Transcript
R2TVOb4jZ6g • Cara Mengatasi Insecure dan Rasa Takut Saat Ngobrol (Tips Lebih Percaya Diri)
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0530_R2TVOb4jZ6g.txt
Kind: captions Language: id Hai Pernah gak sih lo ngerasa malu pas disuruh maju presentasi depan kelas atau lu malu Buat kenalan sama gebetan atau mungkin lesu khawatir buat nyampein sesuatu karena lo takut nggak didengerin akhirnya banyak dari pemikiran loh ide loh perasan loh ya udah dipendem aja gitu nggak usah diomongin itu pasif aja yang akhirnya enggak jarang bikin kita jadi ngebatin bikin kita jadi bete sendiri atau bikin kita jadi malah marah-marah nah percaya atau enggak sebenarnya hal ini dialami oleh sebagian besar orang apalagi di Indonesia jadi lo gak sendirian kalau misalnya penasaran Alasannya kenapa lu nggak enakan dan gimana solusinya klo simak satu video sebelum tidurnya sampai habis Biar lo bisa dapet keseluruhan Insight nya [Musik] mungkin udah sadar kalau di budaya Indonesia ada yang namanya budaya nggak enakan GTA biar sopan sih intinya bukan berarti kesopanan Bu yang tapi enggak jarang ini ya bikin orang jadi nggak ngomong gitu dan gak enakan ini yang biasanya bikin kita ketika kita mau ngelakuin suatu jadi bukan cuma ngomong doang yang ngelakuin sesuatu juga jadi serba takut serba watir Aduh gimana ya dampaknya Aduh gimana ya kalau gua kayak gini dan biasanya memang nggak enakan ini berhubungan nya sama orang lain Kayak lu jadi overthinking lu jadi hawatir Apakah dia kesel Apakah dia kecewa gitu Apakah gua jangan ngelakuin ini akhirnya jadinya enggak dilakuin sih ya kayak dulu takut ngasih feedback ke temen lu banyaklah contohnya ya dan contoh simpel dari yang feedback aja gitu Kalau misalnya lu enggak mau nge feedback temen lu Misalnya temen lu ngelakuin sesuatu yang menurut uh 8 tes Kediri lu ya pada akhirnya akan ketika feedback itu enggak disampaikan misalnya masalah kerja kelompok itu dia nggak kerja karena lu ragu dan takut lu Pendem Gak diomongin enggak ada solusi yang muncul akhirnya apa Bikin lu capek atau Nilai lu jelek karena satu orang doang misalnya Nah dari sini pun gua Yakin sebenarnya kalau Lu sadar sih bahwa kebiasaan ga enakan ini bisa menghambat perkembangan diri bikin nggak nyaman dan lu jadi takut sih kadang-kadang Ya atau bahkan sering nih buat ngambil resiko atau lu jadi nggak pede Buatlah sesuatu padahal lu udah pernah atau mungkin bakalan ada momen di mana lu merasa perlu banget buat nyampein ide atau ngomong di depan banyak orang tapi karena nggak enakan ya enggak jadi dipendem aja nah Datsun eight kalau misalnya kita ngomongin soal nggak enakan untuk ngomong di depan orang pembahasannya bakalan deket banget sama konsep Gimana caranya ningkatin percaya diri biar kita bisa ngatasin keenakan ya kita perlu paham sebenarnya dan yakin kalau apa yang kita sampaikan itu adalah hak kita dan memang benar dan Ia memang kudu prediksi dan sebenarnya kalau kita bisa ngilangin rasa nggak enakan yang entah timbul dari gpd atau Fardeen King ya kita bisa jadi lebih baik sih Nah pertanyaannya adalah Gimana sih cara ningkatin percaya diri gimana caranya biar kita bisa pede Pas ngomong gue punya beberapa solusi sih pertama yang bisa lakukan adalah lelaku Hai bahwa ini adalah masalah ini bukan hal yang memang bisa didiamin terus-terusan jadi akui aja bahwa lagi punya masalah sama rasa nggak enakan yang akhirnya Mungkin lu jadi nggak pede dan Ya memang ini banyak dipengaruhi oleh ya lingkungan oleh kultur GT ya maupun mungkin kita semua juga punya karakteristik masing-masing ya banyak dari kita yang merasa pendiem banyak dari kita yang ngerasa gak enak kan aku ya aja dulu bahwa ini adalah sebuah masalah gitu Yang Kedua setelah diakui Coba deh buat ngelakuin tindakan untuk mengatasi masalah itu kalau misalnya lu Sering berpikir negatif tentang tidur sendiri kalau misalnya lu sering menahan