Tips Public Speaking: Komunikasi Baik dan Benar
rKOp0DpfbGY • 2020-03-05
Transcript preview
Open
Kind: captions
Language: id
Hai Dulu pas SMP gue adalah orang yang
sulit banget berkomunikasi sama orang
kikuk makhluk ngerasa nggak pede dan ya
pokoknya negatif lah kalau diri gue
sekarang melihat balik kemasa lalu
kayaknya kemampuan komunikasi gue tuh
dulu parah banget separah itu apalagi
dulu tuh ya kalau disuatu waktu gue
diharuskan berkomunikasi dengan orang
yang status sosialnya berbeda alias
misalnya nih orang yang berjabatan
tinggi orang yang ganteng atau cantik
gitu ya secara fisik atau juga
komunikasi sama orang baru itu tuh susah
banget dan akhir-akhir ini ketika gue
nyoba untuk ngecek comment section
kayaknya banyak banget juga nih Orang
yang komen Bang Gimana sih cara biar
meningkatkan kepercayaan diri pas lagi
public speaking Bang Gimana sih cara
berkomunikasi sama orang nah kebetulan
nih karena masalah komunikasi ini adalah
hal yang dialami oleh banyak orang dan
banyak banget juga yang request gua
bikin videonya special buat lo semua
Kalo tonton
ini sampai habis biar kita bisa belajar
bareng-bareng Gimana caranya supaya PD
untuk berkomunikasi dengan siapapun Tapi
sebelumnya jangan lupa untuk like dan
subscribe arlo gak ketinggalan
video-video lainnya dari satu persen
pertama-tama klo perlu tahu dulu nih
sebab dari ketidak PD Allah dalam
berkomunikasi dengan orang lain
sebenarnya kalau dari pengalaman gue
sebabnya itu bisa jadi cukup beragam
tapi secara umum kalau 02 pribadi sebab
dari ketidak pdn ini biasanya ada dua
pertama Mungkin lo emang jarang nih
berinteraksi dengan orang lain dan
jadinya skill komunikasi lo itu gak
terasa kalau ini berarti ini masalah
skill Kenapa skill ya karena basicly
skillnya tuh jarang dipakai gitu jarang
dilatih jadinya sulit untuk berinteraksi
dengan baik maka dari itu wajar aja sih
kalau misalnya lo yang kasusnya kayak
gini ngerasa Nggak pede dengan diri lo
untuk berkomunikasi
orang lain selain sebab ke-1 ada sebab
kedua juga kalau sebab kedua ini Ini
masalah mindset dan juga masalah
pengaturan emosi orang-orang yang
mengalami sebab kedua ini biasanya
mereka tuh bisa berkomunikasi sama orang
dan mungkin udah cukup ke asah juga
kemampuannya tapi karena nggak bisa
ngatur emosi Solo overthinking jadinya
nggak pede nah nggak pede ini ngaruh ke
performa kita pas lagi berkomunikasi
sama orang kedua sebab ini juga bisa
terjadi beriringan Jadi selain sebab
satu lo juga mengalami sebab kedua yang
menarik kalo menurut gua adalah yang
sebab kedua kalau orang lagi mengalami
sebab yang kedua biasanya mereka tuh
Nggak sadar kalau misalnya mereka itu
bisa gitu berkomunikasi cuman ya cover
thinking aja dan seperti yang udah gue
bahas sih berbagi video sebelumnya
Ketika kita sedang overthinking maka
performa kita ya bakal memburuk Kenapa
karena ya kita jadi ga Fokus sama hal
yang kita lakuin kita enggak Levina
momen gitu justru kalau kita
overthinking kita tuh malah
ke masa lalu misal kegagalan-kegagalan
sebelumnya atau terlalu fokus pada
hal-hal yang bakal terjadi di masa depan
dengan kata lain takut akan
potensi-potensi kegagalan dan lain
sebagainya yang sebenarnya bisa jadi
cuman ada diotak kita doang ya kita dia
over thinking Terus gimana dong kalau
misalnya kita mengalami salah satu atau
kedua masalah ini ada beberapa hal yang
menurut gue nih bisa lo lakuin pertama
Lo perlu mengidentifikasi masalah roh
untuk bisa menangani secara tepat
masalah lo ya tentunya Lo perlu tahu
dulu sebenarnya masa halo itu Apa Dan
Dimana gitu masalahnya Karena gini kalau
kita ngomongin tentang skill Komunikasi
komunikasi itu luas banget ada
komunikasi asertif ada komunikasi yang
ngomongin tentang public speaking ada
juga yang tadi mungkin masalah lo bukan
di skill komunikasinya tapi justru
masalahnya misalnya ada di regulasi
emosi overthinking dan lain sebagainya
Makanya disinilah kalau perlu pandai
dalam mengenai diri loh kalau bisa coba
evaluasi diri lo juga bisa nyoba untuk
berpikir secara mendalam sebenarnya
