Cara Biar Nggak Cuek Lagi (Tips Jadi Orang Terbuka dan Perhatian)
OqKE8MjZFT8 • 2021-07-31
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id Salah satu bentuk komen yang sering gua baca di video-video 1% atau misalkan pas gua live gitu ya dan menurut gua aneh itu adalah ketika ada orang komen terus dia bilang gini nih kak tapi aku tuh orangnya Cuek terus gimana ya like kalau lu cuek ya kenapa lu harus nanya sama gue harus gimana Iya enggak sih kayak kalau emang lu cuek ya lu beneran-beneran enggak peduli gitu sama sama sesuatu di sekitar lu Kenapa lu harus nanya gitu ke gue atau ke siapapun Kenapa ya Gua cuek kalau lu cuek ya lu santai-santai aja kan Nah buat kalian yang sering ngasa kayak gini yang sering ngomong ke orang lain Oh gue meemang orangnya cuek gitu tapi lu sendiri mempertanyakan kenapa ya gue cuek apa yang bisa gua lakukan ya Percaya deh lu tuh bukan orang yang cuek lu tuh simply orang yang enggak tahu gimana caranya supaya lu bisa peduli sama orang lain atau sama diri lu sendiri atau sama Masalah lu Iya enggak nah buat kalian yang ngerasa relate sama sama cerita ini ya bahwa Mungkin kalian tuh sebetulnya tuh sadar gitu lu tuh punya masalah Lu tuh punya sesuatu yang yang harus diubah dari cara lu bersikap tapi lu dinal aja terus lu bilang ke dunia bahwa Oh ya gue meang orangnya cuek aja nah Kalian ada di video yang tepat Kenapa karena gua mau jelasin bahwa apa yang kalian lakukan itu berbahaya buat hidup kalian dalam jangka panjang Oke simak video sampai habis [Musik] ya oke sebelum kita bahas soal cuek gua mau bahas dulu soal sebuah konsep dasar yang kalian harus pahami dan mengerti yaitu bahwa yang namanya kebahagiaan yang nama namanya hidup yang menyenangkan itu sangat sangat sangat bergantung dengan adanya orang lain dalam hidup kalian udah banyak banget penelitian yang membuktikan bahwa yang bisa bikin hidup lu berwarna hidup lu asik hidup lu bahagia itu bukanlah game lu tontonan lu makanan lu tapi adalah keberadaan orang-orang lain yang punya hubungan yang meaningful sama lo jadi ketika sebuah hal yang lu lakukan atau sikap yang lu punya itu bikin lu enggak bisa punya hubungan yang dekat sama orang lain di sekitar lo itu tuh sebetulnya tanpa sadar ya lu tuh lagi mau nyobo Tase kemungkinan buat hidup lu bisa bahagia dia oke Nah di sinilah konsep cuek yang sebetulnya enggak cuek tadi tu masuk gitu ya karena sebagian dari kita mendefinisikan cuek adalah Ya udah gua enggak peduli gitu sama orang lain orang lain mau ngomong apa gua terserah gitu orang lain mau ngapain gua enggak ikut-ikutan gua enggak mau terlibat sama orang lain Which is kalau misalkan lu bersikap seperti itu ya tadi kan lu tuh jadi menghalangi diri lu untuk bisa punya hubungan yang dekat sama orang lain dan ya tadi kalau lu enggak punya hubungan dekat sama orang lain kemungkinan lu bahagia jadi susah banget aja gitu nah sebetulnya kalau kita pikir-pikir ya Kenapa ya ada orang-orang kayak gini ya orang-orang Yang yang bilang Oh gua tuh cuek gitu kan Padahal dia sadar gitu Sebenarnya ada yang salah dengan dirinya gitu tapi ya dia bilang ke dunia bahwa Ya udah gue emang orangnya cuek gitu Padahal di dalam hati kayak menjerit-jerit Aduh kenapa gua gini kenapa gua enggak bisa begini Kenapa gua enggak punya ini kenapa gua enggak punya itu nah sebetulnya ada dua alasan yang paling sering Kenapa sih orang tuh jadi kayak gini gitu ya Kenapa orang jadi orang yang cuek padahal sebetulnya dia enggak mau cuek gitu kan Yang pertama adalah ketika orang ini memang tidak pernah belajar Gimana caranya buat jadi orang yang punya perhatian terhadap orang lain nah ingat bahwa semua orang itu terlahir cuek gitu lu pernah lihat enggak ada bayi atau bocah umur 12 tahun yang tiba-tiba perhatian gitu sama orang sekitarnya Oh kamu kenapa begini ya Enggak kan gitu kan kita tuh semua terlahir cuek Kita terlahir untuk tidak perhatian dengan hal lain cuman seiring dengan waktu sebagian besar dari kita kita belajar bahwa Oh ternyata perhatian sama orang lain itu adalah sebuah hal penting karena ini adalah apa yang membuat gue bisa punya relasi yang