Transcript
rKOp0DpfbGY • Tips Public Speaking: Komunikasi Baik dan Benar
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0147_rKOp0DpfbGY.txt
Kind: captions Language: id Hai Dulu pas SMP gue adalah orang yang sulit banget berkomunikasi sama orang kikuk makhluk ngerasa nggak pede dan ya pokoknya negatif lah kalau diri gue sekarang melihat balik kemasa lalu kayaknya kemampuan komunikasi gue tuh dulu parah banget separah itu apalagi dulu tuh ya kalau disuatu waktu gue diharuskan berkomunikasi dengan orang yang status sosialnya berbeda alias misalnya nih orang yang berjabatan tinggi orang yang ganteng atau cantik gitu ya secara fisik atau juga komunikasi sama orang baru itu tuh susah banget dan akhir-akhir ini ketika gue nyoba untuk ngecek comment section kayaknya banyak banget juga nih Orang yang komen Bang Gimana sih cara biar meningkatkan kepercayaan diri pas lagi public speaking Bang Gimana sih cara berkomunikasi sama orang nah kebetulan nih karena masalah komunikasi ini adalah hal yang dialami oleh banyak orang dan banyak banget juga yang request gua bikin videonya special buat lo semua Kalo tonton ini sampai habis biar kita bisa belajar bareng-bareng Gimana caranya supaya PD untuk berkomunikasi dengan siapapun Tapi sebelumnya jangan lupa untuk like dan subscribe arlo gak ketinggalan video-video lainnya dari satu persen pertama-tama klo perlu tahu dulu nih sebab dari ketidak PD Allah dalam berkomunikasi dengan orang lain sebenarnya kalau dari pengalaman gue sebabnya itu bisa jadi cukup beragam tapi secara umum kalau 02 pribadi sebab dari ketidak pdn ini biasanya ada dua pertama Mungkin lo emang jarang nih berinteraksi dengan orang lain dan jadinya skill komunikasi lo itu gak terasa kalau ini berarti ini masalah skill Kenapa skill ya karena basicly skillnya tuh jarang dipakai gitu jarang dilatih jadinya sulit untuk berinteraksi dengan baik maka dari itu wajar aja sih kalau misalnya lo yang kasusnya kayak gini ngerasa Nggak pede dengan diri lo untuk berkomunikasi orang lain selain sebab ke-1 ada sebab kedua juga kalau sebab kedua ini Ini masalah mindset dan juga masalah pengaturan emosi orang-orang yang mengalami sebab kedua ini biasanya mereka tuh bisa berkomunikasi sama orang dan mungkin udah cukup ke asah juga kemampuannya tapi karena nggak bisa ngatur emosi Solo overthinking jadinya nggak pede nah nggak pede ini ngaruh ke performa kita pas lagi berkomunikasi sama orang kedua sebab ini juga bisa terjadi beriringan Jadi selain sebab satu lo juga mengalami sebab kedua yang menarik kalo menurut gua adalah yang sebab kedua kalau orang lagi mengalami sebab yang kedua biasanya mereka tuh Nggak sadar kalau misalnya mereka itu bisa gitu berkomunikasi cuman ya cover thinking aja dan seperti yang udah gue bahas sih berbagi video sebelumnya Ketika kita sedang overthinking maka performa kita ya bakal memburuk Kenapa karena ya kita jadi ga Fokus sama hal yang kita lakuin kita enggak Levina momen gitu justru kalau kita overthinking kita tuh malah ke masa lalu misal kegagalan-kegagalan sebelumnya atau terlalu fokus pada hal-hal yang bakal terjadi di masa depan dengan kata lain takut akan potensi-potensi kegagalan dan lain sebagainya yang sebenarnya bisa jadi cuman ada diotak kita doang ya kita dia over thinking Terus gimana dong kalau misalnya kita mengalami salah satu atau kedua masalah ini ada beberapa hal yang menurut gue nih bisa lo lakuin pertama Lo perlu mengidentifikasi masalah roh untuk bisa menangani secara tepat masalah lo ya tentunya Lo perlu tahu dulu sebenarnya masa halo itu Apa Dan Dimana gitu masalahnya Karena gini kalau kita ngomongin tentang skill Komunikasi komunikasi itu luas banget ada komunikasi asertif ada komunikasi yang ngomongin tentang public speaking ada juga yang tadi mungkin masalah lo bukan di skill komunikasinya tapi justru masalahnya misalnya ada di regulasi emosi overthinking dan lain sebagainya Makanya disinilah kalau perlu pandai dalam mengenai diri loh kalau bisa coba evaluasi diri lo juga bisa nyoba