Transcript
wNbGPibxtUI • Cara Berpikir untuk Jadi Pintar (Tips Melatih Berpikir Kritis)
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0484_wNbGPibxtUI.txt
Kind: captions
Language: id
hai kenapa sih kayaknya Sulit buat kita
untuk mendahului logika di atas perasaan
gue yakin ini Jadi pertanyaan buat
banyak orang dan ya jawaban gue adalah
ya karena sebenarnya manusia itu bukan
makhluk hidup yang terbiasa buat
pendahuluan logika dibandingkan emosi
atau perasaan makanya judul video ini
konsep tentang berpikir kritis itu ada
so di video kali ini gue bakal ngebahas
tentang Apa itu berpikir kritis dan
Gimana cara buat kita untuk membangunnya
so stay tune di video ini sampai habis
biar bisa dapet keseluruhan Insight nya
[Musik]
udah jadi otak kita itu selalu kerja dan
berpikir tapi seringkali mereka itu
berpikir secara otomatis Bukan karena
kita pengen bukan karena kita mau tapi
ya emang otomatis aja mikir alasannya
simpel Kenapa karena kalau kita
ngebiasain diri buat selalu mikir ya
bakal capek Makanya ketika kita misalnya
naik motor naik mobil GTA atau mungkin
melangkah kita dulu oke sekarang kanan
terus kiri apa enggak capek itu dan dia
capek jelas nah tapi karena sistem di
otak kita yang terbiasa buat berpikir
otomatis kita berpikir Cepat enggak
jarang kita jadinya rentan banget buat
ngambil keputusan yang salah apalagi
kalau sebelumnya kita nggak pernah
latihan GTA buat ngelakuin itu sama
sekali Nah disinilah berpikir kritis itu
muncul gitu ini kita butuh banget
singkatnya berpikir kritis adalah
kemampuan buat berpikir lebih rasional
yang nantinya kita bisa lebih mateng
dalam mengambil keputusan karena semua
didasari dengan analisis sebelum dipilih
dipikir dulu ya kalau naik motor naik
mobil atau Kayak lu jalan kaki Enggak
usah Ya tapi kan banyak hal yang butuh
pemikiran kita dulu dan ini bisa dipakai
di seluruh aspek kehidupan mulai dari
awal lagi sekolah kuliah kerja atau
bahkan buat kehidupan sehari-hari
misalnya gini lo nemu berita kalau
covert 19 itu udah hilang dari dunia dan
itu banyak banget di-share sama keluarga
loh kadang beberapa dari langsung
refleks percaya terus kayaknya udah
share aja lagi itu karena ini mungkin
berita negara Soalnya banyak yang
nge-share tapi kalau misalnya orang udah
berpikir kritis kalau udah berpikir
kritis lo tuh bakal paham gitu kalau
banyaknya orang yang ngebagiin
informasinya atau banyaknya orang yang
ngomongin belum tentu berita itu benar
karena itu cuma jumlah nggak ngomongin
soal fakta Nah ini kan sebenernya hal
yang mungkin enggak natural ya buat kita
nah kemampuan berpikir kritis Ini
mendorong lo juga buat enggak langsung
percaya sama informasi dan nyari tahu
lebih lanjut tentang suatu hal yang
diberikan clock Jadi waktu Roda punya
kemampuan ini lo bakal belajar lebih
aktif lebih teliti dan gak mudah buat
ditipu orang lain gitu ya Nah tadi
kira-kira adalah definisi berpikir
kritis dan beberapa hal yang mesti lo
perhatiin Terus gimana nih cara buat
ngembangin ya well pertama coba pahami
aja gimana proses berpikir itu terjadi
diawal tadi gue jelasin kalau kita
memang terbiasa banget buat berfikir
cepat berpikir otomatis Dan itu enggak
salah ya masa kita nyetrika kita ya naik
motor itu berpikirnya enggak otomatis
gitu capek tapi kalau misal kita
dihadapin sesuatu yang ngedorong kita
buat berpikir Hai Nah coba paus dulu
berpikir otomatisnya jadi jangan
cepet-cepet gitu ketika lo mulai paham
cara berfikir GTA lo bisa mulai bedain
seperti apa sih Lagi berpikir kritis dan
diri length lebih berfikir otomatis ke
depannya juga kalau bisa jadi lebih
sadar ketika lo harus pindah dari
otomatis ke kritis ataupun sebaliknya
gitu ya Nah yang kedua coba biasain diri
lo buat aktif nyari informasi
sebanyak-banyaknya salah satu
karakteristik orang yang berpikir kritis
