129 Triliun Hilang! LG Tinggalkan RI, Tapi Prabowo Bilang Tenang?
PJ8B1o14VMU • 2025-04-30
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id Indonesia itu enggak boleh tenang-tenang aja. Bukan artinya kita serahkan ke Tuhan pasrah. Enggak. Tetap harus gerak cepat lihat kenapa negara kita semakin tidak seksi, semakin tidak kompetitif di mata investor asing. Halo, Guys. Ngeri banget nih, Teman-teman. Tahu kan ya, kemarin ada berita heboh salah satu investor asing terbesar di Indonesia dari Korea yang namanya LG itu akhirnya resmi mencabut keputusannya untuk berinvestasi di Indonesia. Dan nilainya enggak main-main, Guys. Kamu tahu ggak nilai investasinya yang kabur dari Indonesia itu sekitar R30 triliun. W. Ini salah satu proek besar nih, ratusan triliun. Tapi sayangnya kok bisa-bisanya ya gagal? Malah ya Koreanya kocar-kacir. Mereka kabur dari Indonesia bawa duitnya pergi dari sini. Kok bisa, Guys? Kenapa ya? Salah satu perusahaan terkenal elektronik terbesar di dunia yang namanya LG. Lu tahu lu punya kulkas, handphone, AC, itu banyaknya merek Korea ya, merek LG. Dan ternyata mereka pada akhirnya batal investasi di Indonesia. Nilainya enggak main-main sampai ratusan triliun. Nah, kalau lu penasaran apa sih penyebab LG membatalkan keputusan niatan dia buat invest di Indonesia? Jangan dikip video ini. Let's check this out. Jadi, Teman-teman, kita baru saja dapat laporan fresh from the oven bahwasanya perusahaan elektronik terkemuka di dunia dari Korea Selatan yang namanya LG itu mencabut rencana mereka berinvestasi senilai 7,7 miliar dolar di Indonesia. 7,7 miliar dolar itu rupiahnya itu setara 130 triliun. Nah, investasi ini sangat-sangat spesifik nih karena ini berhubungan dengan rantai pasok bisnis kendaraan listrik yang namanya electric vehicle. Jadi, bisnis yang diinvest sama LG itu berhubungan dengan precursor, katode, pembuatan sel baterai dan lain sebagainya. Jadi intinya ini bisnis yang berhubungan dengan A to Z-nya bahan bakunya supply chain bisnis mobil listrik dunia. Mobil listrik. Buat teman-teman yang belum tahu di Indonesia sekarang banyak ada punya BYD, wooling, MG dan lain sebagainya. Semuanya itu komponen paling penting itu adalah baterai. Baterai itu mempengaruhi harga sampai 50% dari harga mobilnya sendiri. Jadi jangan heran ya kalau bisnis mobil listrik mau cuan besar di Indonesia atau mau jadi raja mobil listrik di dunia, mau enggak mau harus punya bisnis baterainya. Nah, LG ini mau fokus di bidang hulunya. Dia enggak mau bikin mobil, dia maunya bisnis baterainya. Menurut laporan resmi RG, keputusan dia batal investasi di Indonesia itu karena adanya perlambatan permintaan EV global dan lingkungan investasi yang menurut mereka enggak sesuai lagi dengan kondisi pasar. Nah, kalau salah satu kalimat yang diutarakan oleh pihak LG, alasan dia cabut investasi ratusan triliun dari Indonesia karena adanya perlambatan ya permintaan atas pembelian EV di dunia ini, maka itu yang harus kita cek. Betul atau tidak sih sebetulnya permintaan EV secara global itu melambat. Nah, kalau teman-teman lihat di layar kaca, faktanya informasi yang kita dapat penjualan kendaraan listrik global di Ramal bisa tembus 20 juta unit pada 2025. Dan