untuk berpikir secara mendalam sebenarnya Lotus salahnya di mana sih yang masih kurang gitu Apakah di skill tertentu yang cukup spesifik misalnya telah susah untuk semua Tok gitu sama orang atau justru masalahnya adalah klo ga pede aja gitu Padahal bisa balik lagi ya kalau ngomongin komunikasi banyak banget aspeknya klo perlu catat dan desain perlu didefinisikan kira-kira aspek mana aja yang Lo masih kurang baru deh habis itu kalau bisa perbaiki aspek yang udah located dan lo bisa berprogres sedikit demi sedikit yang paling penting adalah lo mengidentifikasi dengan tepat Masalah lu di mana karena kalau enggak tepat nanti Penanganannya juga efektif so Belajarlah supaya lo bisa mengenali diri lo sendiri lo bisa mulai dari hal kecil sih Kayak misalnya nih klo mengevaluasi diri Los setiap hari dan lo tanyakan ke Diri loh Apa sih yang bisa gue evaluasi hari ini atau lo juga bisa ikut kelas dan mentoring dari satu persen kenapa ya karena ada tes psikologi nya ada juga pembahasan-pembahasan yang semacam kayak gini dan lo juga kalau ikut layanan 1% bisa diskusi entah itu sama mentor psikologi atau pembicara pas lagi di kelas offline gitu karena kadang ada kasus nih dimana kita tuh sulit banget gitu untuk nyelesain masalah sendiri dan gak jarang kita tuh butuh feedback dari orang lain supaya kita bisa lebih tahu diri kita dengan lebih objektif ikut tes psikologi juga bisa bikin kita lebih sadar gitu bahwa Oh iya ternyata kepribadian gue kayak gini Ternyata tingkat stres gue kayak gini dan lain sebagainya yang pada akhirnya akan ngebantu untuk mengenali diri lo lebih jauh yang kedua Lo perlu untuk latihan skill apapun kalau enggak dilatih bakalan Sulit buat jadi jago orang yang jago public speaking jago ngobrol sama orang itu rata-rata udah mengalami banyak banget waktunya buat melakukan hal itu Jadi kalau misalnya lo ngerasa bahwa waktu kurang PD dan berkomunikasi dengan orang lain dan lu juga ngerasa jarang berkomunikasi mungkin ini adalah saat yang tepat buat lo untuk berubah cobalah latihan dengan berkomunikasi sama orang lain ya Coba ngobrol aja smalltalk sama orang baru kalau bisa coba evaluasi diri lo dari evaluasi presentasi di kelas dan lain sebagainya intinya latihan latihan latihan karena dari latihan itu lo bakal bisa menghargai orang yang mana yang perlu ditingkat in dan yang mana juga Yang Emang udah bagus gitu Yang ketiga fokus ke orangnya bukan kau pikir Allah ataukah hasilnya Nanti biasanya orang yang overthinking atau stres pas lagi komunikasi sama orang itu hal yang terjadi di otaknya adalah ia memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang bakal terjadi Aduh gue bingung ngomong apa ya habis ini Aduh nanti joox gue yang ini garing enggak ya Aduh nanti public speaking gue gagal atau nanti gue gak bisa deket sama dia dan berbagai pikiran lainnya pikiran-pikiran kayak gitu Ini harus lo sadari dan lo juga perlu ingat bahwa ini yang terjadi di pikiran Lo aja Lo lebih baik Fokus sama hal yang terjadi saat itu fokus ke orang yang ngajak ngobrol fokus ke komunikasi lo saat itu juga lebih baik kalau pas ngobrol ya lo cari tahu tuh lebih dalam tentang lawan bicara loh dibandingkan klo Fokus sama pikiran lo atau Fokus sama hasil dari obrolannya Maksudnya gimana Jadi gini ketika lebih fokus pada pikiran lo dibandingkan sama obrolannya attention loh atau perhatian lo akan jadi ke pecah2 Jadinya kalau tensinya ke pecah2 jadinya performa saat ngobrol bakal gak maksimal harusnya Ya udah fokus aja sama hal yang terjadi saat itu Fokus sama here now Daus ah terlalu mikirin tentang hasil dari obrolannya bakal kayak gimana atau sama pikiran-pikiran kita Fokus aja sama orang yang ada di depan kita mungkin ada dari length bingung tapi kalau udah fokus trus obrolannya garing gimana atau misal Kan kepikiran terus gitu harus ngomong apa Kalo obrolannya garing atau interaksi lo sama lawan bicaranya gak berjalan lancar aku gitu misalnya siap balik lagi santai aja ingat bahwa ini cuman ngobrol doang mungkin Sekaranglah sama lawan