Lotus salahnya di mana sih yang masih
kurang gitu Apakah di skill tertentu
yang cukup spesifik misalnya telah susah
untuk semua Tok gitu sama orang atau
justru masalahnya adalah klo ga pede aja
gitu Padahal bisa balik lagi ya kalau
ngomongin komunikasi banyak banget
aspeknya klo perlu catat dan desain
perlu didefinisikan kira-kira aspek mana
aja yang Lo masih kurang baru deh habis
itu kalau bisa perbaiki aspek yang udah
located dan lo bisa berprogres sedikit
demi sedikit yang paling penting adalah
lo mengidentifikasi dengan tepat Masalah
lu di mana karena kalau enggak tepat
nanti Penanganannya juga efektif so
Belajarlah supaya lo bisa mengenali diri
lo sendiri lo bisa mulai dari hal kecil
sih Kayak misalnya nih klo mengevaluasi
diri Los setiap hari dan lo tanyakan ke
Diri loh Apa sih yang bisa gue evaluasi
hari ini atau lo juga bisa ikut kelas
dan mentoring dari satu persen kenapa ya
karena ada tes psikologi nya ada juga
pembahasan-pembahasan yang semacam kayak
gini dan lo juga kalau ikut layanan 1%
bisa diskusi entah itu sama mentor
psikologi atau pembicara pas lagi di
kelas offline gitu karena kadang ada
kasus nih dimana kita tuh sulit banget
gitu untuk nyelesain masalah sendiri dan
gak jarang kita tuh butuh feedback dari
orang lain supaya kita bisa lebih tahu
diri kita dengan lebih objektif ikut tes
psikologi juga bisa bikin kita lebih
sadar gitu bahwa Oh iya ternyata
kepribadian gue kayak gini Ternyata
tingkat stres gue kayak gini dan lain
sebagainya yang pada akhirnya akan
ngebantu untuk mengenali diri lo lebih
jauh yang kedua Lo perlu untuk latihan
skill apapun kalau enggak dilatih
bakalan Sulit buat jadi jago orang yang
jago public speaking jago ngobrol sama
orang itu rata-rata udah mengalami
banyak banget waktunya buat melakukan
hal itu Jadi kalau misalnya lo ngerasa
bahwa waktu kurang PD dan berkomunikasi
dengan orang lain dan lu juga ngerasa
jarang berkomunikasi mungkin ini adalah
saat yang tepat buat lo untuk berubah
cobalah latihan dengan berkomunikasi
sama orang lain ya Coba ngobrol aja
smalltalk sama orang baru kalau bisa
coba evaluasi diri lo dari evaluasi
presentasi di kelas dan lain sebagainya
intinya latihan latihan latihan karena
dari latihan itu lo bakal bisa
menghargai orang yang mana yang perlu
ditingkat in dan yang mana juga Yang
Emang udah bagus gitu Yang ketiga fokus
ke orangnya bukan kau pikir Allah
ataukah hasilnya Nanti biasanya orang
yang overthinking atau stres pas lagi
komunikasi sama orang itu hal yang
terjadi di otaknya adalah ia memikirkan
kemungkinan-kemungkinan yang bakal
terjadi Aduh gue bingung ngomong apa ya
habis ini Aduh nanti joox gue yang ini
garing enggak ya Aduh nanti public
speaking gue gagal atau nanti gue gak
bisa deket sama dia dan berbagai pikiran
lainnya pikiran-pikiran kayak gitu Ini
harus lo sadari dan lo juga perlu ingat
bahwa ini
yang terjadi di pikiran Lo aja Lo lebih
baik Fokus sama hal yang terjadi saat
itu fokus ke orang yang ngajak ngobrol
fokus ke komunikasi lo saat itu juga
lebih baik kalau pas ngobrol ya lo cari
tahu tuh lebih dalam tentang lawan
bicara loh dibandingkan klo Fokus sama
pikiran lo atau Fokus sama hasil dari
obrolannya Maksudnya gimana Jadi gini
ketika lebih fokus pada pikiran lo
dibandingkan sama obrolannya attention
loh atau perhatian lo akan jadi ke
pecah2 Jadinya kalau tensinya ke pecah2
jadinya performa saat ngobrol bakal gak
maksimal harusnya Ya udah fokus aja sama
hal yang terjadi saat itu Fokus sama
here now Daus ah terlalu mikirin tentang
hasil dari obrolannya bakal kayak gimana
atau sama pikiran-pikiran kita Fokus aja
sama orang yang ada di depan kita
mungkin ada dari length bingung tapi
kalau udah fokus trus obrolannya garing
gimana atau misal Kan kepikiran terus
gitu harus ngomong apa Kalo obrolannya
garing atau interaksi lo sama lawan
bicaranya gak berjalan lancar aku
gitu misalnya siap balik lagi santai aja
ingat bahwa ini cuman ngobrol doang
mungkin Sekaranglah sama lawan bicara
itu obrolannya akurat gitu misalnya tapi
bukannya semua Brown pasti ada akurat