ada begitu banyak berita yang menjabarkan bahwa penjualan mobil listrik laris manis di pasar dunia dan kemungkinan besar bakal tumbuh terus. Nah, kalau faktanya ternyata penjualan mobil electric vehicle ya EV itu masih diminati loh oleh dunia. orang-orang masih berbondong-bondong belanja mobil listrik di dunia ini. Terus lantas kenapa LG bilang permintaan EV di dunia melambat? Jadi pertanyaannya adalah sebetulnya LG ini bikin baterai buat mobil apa sih? Nah, itu yang harus kita cek. Kenapa kita harus cek? Ingat ya, bisnis apapun yang paling penting itu marketnya, kuenya ada apa enggak. Nah, karena bisnis LG itu adalah bisnis di hulu, bukan di hilir. Dia bukan jualan mobil. Dia jualan bahan baku pembuatan baterai untuk mobil listrik. Kita harus cek kliennya LG itu siapa. Ternyata kliennya LG itu lu tahu ya, ada Toyota, ada Volkswagen, ada Hyundai, ada General Motor Amerika, lalu ada Renault Nissan nih. Nah, ada lima merek terkenal di dunia yang kamu juga pasti pernah dengar merek-merek ini. Tetapi ya faktanya kenapa kemudian sampai LG tutup, lu tahu dari top five itu ada enggak sih yang mobil listriknya itu lu pakai di rumah? Karena kalau menurut dari layar kaca, lu bisa lihat datanya ya, 10 mobil listrik dengan volume penjualan tertinggi di dunia per Oktober 2024. Gua akan bacain dari 1 sampai 10. Tetapi lu lihat ya merek yang tadi gua sebut. Ada enggak? Ingat ya, kliennya LG itu lima. GM, lalu ada Hyundai, ada Toyota, ada Volkswagen, dan ada Renault Nissan. Nah, kita lihat ya ada 10 mobilis di dunia di tahun 2024. Nomor satu ada Tesla Model Y 84.000 unit. Nomor dua ada BYD Song atau Seal 72.000 unit. Lalu ada BYD Se Gold atau Dolphin 54.000 unit. Lalu ada BYD KIN Plus 40.000 unit. Lalu ada BYD Kin L yang 39.000 unit. Nomor 6 ada BYD Seal 06. Nomor 7 ada BYD One Plus atau AO 3. Nomor 8 ada Wooling Mini EV. Nomor 9 ada Tesla Model 3. Nomor 10 ada BYD Hun. Anyway, dari semua yang gua omongin top 10 itu lu pasti yang terngiang-ngiang adalah merek BYD terus ngulang terus. Betul toh? Terus satu lagi apa ya? Ada Tesla, ada Wooling dan ternyata setelah lu cek dan kita bandingkan dengan data yang tadi ya enggak ada dari pabrikannya LG. Jadi dari situ ya logis aja ya kalau seandainya ya LG bisnisnya makin sulit. Kenapa? Karena klien-kliennya LG enggak bisa jualan. Lu gak pernah lihat sampai detik ini mungkin Toyota punya mobil listrik di mana, GM di mana, Hyundai? Ya adalah satu dua biji. Tapi teman-teman kalau lihat data penjualan mobil listrik di Indonesia aja lah di 2025, jumlah mobil listrik yang dibikin Hyundai apa sih? Lu tahu ada Ionic 5, ada Ionic 6 dulu, ada Hyundai Kona. Ya, kalau dibandingkan dengan kompetitornya seperti BYD dan kawan-kawan ya jauh. Jadi dari situ lu bisa lihat bahwa oh ternyata memang mereka kalah perang karena ya faktanya ya semua merek mobil yang jadi kliennya LG kemungkinan besar lu enggak pernah lihat mobilnya di Indonesia. Ya gua ulangin lagi Toyota enggak masuk top 10. Lu pernah lihat enggak di Indonesia? Susah ya. Hyundai mungkin lu pernah lihat lah 12 Ionic 5 atau Ionic 6. Gua juga suka lihat tapi ya jumlahnya jauh lebih besar BYD yang gua temuin di jalan ya. Kalau enggak Byd ya wuling. Dalam list ini ada