Transcript
OqKE8MjZFT8 • Cara Biar Nggak Cuek Lagi (Tips Jadi Orang Terbuka dan Perhatian)
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0465_OqKE8MjZFT8.txt
Kind: captions
Language: id
Salah satu bentuk komen yang sering gua
baca di video-video 1% atau misalkan pas
gua live gitu ya dan menurut gua aneh
itu adalah ketika ada orang komen terus
dia bilang gini nih kak tapi aku tuh
orangnya Cuek terus gimana ya like kalau
lu cuek ya kenapa lu harus nanya sama
gue harus gimana Iya enggak sih kayak
kalau emang lu cuek ya lu
beneran-beneran enggak peduli gitu sama
sama sesuatu di sekitar lu Kenapa lu
harus nanya gitu ke gue atau ke siapapun
Kenapa ya Gua cuek kalau lu cuek ya lu
santai-santai aja kan Nah buat kalian
yang sering ngasa kayak gini yang sering
ngomong ke orang lain Oh gue meemang
orangnya cuek gitu tapi lu sendiri
mempertanyakan kenapa ya gue cuek apa
yang bisa gua lakukan ya Percaya deh lu
tuh bukan orang yang cuek lu tuh simply
orang yang enggak tahu gimana caranya
supaya lu bisa peduli sama orang lain
atau sama diri lu sendiri atau sama
Masalah lu Iya enggak nah buat kalian
yang ngerasa relate sama sama cerita ini
ya bahwa Mungkin kalian tuh sebetulnya
tuh sadar gitu lu tuh punya masalah Lu
tuh punya sesuatu yang yang harus diubah
dari cara lu bersikap tapi lu dinal aja
terus lu bilang ke dunia bahwa Oh ya gue
meang orangnya cuek aja nah Kalian ada
di video yang tepat Kenapa karena gua
mau jelasin bahwa apa yang kalian
lakukan itu berbahaya buat hidup kalian
dalam jangka panjang Oke simak video
sampai habis
[Musik]
ya oke sebelum kita bahas soal cuek gua
mau bahas dulu soal sebuah konsep dasar
yang kalian harus pahami dan mengerti
yaitu bahwa yang namanya kebahagiaan
yang nama namanya hidup yang
menyenangkan itu sangat sangat sangat
bergantung dengan adanya orang lain
dalam hidup kalian udah banyak banget
penelitian yang membuktikan bahwa yang
bisa bikin hidup lu berwarna hidup lu
asik hidup lu bahagia itu bukanlah game
lu tontonan lu makanan lu tapi adalah
keberadaan orang-orang lain yang punya
hubungan yang meaningful sama lo jadi
ketika sebuah hal yang lu lakukan atau
sikap yang lu punya itu bikin lu enggak
bisa punya hubungan yang dekat sama
orang lain di sekitar lo itu tuh
sebetulnya tanpa sadar ya lu tuh lagi
mau nyobo Tase kemungkinan buat hidup lu
bisa bahagia dia oke Nah di sinilah
konsep cuek yang sebetulnya enggak cuek
tadi tu masuk gitu ya karena sebagian
dari kita mendefinisikan cuek adalah Ya
udah gua enggak peduli gitu sama orang
lain orang lain mau ngomong apa gua
terserah gitu orang lain mau ngapain gua
enggak ikut-ikutan gua enggak mau
terlibat sama orang lain Which is kalau
misalkan lu bersikap seperti itu ya tadi
kan lu tuh jadi menghalangi diri lu
untuk bisa punya hubungan yang dekat
sama orang lain dan ya tadi kalau lu
enggak punya hubungan dekat sama orang
lain kemungkinan lu bahagia jadi susah
banget aja gitu nah sebetulnya kalau
kita pikir-pikir ya Kenapa ya ada
orang-orang kayak gini ya orang-orang
Yang yang bilang Oh gua tuh cuek gitu
kan Padahal dia sadar gitu Sebenarnya
ada yang salah dengan dirinya gitu tapi
ya dia bilang ke dunia bahwa Ya udah gue
emang orangnya cuek gitu Padahal di
dalam hati kayak menjerit-jerit Aduh
kenapa gua gini kenapa gua enggak bisa
begini Kenapa gua enggak punya ini
kenapa gua enggak punya itu nah
sebetulnya ada dua alasan yang paling
sering Kenapa sih orang tuh jadi kayak
gini gitu ya Kenapa orang jadi orang
yang cuek padahal sebetulnya dia enggak
mau cuek gitu kan Yang pertama adalah
ketika orang ini memang tidak pernah
belajar Gimana caranya buat jadi orang
yang punya perhatian terhadap orang lain
nah ingat bahwa semua orang itu terlahir
cuek gitu lu pernah lihat enggak ada
bayi atau bocah umur 12 tahun yang
tiba-tiba perhatian gitu sama orang
sekitarnya Oh kamu kenapa begini ya
Enggak kan gitu kan kita tuh semua
terlahir cuek Kita terlahir untuk tidak
perhatian dengan hal lain cuman seiring
dengan waktu sebagian besar dari kita
kita belajar bahwa Oh ternyata perhatian
sama orang lain itu adalah sebuah hal
penting karena ini adalah apa yang