momennya ini normal kok untuk jadi
akurat gitu Apalagi kalo ngobrol sama
orang baru coba deh gue pengen lo
mengevaluasi dia dulu coba lu
inget-inget obrolan-obrolan pertama lo
sama teman-teman lain sekarang atau sama
pacar lo sekarang atau sama sahabat loh
ingat obrolan pertamanya gue yakin
banget bahwa pasti ada aja at least 1
Interaksi yang itu akurat momen banget
gitu pas lo baru kenal mereka tapi
enggak apa-apa ini wajar nggak papa
banget ingat bahwa ini cuman satu
interaksi sosial dari ribuan Interaksi
yang bakal jalani bersama mereka dan
sama orang-orang lainnya apalagi kalau
emang jarang latihan tentu ini bakal
terjadi sering banget diawal-awal dan
ini enggak apa-apa yang perlu kita
lakukan adalah terus mengevaluasi diri
terus
sendiri supaya nanti meskipun lo selalu
gagal nih diawal akurat momen jadi
pendiem lah pas lagi ngumpul yang
penting kalau berprogres selalu inget
setiap habis interaksinya gagal atau
berhasil kira-kira lo harus ngapain nih
buat mengembangkan diri Loh apa yang
harus lo improof itulah yang harus
fokusin dibandingkan waters minder
nyalahin diri sendiri atau jadi
overthinking jadi terlarut dalam
kesedihan gitu daripada energinya habis
buat kayak gitu mendingan energinya lo
fokusin ke pengembangan diri loh supaya
next time saat lo ketemu orang baru
ngobrolnya bisa jadi lebih baik Inget
yang penting adalah progress yang
keempat tips terakhir inget untuk santai
aja anggap ini sebagai sebuah proses
kalau nonton video ini kalau dasar
statistik ya maka kemungkinan besar
mayoritas dari loh para presenters nih
Itu Masih muda umur lo bisa jadi di
bawah 30 tahun atau dibawah 25 tahun
atau bahkan lo masih belasan gitu
Free so karena lo masih muda tenang aja
santai masih banyak waktu buat lo
mengimprove diri lo perubahan besar itu
seringkali nggak bisa instan perlu
progress yang sedikit demi sedikit
makanya kan nama channel yaitu satu
persen gitu karena filosofinya adalah ya
untuk melawan perubahan besar Lo perlu
memulai dari perubahan kecil etnis satu
persen saja perubahan setiap harinya
kalau lu udah konsisten dengan perubahan
kecil itu maka gua bisa jamin nanti
perubahan diri Los setelah
berbulan-bulan setahun dua tahun gitu
pasti jadi oke banget Evan yang sekarang
ngomong di YouTube nih yang banyak
ngemeng jadi voice over dan bikin satu
persen adalah Evan yang pernah juga dulu
nggak pede Evan yang pemalu Gitu dulu
dan sering banget takut kalau ketemu
orang bahan sampai sekarang tapi enggak
apa-apa gua selalu matok di otak gua
mindset bahwa Yaudah sih gitu gua masih
muda gua masih umur 20an masih banyak
yang bisa gua kembangin santai aja
Hai kalau sekarang akur ya udah tinggal
evaluasi diri apa nih yang bisa
dikembangin gitu Kalau misalnya
interaksinya berhasil ya udah bersyukur
gitu reward diri kita dan kembangin lagi
di kita kalau Semua orang punya mindset
Santai kayak gini gue yakin hidup semua
orang bakal jadi lebih baik makanya Ya
udah santai kalau gagal Ya udah perbaiki
diri kalau jenuh ia udah juga nongkrong
dulu aja gitu kalau berhasil maka ia
bersyukur sama tuhan semua hal yang
terjadi pada kita apapun itu ya positif
atau negatif gue yakin pasti ada
maknanya nanti yang penting kita terus
ikhtiar dan ikhlas untuk menjalani
apapun yang nanti ada di depan kita buat
lo yang mungkin udah nyoba banyak banget
hal tapi masih struggle nih untuk
berkomunikasi sama orang lain mungkin
itu public speaking ngobrol sama gebetan
dan berbagai masalah komunikasi lainnya
seperti biasa ingat bahwa satu persen
itu ada layanan mentoring yang bisa
ngebantu lo untuk menyelesaikan
Halo Kalo lo mau nanya-nanya soal
mentoring kalau bisa Comment di comment
section dibawah ini dan kalau lo
tertarik untuk daftar mentoring klo bisa
daftar dengan klik kling dotus en.net
yang udah gua taruh di deskripsi mungkin
Sekian dari gua semoga video ini bisa
membuat lo menjadi lebih baik sehingga
hanya satu persen setiap harinya gua
Evan dari satu persen teks
Resume
Read
file updated 2026-02-12 01:56:26 UTC
Categories
Manage