Tesla. Tesla termasuk top 10 penjualan mobil besar di dunia. Baterainya apakah pakai punya LG? Tidak. Mereka bahkan pakai baterai punyanya BYD, namanya blade battery itu. Jadi di sini kita bisa lihat oh alasan LG yang bilang bahwa pasar EV dunia lagi lemah. Ya benar yang lemah syahwat ya kliennya LG. Tapi kalau merek lain enggak, mereka makin berjaya. Nah alasan kedua mengapa LG batal investasi di Indonesia itu mereka bilang karena lingkungan investasinya. Memang gimana sih lingkungan investasi di Indonesia? Ya, jujur aja nih, Guys. Kemarin kan sempat viral ya, salah satu pabrik besar di dunia yang namanya BYD itu diganggu pembangunan pabriknya oleh ormas yang ada di Jawa Barat. Dan banyak berita yang bilang di situ ada aksi premanisme. Nah, ini kan fakta yang betul-betul harus segera ditangani oleh pemerintah, Guys. Kok bisa-bisanya ya investor asing itu sampai tahu dan berita ini viral loh, bukan cuman di Indonesia. Berita ini viral di Hongkong, di Sencen, di Tokyo, di Amerika bahwa aksi premanisme di Indonesia itu sangat mengerikan. Dan ini betul-betul menunjukkan bahwa negara itu tidak hadir. Kenapa? Karena tiap hari ada aja premanisme. Tiap hari ada aja premanisme. Kok bisa-bisanya negara kalah? Tolong dong. Ini sampai investor asing aja sampai takut Indonesia ini dalam kondisi darurat, Guys. Kita itu punya pengangguran jumlahnya makin naik. Kemarin R jutaan, sekarang mungkin bisa naik lagi. Kalau ini enggak segera ditangani, siapa yang membuka pabrik di Indonesia? Gimana orang mau berusaha di Indonesia? Jujur aja ya, Teman-teman, kita mulai banyak loh yang pindahin pabriknya ke Vietnam, ke Thailand, sampai ada yang pindahin juga ke India karena udah merasa enggak kondusif iklim lingkungan investasi di Indonesia. Nah, kalau ini sampai dibiarin terus berterusmenerus berlarut-larut mau jadi apa negara ini? Bahkan teman-teman tahu ya, salah satu ketua himpunan kawasan industri di Indonesia itu sampai berkata bahwa kerugian akibat aktivitas organisasi masyarakat yang premanisme-premanisme ini itu mencapai ratusan triliun rupiah. Dan ini merugikan dunia investasi kita. Padahal gini ya, banyak orang kalau buka usaha contohnya ya, mereka enggak mau buka usaha itu di luar, di pinggir jalan. Nanti apa banyak preman? Sudah pastilah. Akhirnya mereka masuk ke dalam, masuk ke kawasan industri. harapannya supaya lebih aman tentram damai sentosa. Tapi ternyata masih diganggu juga atau kayak lu buka usaha kecil-kecilan. Lu udah tahulah kenapa banyak orang kalau buka usaha atau sewa ruko maunya di dalam perumahan supaya ya enggak kena prehumanisme. Di dalam perumahan ada satpam lebih rapi, lebih kondusif. So, itulah adalah fakta yang terjadi di lapangan. Nah, salah satu contoh yang bisa kita ambil di sini juga yang paling parah itu adalah biasanya hal yang tidak kelihatan oleh mata. Yang kelihatan oleh mata adalah LG kabur dari Indonesia nilainya ratusan triliun. Tapi LG itu kan orang yang mau invest terus dia batal ratusan triliun. Gimana kalau orang yang batal dari awal yang enggak mau masuk Indonesia padahal tadinya mau masuk belum sempat masuk itu langsung batal. Itu ternyata nilainya juga ratusan triliun. Beda loh. Ada yang sudah masuk terus