Cara Berpikir untuk Jadi Pintar (Tips Melatih Berpikir Kritis)
wNbGPibxtUI • 2021-09-30
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id hai kenapa sih kayaknya Sulit buat kita untuk mendahului logika di atas perasaan gue yakin ini Jadi pertanyaan buat banyak orang dan ya jawaban gue adalah ya karena sebenarnya manusia itu bukan makhluk hidup yang terbiasa buat pendahuluan logika dibandingkan emosi atau perasaan makanya judul video ini konsep tentang berpikir kritis itu ada so di video kali ini gue bakal ngebahas tentang Apa itu berpikir kritis dan Gimana cara buat kita untuk membangunnya so stay tune di video ini sampai habis biar bisa dapet keseluruhan Insight nya [Musik] udah jadi otak kita itu selalu kerja dan berpikir tapi seringkali mereka itu berpikir secara otomatis Bukan karena kita pengen bukan karena kita mau tapi ya emang otomatis aja mikir alasannya simpel Kenapa karena kalau kita ngebiasain diri buat selalu mikir ya bakal capek Makanya ketika kita misalnya naik motor naik mobil GTA atau mungkin melangkah kita dulu oke sekarang kanan terus kiri apa enggak capek itu dan dia capek jelas nah tapi karena sistem di otak kita yang terbiasa buat berpikir otomatis kita berpikir Cepat enggak jarang kita jadinya rentan banget buat ngambil keputusan yang salah apalagi kalau sebelumnya kita nggak pernah latihan GTA buat ngelakuin itu sama sekali Nah disinilah berpikir kritis itu muncul gitu ini kita butuh banget singkatnya berpikir kritis adalah kemampuan buat berpikir lebih rasional yang nantinya kita bisa lebih mateng dalam mengambil keputusan karena semua didasari dengan analisis sebelum dipilih dipikir dulu ya kalau naik motor naik mobil atau Kayak lu jalan kaki Enggak usah Ya tapi kan banyak hal yang butuh pemikiran kita dulu dan ini bisa dipakai di seluruh aspek kehidupan mulai dari awal lagi sekolah kuliah kerja atau bahkan buat kehidupan sehari-hari misalnya gini lo nemu berita kalau covert 19 itu udah hilang dari dunia dan itu banyak banget di-share sama keluarga loh kadang beberapa dari langsung refleks percaya terus kayaknya udah share aja lagi itu karena ini mungkin berita negara Soalnya banyak yang nge-share tapi kalau misalnya orang udah berpikir kritis kalau udah berpikir kritis lo tuh bakal paham gitu kalau banyaknya orang yang ngebagiin informasinya atau banyaknya orang yang ngomongin belum tentu berita itu benar karena itu cuma jumlah nggak ngomongin soal fakta Nah ini kan sebenernya hal yang mungkin enggak natural ya buat kita nah kemampuan berpikir kritis Ini mendorong lo juga buat enggak langsung percaya sama informasi dan nyari tahu lebih lanjut tentang suatu hal yang diberikan clock Jadi waktu Roda punya kemampuan ini lo bakal belajar lebih aktif lebih teliti dan gak mudah buat ditipu orang lain gitu ya Nah tadi kira-kira adalah definisi berpikir kritis dan beberapa hal yang mesti lo perhatiin Terus gimana nih cara buat ngembangin ya well pertama coba pahami aja gimana proses berpikir itu terjadi diawal tadi gue jelasin kalau kita memang terbiasa banget buat berfikir cepat berpikir otomatis Dan itu enggak salah ya masa kita nyetrika kita ya naik motor itu berpikirnya enggak otomatis gitu capek tapi kalau misal kita dihadapin sesuatu yang ngedorong kita buat berpikir Hai Nah coba paus dulu berpikir otomatisnya jadi jangan cepet-cepet gitu ketika lo mulai paham cara berfikir GTA lo bisa mulai bedain seperti apa sih Lagi berpikir kritis dan diri length lebih berfikir otomatis ke depannya juga kalau bisa jadi lebih sadar ketika lo harus pindah dari otomatis ke kritis ataupun sebaliknya gitu ya Nah yang kedua coba biasain diri lo buat aktif nyari informasi sebanyak-banyaknya salah satu karakteristik orang yang berpikir kritis adalah ya punya banyak wawasan dan juga