adalah ya punya banyak wawasan dan juga
kyurazz itu mereka penasaran sama
berbagai macam informasi ini diperoleh
ya karena mereka ngebiasain diri buat
nyari informasi yang banyak sebelum
ambil keputusan Nah lo juga harus
biasakan itu kalau bisa ya kalau pengen
berpikir kritis yang ketiga biasakan
diri buat berpikir secara terbuka nggak
jarang kendala orang buat berpikir
kritis adalah karena mereka merasa bahwa
mereka selalu benar mereka paling oke
paling misalnya ya nulis ini udah paling
bener gitu Padahal menerima kenyataan
kalau kita bisa jadi salah kalau
misalnya ada banyak 0s diluar sana ada
banyak cara itu adalah salah satu cara
biar kita Daniel ketahuan bisa
berkembang jadi kalau nemu informasi
yang lo Yakin bener GTA dan ada orang
yang bilang kalau informasi itu salah
santai aja dulu gitu dan Ya dengerin aja
coba kalau memang enggak Max Ya udah
buang aja kalau misalnya ternyata logis
gitu ya loe mungkin bisa cari sumber
lain untuk memastikan bahwa apa yang dia
bilang atau apa yang lu bilang itu yang
mana sih yang bener gitu nah contoh
berpikir kritis itu juga bisa buat lo
yang lagi mau merintis bisnis sebenarnya
jadi ini tuh bisa diaplikasikan
dimanapun contohnya sebelum ngambil
keputusan buat jualan sebelum mengambil
keputusan buat memarketingkan gitu yang
ngiklan ada baiknya coba cari informasi
dulu soal tokoh-tokoh yang produknya
mungkin sama kayak loh loh coba cari
riset pasar kayak gimana dengan kayak
gitu loh juga bisa mengaplikasikan
oles-oles yang tadi tiga hal tadi Nah
ini kan bisa banget nih diaplikasi in
buat loh di berbagai bidang termasuk
juga di bidang bisnis marketing gitu nah
sekarang gua mau main sesuatu yang
menarik nih gua mau jelasin soal boot
camp Digital marketing 1% yang bakal
kita lakuin di tanggal 16 bersama
31oktober Jadi sebenarnya berpikir
kritis ya bagus ya gitu dan itu lo
pelajari mungkin dari video ini Tapi
tentu itu enggak cukup itu karena lu
perlu juga nulis-nulis yang cukup Gitu
kan wawasan yang luas didapatkan dari
mana ya bisa dari internet bisa dari
workshop bisa dari Ya kalau dalam hal
ini boot camp itu silakan kalau misal Lo
pengen belajar tentang Digital marketing
ke satu persen dan juga Mitra kita yaitu
pos Matrix jadi kita bermitra dengan
salah satu marketing agency kita bikin
12cc workshop bareng para pembicara
berbicara ini dengan lo semua ngikutin
workshopnya itu cuman 700.000 doang atau
bahkan bisa dapat harga lebih murah
dengan masukin kode Promo gitu jadi
bayangin deh 12 workshop dengan harga
tujuan selebritis atau seberapa yang
murah banget lah gitu biasanya webinar
1% aja 100ribuan kan gitu jadi kayak
silahkan buat yang tertarik kalau bisa
ikutan dan di worth itu sebenarnya ada
banyak banget benefitnya mulai dari
materi ideal bakal dapat materi.ppt nya
juga dapet buku saku nya dapet Wiki
bisnis dapet jadi lo bakal dapet
transkrip akademik ya buat dapet
sertifikat dan juga networking bareng
teman-teman sekelas lo atau bareng ya
leader-leader dari satu persen gua juga
bisa sekalian belajar mengembangkan
kemampuan berpikir kritis dan juga
analitis disini gitu sekalian belajar
soal wawasan tentang Digital marketing
Kalau misalnya lo butuhin harus lebih
lanjut silahkan klik link di description
boks atau misalnya lo bisa hubungin juga
Wa 1% gitu ya dengan nomor yang tertera
di layar Saran gue sih coba dasar dulu
aja karena kursinya terbatas dan ini
murah banget dibandingkan ya olshop lain
yang bisa belasan juta atau bahkan
jutaan disini cuman 700.000 kita coba
sharing biar ya negara Indonesia
pendidikannya bisa makin maju orangnya
makin kritis dan punya skill yang
mumpuni untuk ningkatin ya kualitas
bisnis maupun perusahaannya Oke Akhir
kata gua Irfandi 1% dan kali ini ya gue
tunggu lo di Digital marketing buat game
1% OK thanks
Hai sihir
[Musik]