baik sama orang-orang di sekitar gue masalahnya enggak Semua orang punya kesempatan buat belajar ini sepanj yang dia dari lahir sampai dia dewasa gitu kayak sekarang contoh hal yang bisa bikin lu buat Enggak belajar Gimana cara perhatian adalah ketika lu perhatian atau enggak perhatian itu sama aja di hidup lo lu enggak mendapatkan sebuah kerugian atau keuntungan yang jelas ketika lo melakukan perhatian lebih terhadap hal di sekitar lo Mungkin lu anak yang terlalu dimanja gitu ya jadi ketika lu bersikap baik gitu lu perhatian ke orang ataupun ketika lu cuek juga ya udah enggak ada yang ngasih feedback ke lu Oh kamu harus Le perhatian gitu atau sebaliknya lu anak yang dicuekin aja gitu jadi dari kecil lu mau perhatian mau baik Om orang atau misalkan lu mau cuek-cuek aja Diam sendirian didiamin aja enggak ada yang enggak enggak enggak ada yang benar-benar meduliin bahwa oh ini salah harusnya kayak gini gitu ya Which is fine itu adalah kemungkinan pertama memang dari kecil kita tidak pernah diajarkan bahwa perhatian itu penting Nah itu hal pertama dulu perhatian itu harus tahu dulu perhatian itu penting setelah kita tahu perhatian itu penting kita harus belajar juga Gimana cara ngasih perhatian yang benar gitu loh jangan-jangan perhatian yang lu lakukan selama ini terlalu kepo gitu kan sama orang lain sampai orang-orang risih gitu sama sama cara lu lu ngurusin mereka Nah itu poin pertama coba refleksi dulu apakah kalian termasuk orang-orang yang kurang beruntung tadi gitu ya dari kecil somehow enggak pernah benar-benar punya kesempatan buat belajar bahwa jadi orang yang punya perhatian terhadap orang lain itu penting terus belajar juga Gimana cara ngasih perhatian yang baik sama orang lain kalau misalkan kalian adalah bagian dari orang-orang kayak gini ya wajar kan lu jadi ngerasa pas jadi dewasa kayak Oh ya gue ternyata beda sama orang lain nih orang-orang tuh bisa ngasih perhatian sementara gua enggak gua orangnya beda gua dingin Gua cuek gua enggak bisa peduli sama orang lain Which is fine ingat peduli dan perhatian itu sesuatu yang dipelajari jadi enggak perlu malu Buat mengakui Oh ya gue emang sekarang begini karena gua gak pernah belajar aja gitu gimana caranya gue jadi orang yang perhatian tu kemungkinan pertama kemungkinan kedua mungkin Lu pernah jadi orang yang perhatian dalam hidup lo jadi orang yang punya relasi baik dengan orang lain tapi ternyata lu dikecewakan terus jadi trauma aja gitu bahwa ternyata punya kedekatan emosi sama orang lain itu bisa bikin lu sakit mungkin Lu pernah dikhianati dibohongin atau dikecewain atau apa terus dari situ lu memilih untuk menutup diri lu Ya udah deh ternyata berhubungan dekat sama manusial lain Tu bikin sakit gitu mendingan gua sendiri aja deh mendingan gua menutup diri dari orang lain gitu Nah mungkin awal-awal rasanya rasanya lebih tenang gitu ya Oh I gue engak gak lagi disakitin nih tapi lama-lama sadar kan sepi itu ggak enak iya kan kesepian tuh enggak enak men Kalau kesepian itu enak ya di tengah-tengah pandemi kayak gini orang tuh bakal baik-baik aja semuanya ternyata kan enggak kita semua mengalami betapa enggak enaknya kesepian ya kan jadi ketika lo berusaha melindungi diri lo sendiri supaya enggak sak sakit lagi dengan cara pasang tampang Oh gua orang ng cuek gitu Sebetulnya yang lu lakukan adalah El justru memastikan supaya diri lu enggak akan bisa lagi bahagia dengan dekat sama orang lain Jadi in a way Emang sih lu bikin orang lain Jadi enggak bisa nyakitin lo cuman ujung-ujungnya Yang nyakitin diri lo ya diri lo sendiri nah buat kalian yang masuk ke kategori ini yang tadi ya yang belajar buat jadi cuek ya gara-gara enggak pengin sakit lagi aja gitu karena pernah jadi orang yang gak cuek kemudian sakit gua mau bilang bahwa lu enggak benar-benar sendirian Yes Mungkin lu sekarang kesepian gitu ya cuman yang ngalami ini orang-orang yang menjalani hidup seolah-olah sebagai orang yang cuek cuman gara-gara enggak mau sakit lagi itu lu enggak sendirian ada banyak orang di luar sana kalau enggak banyak 1% yang enggak laku gitu kan tapi the fact bahwa