kabur tapi ada yang baru ngelihat aja udah ketakutan. Ternyata jumlahnya kalau lu hitung itu juga ratusan triliun. Kalau di tootal jangan-jangan total ini ada ribuan triliun yang menguap begitu saja. Padahal itu bisa menyediakan lapangan kerja di Indonesia. Tetapi dikit-dikit kena palak, dikit-dikit kena palak. Ya kan enggak benar. Terus gimana caranya negara kita bisa maju? Katanya mau jadi negara industri, katanya mau menyediakan lapangan kerja, katanya mau ngasih makan rakyatnya. Tapi kalau kita selalu kalah sama premanisme, lama-lama gua pikir ya CIA itu enggak perlu repot-repot hancurin Indonesia loh. Soalnya di Indonesia preman-premannya udah banyak yang jauh lebih galak, lebih ganas dibandingkan CE. Lama-lama kalau lu pikir ya, jangan-jangan preman-preman ini semua antek-antk asing nih, lama-lama. Kok bisa-bisanya ya sampai investor besar aja dibikin terkencing-kencing, terbirit-birit, ketakutan sama mereka. Ini ngeri loh, enggak pakai nuklir loh. Tapi mereka mempunyai kekuatan yang bisa menakuti investor, yang bisa membuat investor asing lari terbirit-birit. Menurut gua ngeri sih. Menurut lu gimana, Guys? Dan kenapa sih, Guys, pemerintah sampai detik ini tidak dapat mengatasi keresahan dari para pengusaha. atau investor ya terkait keberadaan ormas-ormas preman-preman seperti ini. Menurut lu kenapa ya? Kenapa pemerintah enggak bisa ya? E sebentar guys, bentar guys sebelum kita lanjut videonya. Good news guys. Kalau sambenic season 7 kembali dibuka nih. Jadi buat teman-teman yang belum sempat join yang season 6 kita sekarang udah masuk ke season keet7uh dan ini seru banget karena tahun ini kita membahas tentang energi terbarukan. So, teman-teman tahu enggak orang kalau ngomong energi di Indonesia ini cuman ada batu bara atau minyak bumi. Tetapi sekarang kita sudah masuk ke era di mana saham-saham perusahaan yang prospek itu justru datang bukan dari batu bara lagi, tapi dari energi terbarukan. Dan banyak loh sebetulnya energi terbarukan. Ada lu ngomong minyak sawit, ada namanya gas bumi, ada namanya tenaga surya dari matahari termasuk tenaga air dan masih begitu banyak lagi yang belum kita bahas. Nah, makanya di season 7 ini kita akan membahas saham-saham yang sangat prospek. investasi yang menurut gua sangat menarik buat kita pelajari bersama hanya di Skol Sambeni Season 7 tentang emiten-emiten dan prospek prospek yang luar biasa dari sektor energi terbarukan. Makanya jangan sampai ketinggalan guys, segera buruan daftar karena kita ada promo nih diskon 25% hanya untuk 50 orang pertama. So, tunggu apaagi, Guys? Buruan yuk segera hubungi nomor handphone yang ada di bawah ini atau www.skalasambenix.com. Bahkan kemarin ya ada gubernur kesayangan kita yang namanya Gubernur Dedi Mulyadi dari Jawa Barat. Satu-satunya mungkin gubernur di Indonesia yang waras dan punya otak. Ternyata gubernur kesayangan kita ini tergerak juga hatinya untuk melawan preman-preman ini, Guys. Bahkan dia punya ide yang sangat revolusioner. Dia sampai bikin tim ya, dia bikin satgas anti premanisme karena dia menyadari keberadaan ormas preman ini sudah sangat meresakan bangsa kita. Tapi sayangnya ya, sayangnya ya ini level KDM ya, Kang Dedi aja ya. Ketika dia sudah