bicara itu obrolannya akurat gitu misalnya tapi bukannya semua Brown pasti ada akurat momennya ini normal kok untuk jadi akurat gitu Apalagi kalo ngobrol sama orang baru coba deh gue pengen lo mengevaluasi dia dulu coba lu inget-inget obrolan-obrolan pertama lo sama teman-teman lain sekarang atau sama pacar lo sekarang atau sama sahabat loh ingat obrolan pertamanya gue yakin banget bahwa pasti ada aja at least 1 Interaksi yang itu akurat momen banget gitu pas lo baru kenal mereka tapi enggak apa-apa ini wajar nggak papa banget ingat bahwa ini cuman satu interaksi sosial dari ribuan Interaksi yang bakal jalani bersama mereka dan sama orang-orang lainnya apalagi kalau emang jarang latihan tentu ini bakal terjadi sering banget diawal-awal dan ini enggak apa-apa yang perlu kita lakukan adalah terus mengevaluasi diri terus sendiri supaya nanti meskipun lo selalu gagal nih diawal akurat momen jadi pendiem lah pas lagi ngumpul yang penting kalau berprogres selalu inget setiap habis interaksinya gagal atau berhasil kira-kira lo harus ngapain nih buat mengembangkan diri Loh apa yang harus lo improof itulah yang harus fokusin dibandingkan waters minder nyalahin diri sendiri atau jadi overthinking jadi terlarut dalam kesedihan gitu daripada energinya habis buat kayak gitu mendingan energinya lo fokusin ke pengembangan diri loh supaya next time saat lo ketemu orang baru ngobrolnya bisa jadi lebih baik Inget yang penting adalah progress yang keempat tips terakhir inget untuk santai aja anggap ini sebagai sebuah proses kalau nonton video ini kalau dasar statistik ya maka kemungkinan besar mayoritas dari loh para presenters nih Itu Masih muda umur lo bisa jadi di bawah 30 tahun atau dibawah 25 tahun atau bahkan lo masih belasan gitu Free so karena lo masih muda tenang aja santai masih banyak waktu buat lo mengimprove diri lo perubahan besar itu seringkali nggak bisa instan perlu progress yang sedikit demi sedikit makanya kan nama channel yaitu satu persen gitu karena filosofinya adalah ya untuk melawan perubahan besar Lo perlu memulai dari perubahan kecil etnis satu persen saja perubahan setiap harinya kalau lu udah konsisten dengan perubahan kecil itu maka gua bisa jamin nanti perubahan diri Los setelah berbulan-bulan setahun dua tahun gitu pasti jadi oke banget Evan yang sekarang ngomong di YouTube nih yang banyak ngemeng jadi voice over dan bikin satu persen adalah Evan yang pernah juga dulu nggak pede Evan yang pemalu Gitu dulu dan sering banget takut kalau ketemu orang bahan sampai sekarang tapi enggak apa-apa gua selalu matok di otak gua mindset bahwa Yaudah sih gitu gua masih muda gua masih umur 20an masih banyak yang bisa gua kembangin santai aja Hai kalau sekarang akur ya udah tinggal evaluasi diri apa nih yang bisa dikembangin gitu Kalau misalnya interaksinya berhasil ya udah bersyukur gitu reward diri kita dan kembangin lagi di kita kalau Semua orang punya mindset Santai kayak gini gue yakin hidup semua orang bakal jadi lebih baik makanya Ya udah santai kalau gagal Ya udah perbaiki diri kalau jenuh ia udah juga nongkrong dulu aja gitu kalau berhasil maka ia bersyukur sama tuhan semua hal yang terjadi pada kita apapun itu ya positif atau negatif gue yakin pasti ada maknanya nanti yang penting kita terus ikhtiar dan ikhlas untuk menjalani apapun yang nanti ada di depan kita buat lo yang mungkin udah nyoba banyak banget hal tapi masih struggle nih untuk berkomunikasi sama orang lain mungkin itu public speaking ngobrol sama gebetan dan berbagai masalah komunikasi lainnya seperti biasa ingat bahwa satu persen itu ada layanan mentoring yang bisa ngebantu lo untuk menyelesaikan Halo Kalo lo mau nanya-nanya soal mentoring kalau bisa Comment di comment section dibawah ini dan kalau lo tertarik untuk daftar mentoring klo bisa daftar dengan klik kling dotus en.net yang udah gua taruh di deskripsi mungkin Sekian dari gua semoga video ini bisa membuat lo menjadi lebih baik sehingga hanya satu persen setiap harinya gua Evan dari satu persen teks