diri untuk Ga ngomong coba deh mulai bilang ke diri sendiri bahwa ya lu bisa coba tanaman banyak hal positif dan mungkin buat lo yang sering banget Mendem coba di untuk sesekali paksain untuk ngomong didepan kelas atau ya dimanapun itu sih ya kelompok kelas atau mungkin di kerjaan juga nah semua hal yang melakukan sebenernya ini bakal ngebantu untuk mengubah mindset yang awalnya enggak bisa jadinya bisa yang awalnya yang dipendem Jadinya enggak etnis coba dulu aja sih kalau gagal gimana ya Kalau kakak nggak papa ya toh baru pertama kedua Emang hal terburuk Apa sih yang bakal terjadi GTA jadi coba dari hal sederhana aja sih mungkin mulai dari nyapa satpam depan kantor nya pak dosen kan itu hal yang sederhana yang mungkin kalau enggak digubris pun Ya udah sebenarnya baru nanti tingkatin lagi ke mengajukan pertanyaan ke Dosen tingkatin lagi jadi long ajuin diri mungkin jadi ketua dan seterusnya dan seterusnya jadi memang berprogres aja sih ya Dan ini bakal beda kalau misalnya lu udah nemuin mindset ragu-ragu GTA ragu-ragu duluan udah nggak bisa udah pasti nggak bisa gitu bilangnya nah pemikiran-pemikiran kayak gitu biasanya bakal bikin menghambat kita jadi kitanya hawatir duluan sama hal-hal yang belum tentu bakal terjadi jadi Saran gue ya bye progress aja siap berprogres dan setelah lu mengakui setelah lu melakukan sesuatu Coba lu terus-terusan untuk ia lakukan hection fokus deh ke apa yang lebih lakuin kepada ke pikiran-pikiran GTA kalau misal orang ketawa gimana dari sebagainya coba untuk ya lakuin dulu aja itu bakal ngurangin rasa nggak enakan ningkatin rasa pede dan ngebantu lo untuk secara rutin melakukan hection gitu Kenapa karena ya memang Fokusnya ke tindakan lol hal yang bisa kontrol gitu ction lu bukan ke pemikirannya tentang masa depan yang BC klik gak bisa kita kontrol sih orang mau nyaman sama kita atau enggak orang menerima kita atau enggak orang mau ngomong kita tangga itu semua faktor yang enggak bisa kita kontrol sebenarnya itu kita nggak bisa ngontrol gimana orang respon kita kita nggak bisa ngontrol gimana orang menerima kita tapi ya kita bisa fokus ke perilaku kita gitu jadi Fokusnya ke perilaku aja hal yang bisa kita kontrol Coba rutinkan caranya macam-macam sebenarnya pastinya tentu latihan dan yang kedua adalah setelah lu mengakui kan tadi lu bisa do something about itu lo bisa ngelakuin sesuatu baca buku soal pengembangan diri misalnya buku savemore 1% gitu ya atau lebih saya juga tonton playlist 1% yang bisa mengakses disini gitu pokoknya Hai atau kalau Saran gue ya kalau misalnya lu ngerasa tuh Gua emang dari dulu nggak pede gua udah nyoba ngelakuin tapi susah Nah saran gua kalau misalnya kayak gitu sih Coba aja ikut webinar 1% kita di hari sabtu 19 Februari 2022 bakal ngomongin soal tips biar bicara lancar dan biar bisa percaya diri webinar ini cocok banget buat yang masih bingung buat ngurangin rasa nggak enakan Buatlah yang pengen lebih pede dan webinar nya Dibawain sama psycholog 1% ke Hani yang memang bakal ngasih Insight banyak bakal ngasih materi buat mengurangi ya perasaan-perasaan tadi nggak enakan gitu ya dan harganya bisa lihat di layar cuman segitu doang dan kita juga ada kode diskon kalau misalnya lu pengen lebih murah ya silakan pakai diskon spesial karena stoknya terbatas jadi kayak langsung aja dan untuk beli lu bisa Klik link di description boks atau langsung aja ke satu sendok net Akhir kata ya gua mau bilang aja sih Bawa nggak pede nggak enakan gitu ya bisa ngambek diri kita untuk ini memang mungkin perlu waktu perlu edukasi pasti nanti butuh berprogres Jadi kalau misalnya lu Pertama Pertama gagal ya Nggak masalah yang penting lo berprogres sedikit demi sedikit at least ya satu persen setiap harinya gitu kalau mau lebih gampang ya silakan ikuti webinar GTA nanti lu bakal dibimbing sama si cover set Oke Akhir kata gue Vania 1% well thanks [Musik]