bikin ide untuk memberantas premanisme, apa yang terjadi, Guys? Itu langsung banyak ledakan ya, polemik baru rakyat yang mewakili masyarakat katanya itu menentang rencana Dedi Mulyadi untuk menutup ormas-ormas preman ini. Nah, yang membingungkan, Guys, ya, satu hari setelah Gubernur Dedi Mulyadi ini bikin pernyataan, dia mau memberantas premanisme. Apa yang terjadi? Ternyata gubernur kesayangan kita, Kang Dedi Mulyadi malah membuat permintaan maaf kepada masyarakat. Nah, ini orang jadi bingung nih. Kok bisa bisa bisanya ya gubernur kita apa ditakut-takutin ya? Harapannya sih enggak ya, Guys. Harapannya ya berhasillah kita menang melawan premanisme. Karena kalau tidak ya, batalnya investasi LG di Indonesia itu bukan cuma jadi yang terakhir, tetapi bisa jadi awal dari eksodus besar-besaran pengusaha-pengusaha asing yang ada di Indonesia untuk kabur cabut dari Indonesia. Dan ini adalah kerugian besar sekali lagi ya, Indonesia ini berada di posisi darurat detik ini karena angka pengangguran itu sudah sampai lebih dari 7 juta manusia. Bahkan di beberapa daerah di Indonesia yang gua datangi, provinsi, kota, kabupaten itu ada yang angka penganggurannya itu bisa sampai 20% guys dari jumlah penduduknya itu pengangguran kan ngeri, ya. Artinya lu kalau pergi ke jalan lu salamin 10 orang di kota itu, di kabupaten itu. Dua dari 10 orang yang lu salamin itu nganggur, Guys. Itu kan ngeri loh. Nah, kita enggak mau dong ini kejadian di Indonesia dan makin parah bahwa apa? Pengangguran makin banyak, premanisme makin banyak, ujung-ujungnya apa? Orang-orang nganggur ini bentuk ormas atau join ormas. Tambah ribet lagi negara ini ngelolanya. Karena akibatnya negara ini malah kelebihan beban. orang-orang pengangguran yang tidak bayar pajak, yang tidak berkontribusi terhadap pembangunan negara, tetapi adanya merongrong para pengusaha dan investor. Nah, by the way ya ada sebetulnya kisah lain ya dari sudut pandang investor ya tentunya tentang prahara yang terkait dengan kaburnya ya duit LG, investasi LG di Indonesia. Salah satu yang viral itu adalah berhubungan dengan kalau teman-teman tahu ya, banyak orang yang bilang Korea itu sakit hati di Indonesia ya. Teman-teman lihat ya Korea itu buka pabrik mobil listrik di Indonesia pertama kali itu namanya Hyundai. Hyundai buka di Indonesia. Ketika dia mau jualan di Indonesia itu mereka dikasih syarat harus buka pabrik. So apa yang dilakukan Hyundai? Mereka buka pabrik. Tetapi enggak lama berserang tiba-tiba masuk investor mobil dari China. Banyak. Ada BYD, ada Wooling, ada ion, ada Cherry, ada MG. Wah, macam-macam deh pokoknya jumlahnya, Guys. Dan ini jumlahnya bakal makin besar ya. Cuman yang membingungkan adalah mereka per detik ini belum punya pabrik loh, kayak Hyundai. Tapi kok udah bisa ya jualan mobil? Oh, ternyata mereka mendapatkan fasilitas insentif dari pemerintah. Mereka tidak perlu bangun pabrik, mereka bisa langsung jualan. Ya, asalkan dalam 2 3 tahun mereka beneran bakal invest publik di Indonesia. Is this a good thing? Ya, jujur menurut gua ini baguslah, ini insentif lah. Ini bisa memicu orang untuk lebih semangat lagi untuk berinvestasi bangun pabrik di Indonesia. Tetapi buat investor lama gimana? Ya