membuat gue bisa punya relasi yang baik
sama orang-orang di sekitar gue
masalahnya enggak Semua orang punya
kesempatan buat belajar ini sepanj yang
dia dari lahir sampai dia dewasa gitu
kayak sekarang contoh hal yang bisa
bikin lu buat Enggak belajar Gimana cara
perhatian adalah ketika lu perhatian
atau enggak perhatian itu sama aja di
hidup lo lu enggak mendapatkan sebuah
kerugian atau keuntungan yang jelas
ketika lo melakukan perhatian lebih
terhadap hal di sekitar lo Mungkin lu
anak yang terlalu dimanja gitu ya jadi
ketika lu bersikap baik gitu lu
perhatian ke orang ataupun ketika lu
cuek juga ya udah enggak ada yang ngasih
feedback ke lu Oh kamu harus Le
perhatian gitu atau sebaliknya lu anak
yang dicuekin aja gitu jadi dari kecil
lu mau perhatian mau baik Om orang atau
misalkan lu mau cuek-cuek aja Diam
sendirian didiamin aja enggak ada yang
enggak enggak enggak ada yang
benar-benar meduliin bahwa oh ini salah
harusnya kayak gini gitu ya Which is
fine itu adalah kemungkinan pertama
memang dari kecil kita tidak pernah
diajarkan bahwa perhatian itu penting
Nah itu hal pertama dulu perhatian itu
harus tahu dulu perhatian itu penting
setelah kita tahu perhatian itu penting
kita harus belajar juga Gimana cara
ngasih perhatian yang benar gitu loh
jangan-jangan perhatian yang lu lakukan
selama ini terlalu kepo gitu kan sama
orang lain sampai orang-orang risih gitu
sama sama cara lu lu ngurusin mereka Nah
itu poin pertama coba refleksi dulu
apakah kalian termasuk orang-orang yang
kurang beruntung tadi gitu ya dari kecil
somehow enggak pernah benar-benar punya
kesempatan buat belajar bahwa jadi orang
yang punya perhatian terhadap orang lain
itu penting terus belajar juga Gimana
cara ngasih perhatian yang baik sama
orang lain kalau misalkan kalian adalah
bagian dari orang-orang kayak gini ya
wajar kan lu jadi ngerasa pas jadi
dewasa kayak Oh ya gue ternyata beda
sama orang lain nih orang-orang tuh bisa
ngasih perhatian sementara gua enggak
gua orangnya beda gua dingin Gua cuek
gua enggak bisa peduli sama orang lain
Which is fine ingat peduli dan perhatian
itu sesuatu yang dipelajari jadi enggak
perlu malu Buat mengakui Oh ya gue emang
sekarang begini karena gua gak pernah
belajar aja gitu gimana caranya gue jadi
orang yang perhatian tu kemungkinan
pertama kemungkinan kedua mungkin Lu
pernah jadi orang yang perhatian dalam
hidup lo jadi orang yang punya relasi
baik dengan orang lain tapi ternyata lu
dikecewakan terus jadi trauma aja gitu
bahwa ternyata punya kedekatan emosi
sama orang lain itu bisa bikin lu sakit
mungkin Lu pernah dikhianati dibohongin
atau dikecewain atau apa terus dari situ
lu memilih untuk menutup diri lu Ya udah
deh ternyata berhubungan dekat sama
manusial lain Tu bikin sakit gitu
mendingan gua sendiri aja deh mendingan
gua menutup diri dari orang lain gitu
Nah mungkin awal-awal rasanya rasanya
lebih tenang gitu ya Oh I gue engak gak
lagi disakitin nih tapi lama-lama sadar
kan sepi itu ggak enak iya kan kesepian
tuh enggak enak men Kalau kesepian itu
enak ya di tengah-tengah pandemi kayak
gini orang tuh bakal baik-baik aja
semuanya ternyata kan enggak kita semua
mengalami betapa enggak enaknya kesepian
ya kan jadi ketika lo berusaha
melindungi diri lo sendiri supaya enggak
sak sakit lagi dengan cara pasang
tampang Oh gua orang ng cuek gitu
Sebetulnya yang lu lakukan adalah El
justru memastikan supaya diri lu enggak
akan bisa lagi bahagia dengan dekat sama
orang lain Jadi in a way Emang sih lu
bikin orang lain Jadi enggak bisa
nyakitin lo cuman ujung-ujungnya Yang
nyakitin diri lo ya diri lo sendiri nah
buat kalian yang masuk ke kategori ini
yang tadi ya yang belajar buat jadi cuek
ya gara-gara enggak pengin sakit lagi
aja gitu karena pernah jadi orang yang
gak cuek kemudian sakit gua mau bilang
bahwa lu enggak benar-benar sendirian
Yes Mungkin lu sekarang kesepian gitu ya
cuman yang ngalami ini orang-orang yang
menjalani hidup seolah-olah sebagai
orang yang cuek cuman gara-gara enggak
mau sakit lagi itu lu enggak sendirian
ada banyak orang di luar sana kalau
enggak banyak 1% yang enggak laku gitu