kyurazz itu mereka penasaran sama berbagai macam informasi ini diperoleh ya karena mereka ngebiasain diri buat nyari informasi yang banyak sebelum ambil keputusan Nah lo juga harus biasakan itu kalau bisa ya kalau pengen berpikir kritis yang ketiga biasakan diri buat berpikir secara terbuka nggak jarang kendala orang buat berpikir kritis adalah karena mereka merasa bahwa mereka selalu benar mereka paling oke paling misalnya ya nulis ini udah paling bener gitu Padahal menerima kenyataan kalau kita bisa jadi salah kalau misalnya ada banyak 0s diluar sana ada banyak cara itu adalah salah satu cara biar kita Daniel ketahuan bisa berkembang jadi kalau nemu informasi yang lo Yakin bener GTA dan ada orang yang bilang kalau informasi itu salah santai aja dulu gitu dan Ya dengerin aja coba kalau memang enggak Max Ya udah buang aja kalau misalnya ternyata logis gitu ya loe mungkin bisa cari sumber lain untuk memastikan bahwa apa yang dia bilang atau apa yang lu bilang itu yang mana sih yang bener gitu nah contoh berpikir kritis itu juga bisa buat lo yang lagi mau merintis bisnis sebenarnya jadi ini tuh bisa diaplikasikan dimanapun contohnya sebelum ngambil keputusan buat jualan sebelum mengambil keputusan buat memarketingkan gitu yang ngiklan ada baiknya coba cari informasi dulu soal tokoh-tokoh yang produknya mungkin sama kayak loh loh coba cari riset pasar kayak gimana dengan kayak gitu loh juga bisa mengaplikasikan oles-oles yang tadi tiga hal tadi Nah ini kan bisa banget nih diaplikasi in buat loh di berbagai bidang termasuk juga di bidang bisnis marketing gitu nah sekarang gua mau main sesuatu yang menarik nih gua mau jelasin soal boot camp Digital marketing 1% yang bakal kita lakuin di tanggal 16 bersama 31oktober Jadi sebenarnya berpikir kritis ya bagus ya gitu dan itu lo pelajari mungkin dari video ini Tapi tentu itu enggak cukup itu karena lu perlu juga nulis-nulis yang cukup Gitu kan wawasan yang luas didapatkan dari mana ya bisa dari internet bisa dari workshop bisa dari Ya kalau dalam hal ini boot camp itu silakan kalau misal Lo pengen belajar tentang Digital marketing ke satu persen dan juga Mitra kita yaitu pos Matrix jadi kita bermitra dengan salah satu marketing agency kita bikin 12cc workshop bareng para pembicara berbicara ini dengan lo semua ngikutin workshopnya itu cuman 700.000 doang atau bahkan bisa dapat harga lebih murah dengan masukin kode Promo gitu jadi bayangin deh 12 workshop dengan harga tujuan selebritis atau seberapa yang murah banget lah gitu biasanya webinar 1% aja 100ribuan kan gitu jadi kayak silahkan buat yang tertarik kalau bisa ikutan dan di worth itu sebenarnya ada banyak banget benefitnya mulai dari materi ideal bakal dapat materi.ppt nya juga dapet buku saku nya dapet Wiki bisnis dapet jadi lo bakal dapet transkrip akademik ya buat dapet sertifikat dan juga networking bareng teman-teman sekelas lo atau bareng ya leader-leader dari satu persen gua juga bisa sekalian belajar mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan juga analitis disini gitu sekalian belajar soal wawasan tentang Digital marketing Kalau misalnya lo butuhin harus lebih lanjut silahkan klik link di description boks atau misalnya lo bisa hubungin juga Wa 1% gitu ya dengan nomor yang tertera di layar Saran gue sih coba dasar dulu aja karena kursinya terbatas dan ini murah banget dibandingkan ya olshop lain yang bisa belasan juta atau bahkan jutaan disini cuman 700.000 kita coba sharing biar ya negara Indonesia pendidikannya bisa makin maju orangnya makin kritis dan punya skill yang mumpuni untuk ningkatin ya kualitas bisnis maupun perusahaannya Oke Akhir kata gua Irfandi 1% dan kali ini ya gue tunggu lo di Digital marketing buat game 1% OK thanks Hai sihir [Musik]
Resume
Categories