ternyata kita laku ya itu nunjukin bahwa Emang orang-orang yang punya masalah-masalah kayak gini tuh Ternyata banyak So it's ok Lu enggak sendirian kalau Lu butuh bantuan 1% ada gitu kan lu bisa Reach Out ke psikolog atau ke mentor 1% tinggal daftar linknya ada di description Box atau tinggal buka di website kita di 1%.net daftar aja kita udah bantuin banyak banget orang yang bergelut dengan masalah-masalah kayak gini yang hatinya mungkin pernah terluka di masa lalu kemudian susah buat terbuka lagi aja gitu kita bisa bantuin kok Oke gua lanjut dulu ya secara singkat tadi kita bahas ya ada dua dua alasan utama Kenapa orang tumbuh menjadi orang dewasa yang seolah-olah cuek Padahal di dalam hati itu sadar bahwa There is something wrong with me ada sesuatu yang salah dengan gue nah langkah pertama yang bisa lu ambil kalau lu termasuk dalam kategori ini adalah menerima dulu bahwa kecuekan lo itu bisa jadi masalah buat diri lo kenapa karena Lo butuh orang lain ingat eksistensi orang lain hubungan dekat lo dengan orang lain itu adalah faktor paling utama yang bisa bikin lu bahagia dan kalau misalkan sifat cuek lo atau bahkan bukan cuma jadi sifat ya itu udah udah jadi Perangai sehari-hari gitu jadi orang-orang juga kenal lu kayak Oh dia mah orangnya dingin gitu dia orangnya enggak asik dia orangnya cuek gitu kan Ya lu jadi menghalangi diri lu buat bisa bahagia aja kan enggak enak gitu ya Jadi pertama akuin dulu satu Lu butuh orang lain buat bahagia yang kedua sifat cuek lu itu menghalangi Lu buat melakukan itu setelah lu menerima lu bisa mulai untuk belajar ingat tadi kasus pertama orang-orang ini bisa jadi emang enggak pernah belajar Gimana caranya buat jadi orang yang perhatian mulai dari hal-hal kecil mulai dari lu bangun pertemanan sama orang lain enggak usah dalam-dalam banget deh lu enggak usah mikir cari pasangan atau misalkan cari-cari sahabat deh punya teman aja dulu gitu kan teman yang udah ada Coba deh pelan-pelan ngobrolnya lebih didalemin gitu kan enggak cuma ngobrol yang yang cuman asal lalu yang dangkal-dangkal coba didalami dikit aja lebih peduli sedikit aja sama teman lu itu gitu kan enggak usah semua orang deh satu teman aja dulu perhatian dikit aja lihat apa yang terjadi lihat gimana responnya dia apakah cara lu bersikap sudah benar atau kalau misalkan lu punya lu punya orang yang benar-benar lu percaya gitu ya Coba tanya deh Apa sih yang bisa lu lakuin supaya lebih perhatian gitu supaya jadi orang yang lebih menyenangkan buat orang lain pelan-pelan aja dan nanti lama-lama bertahap gitu ya Jadi pertama tadi ya lu lu punya sedikit level pertemanan yang mulai lu dalamin gitu kan Nanti kalau misalkan udah human confortable gitu bisa lebih dalam lagi atau kalau enggak mau lebih dalam lagi Mungkin lu bisa cari orang lain lagi gitu kan jadi dimensinya ada dua tuh pertama adalah berapa banyak keterhubungan Berapa banyak hubungan yang bisa lu Bina dalam hidup lu ingat ini gua ngomongin hubungan sama orang lain ya in general ya enggak gua enggak ngomong lu harus punya pasangan banyak gitu berapa hubungan yang lu punya dalam hidup lu dan masing-masing itu sedalam Apa itu dikerjain dikit-dikit aja ditambah orangnya kemudian ditambah kedalamannya pelan-pelan tapi pertama diakuin dulu bahwa lu tuh butuh dan harus melakukan ini karena Kalau enggak ya udah entar lu sampai tua jadi orang yang kesepian dan dingin aja gitu terus sepi aja enggak sih Kalau udah tua Terus kayak ggak punya orang di hidup kita dan tentu saja Ini ini semua butuh waktu gitu kan yang namanya juga belajar gitu kan semua ada sesnya Semua ada waktunya ya udah sekian dulu dari gue gua harap melalui video ini buat kalian yang tadi ya di luar cuek tapi di dalam menjerit gitu ya bisa sedikit terbantu buat tahu bahwa Oh ya gua harus mulai dari sini nih gua harus mulai buat ngebenerin Gimana caranya gua melihat dunia ini melihat diri gue melihat orang-orang sekitar gue Semoga aja setelah video ini Lu mau mulihat sesuatu kemudian hidup lu bakalan baik paling enggak 1% ya setiap harinya Sekian dulu dari gue gue SK 1% bye [Musik]
Resume
Categories