kan tapi the fact bahwa ternyata kita
laku ya itu nunjukin bahwa Emang
orang-orang yang punya masalah-masalah
kayak gini tuh Ternyata banyak So it's
ok Lu enggak sendirian kalau Lu butuh
bantuan 1% ada gitu kan lu bisa Reach
Out ke psikolog atau ke mentor 1%
tinggal daftar linknya ada di
description Box atau tinggal buka di
website kita di 1%.net daftar aja kita
udah bantuin banyak banget orang yang
bergelut dengan masalah-masalah kayak
gini yang hatinya mungkin pernah terluka
di masa lalu kemudian susah buat terbuka
lagi aja gitu kita bisa bantuin kok Oke
gua lanjut dulu ya secara singkat tadi
kita bahas ya ada dua dua alasan utama
Kenapa orang tumbuh menjadi orang dewasa
yang seolah-olah cuek Padahal di dalam
hati itu sadar bahwa There is something
wrong with me ada sesuatu yang salah
dengan gue nah langkah pertama yang bisa
lu ambil kalau lu termasuk dalam
kategori ini adalah menerima dulu bahwa
kecuekan lo itu bisa jadi masalah buat
diri lo kenapa karena Lo butuh orang
lain ingat eksistensi orang lain
hubungan dekat lo dengan orang lain itu
adalah faktor paling utama yang bisa
bikin lu bahagia dan kalau misalkan
sifat cuek lo atau bahkan bukan cuma
jadi sifat ya itu udah udah jadi
Perangai sehari-hari gitu jadi
orang-orang juga kenal lu kayak Oh dia
mah orangnya dingin gitu dia orangnya
enggak asik dia orangnya cuek gitu kan
Ya lu jadi menghalangi diri lu buat bisa
bahagia aja kan enggak enak gitu ya Jadi
pertama akuin dulu satu Lu butuh orang
lain buat bahagia yang kedua sifat cuek
lu itu menghalangi Lu buat melakukan itu
setelah lu menerima lu bisa mulai untuk
belajar ingat tadi kasus pertama
orang-orang ini bisa jadi emang enggak
pernah belajar Gimana caranya buat jadi
orang yang perhatian mulai dari hal-hal
kecil mulai dari lu bangun pertemanan
sama orang lain enggak usah dalam-dalam
banget deh lu enggak usah mikir cari
pasangan atau misalkan cari-cari sahabat
deh punya teman aja dulu gitu kan teman
yang udah ada Coba deh pelan-pelan
ngobrolnya lebih didalemin gitu kan
enggak cuma ngobrol yang yang cuman asal
lalu yang dangkal-dangkal coba didalami
dikit aja lebih peduli sedikit aja sama
teman lu itu gitu kan enggak usah semua
orang deh satu teman aja dulu perhatian
dikit aja lihat apa yang terjadi lihat
gimana responnya dia apakah cara lu
bersikap sudah benar atau kalau misalkan
lu punya lu punya orang yang benar-benar
lu percaya gitu ya Coba tanya deh Apa
sih yang bisa lu lakuin supaya lebih
perhatian gitu supaya jadi orang yang
lebih menyenangkan buat orang lain
pelan-pelan aja dan nanti lama-lama
bertahap gitu ya Jadi pertama tadi ya lu
lu punya sedikit level pertemanan yang
mulai lu dalamin gitu kan Nanti kalau
misalkan udah human confortable gitu
bisa lebih dalam lagi atau kalau enggak
mau lebih dalam lagi Mungkin lu bisa
cari orang lain lagi gitu kan jadi
dimensinya ada dua tuh pertama adalah
berapa banyak keterhubungan Berapa
banyak hubungan yang bisa lu Bina dalam
hidup lu ingat ini gua ngomongin
hubungan sama orang lain ya in general
ya enggak gua enggak ngomong lu harus
punya pasangan banyak gitu berapa
hubungan yang lu punya dalam hidup lu
dan masing-masing itu sedalam Apa itu
dikerjain dikit-dikit aja ditambah
orangnya kemudian ditambah kedalamannya
pelan-pelan tapi pertama diakuin dulu
bahwa lu tuh butuh dan harus melakukan
ini karena Kalau enggak ya udah entar lu
sampai tua jadi orang yang kesepian dan
dingin aja gitu terus sepi aja enggak
sih Kalau udah tua Terus kayak ggak
punya orang di hidup kita dan tentu saja
Ini ini semua butuh waktu gitu kan yang
namanya juga belajar gitu kan semua ada
sesnya Semua ada waktunya ya udah sekian
dulu dari gue gua harap melalui video
ini buat kalian yang tadi ya di luar
cuek tapi di dalam menjerit gitu ya bisa
sedikit terbantu buat tahu bahwa Oh ya
gua harus mulai dari sini nih gua harus
mulai buat ngebenerin Gimana caranya gua
melihat dunia ini melihat diri gue
melihat orang-orang sekitar gue Semoga
aja setelah video ini Lu mau mulihat
sesuatu kemudian hidup lu bakalan baik
paling enggak 1% ya setiap harinya
Sekian dulu dari gue gue SK 1% bye
[Musik]