sumbernya
Yah lu bisa semua bisa belajar sendiri
lah Nah tapi bisa juga lu cari
lingkungan yang sekiranya bisa ngedukung
Prof Jarwo dan juga nyari guru atau
mentor gua pribadi sampai sekarang GTA
meskipun gua ngerasa semua bisa
dipelajari secara online tapi kalau
misalnya ada linknya bisa mendukung
sekalian juga ngasih sertifikat misalnya
terus juga gue bisa dapet guru misalnya
kemarin gue ikut sertifikasi
certificate car profesional bisa to
present gak ada gua ambil dari salah
satu Universitas ya nggak usah gue sebut
universitasnya itu gua dapat sertifikasi
dari sana dan akhirnya ngebantu gue juga
sih Nah lu juga bisa sebenarnya kalau
misalnya lu pengen belajar sesuatu
contohnya misal lu pengen masuk ke
industri Digital marketing sekarang kan
melebihi banget ya yang namanya bisa
marketing dan banyak banget orang butuh
orang dengan skill ini nah dan sesuai
buat lo yang mau belajar tentang diesel
marketing nih lu bisa aja join yang
namanya boot camp nah contohnya adalah
nih gue sekalian ngasih info ya dan
promosi juga satu persen tuh bakal
ngadain yang namanya bootcamp disela
marketing di tanggal 9 April sampai
nanti ya sampai selesai selama beberapa
minggu ini bakal diisi sama satu persen
yang jago di bidangnya masing-masing
YouTube analytics dan lain sebagainya
gimana kita bisa gedein channel ini dan
gimana kita pakai marketing biar bisa
punya ratusan ribu followers di berbagai
macam channel ya kita ada di podcast
YouTube spotify dan sebagainya nah
ketika lo masuk ke boot game ini lu
bakal diajarin saran gua memang ya lu
coba cari lingkungan cabut ke Mini atau
bahkan ikut aja sekalian karena selain
pertama lu bakal diajarin soal disela
marketing mulai dari basic nya di Teh lu
bakal belajar juga teknisnya gitu Ya
bikin portofolio juga terus juga lu bisa
nanya langsung keempat juga Karena lu
udah bayar lu jadi Kepaksa buat
belajarnya akan itu karena Lu harus ikut
kelasnya live Kalau nggak ya nanti
nilainya jadi jelek Enggak ada portalnya
gitu kan Nah itu juga ya memang yang gue
lakukan sampai sekarang jujur ya dan
karyawan karyanya satu persen juga
sering banget untuk gua apalagi yang
baru magang Yeh di satu persen gue pasti
masukkin kebut gamenya 1% gitu Kenapa
Biar mereka punya skills juga meskipun
memang capek ya pasti yang nama belajar
tapi ya kerasa sih outputnya nanti
setelah belajar so buat lo yang pengen
belajar Skill No Delay marketing
sekaligus juga untuk ngebuka karir di
dunia digital silahkan ikut Gem satu
persen tentang disela marketing kita
juga sebenarnya buka buat game lain
Silahkan buat harganya lebih Langsung
cek aja di Link yang ada di deskripsi
gitu ya dan jangan lupa juga buat
masukin kode Promonya karena khusus buat
lho di video ini lu bakal dapet promo
special dan gua mau nonton kan bahwa
nggak ada kata terlambat atau terlalu
tua untuk belajar hal baru inget dengan
lo belajar hal baru juga ya sebenarnya
Berarti udah berani membuat kemajuan
dalam hidup lu dan lu juga udah berani
mengambil langkah itu dan yang
terpenting adalah sedikit demi sedikit
aja ya herpes satu persen saja setiap
harinya Akhir kata gue fanni 1% well gue
tunggu lo di boot camp bisa merebus send
OK thanks
[Musik]
hai hai
[Musik]