investor lama gigit jari. Di sini ya ada Hyundai yang mungkin bukan mungkin sih gua yakin pasti itu mereka merasa sakit hati ya. Giliran Cina datang lu kasih fasilitas karpet merah. Giliran gua mereka harus buka pabrik dulu di sini. Dan mereka pun jualan waktu itu di harga yang sangat mahal ya. Karena zaman dulu belum ada tuh insentif buat pembelian mobil listrik. Tapi di eranya BYD ya, lu bayar mobil listrik itu udah jauh lebih murah. Bukan hanya dari segi harga loh, mereka even belum ada pabrik di sini, tetapi udah ada insentif pajak, udah ada insentif yang berhubungan dengan PKB, misalkan PKB tahunan luu jauh lebih murah. Nah, itu semua di eranya si Hyundai itu belum ada tuh fasilitasi sekarang malah jadi ada. Sakit hati enggak kalau lu bayangin lu jadi Hyundai? Giliran orang Cina jualan, lu belain mobil-mobil Cina lu kasih insentif. giliran zaman gua enggak ada nih orang Korea nih. Dari sudut pandang itu tentu saja ya Hyundai pasti merasa sakit hatilah dan gigit jari lah. Tetapi gua jujur nih kasih pandangan gua sebagai Benix tentunya gua salah satu orang yang sebelah Hyundai jualan. Ini sebelum masuknya BYD ya. Hyundai jualan di Indonesia dengan harga yang tidak masuk akal. Jujur aja harga mobilnya jauh lebih mahal dibandingkan yang seharusnya. Bahkan ada beberapa mobil Hyundai itu yang dijual sampai harganya di atas miliaran, Guys. Contohnya Hyundai Ionic 6 yang menurut gua enggak logis ini mobil harganya di atas R miliar. Gua rasa kalau BYD datang ke sini bikin mobil yang sama, harganya bisa 600 juta. Dan itu menguntungkan buat kita. Akibatnya Pak customer bisa dapat pilihan mobil yang harganya jauh lebih kompetitif, murah, berkualitas, teknologinya canggih. Ya, kalau Hyundai tetap ngotot dengan jualan gaya yang sangat-sangat mahal, ya menurut gua kapan bisa populer mobil listrik di Indonesia? Ya enggak bisalah. Dan Indonesia sangat butuh untuk mobil listrik itu sukses besar loh, Teman-teman. Tahu kenapa? Karena Indonesia adalah negara importir minyak terbesar di Asia Tenggara. Kita sangat membutuhkan mobil listrik itu menjadi segera populer. Tapi kalau harganya semahal Hyundai miliaran siapa yang mau beli? Kita butuh yang murah, berkualitas. Harga kalau bisa di bawah Rp300 juta. Iya, itulah faktanya. Itulah kue terbesar di Indonesia. Nah, gua sendiri berharap memang penjualan mobil listrik di Indonesia itu bisa sampai R00.000 lah setahun. Itu di angka yang sangat sustainable untuk negara kita. Bisa bilang, "Oh, negara kita udah converten mobil listrik." Dan ini sangat membantu devisa negara karena negara jadi tidak usah lagi impor bensin, impor minyak dari luar negeri yang kita bayar pakai dolar. Padahal lu tahu juga rupiah makin lama makin melemah. So, kalau seandainya makin banyak orang yang sadar itu dan beralih ke mobil listrik, tentu saja logikanya berarti kebutuhan kita untuk impor minyak dalam dolar dan menggadaikan rupiah itu akan berkurang drastis. Makanya gua sangat senang kalau makin banyak orang yang pakai mobil listrik karena lu harus stop memperkaya raja-raja Arab itu yang main itu. Buat apa lu perkaya mereka? Mereka udah begitu kaya hobinya sana sini sana sini. Lu mau tambah lagi duitnya pakai lu? Jangan. Kalau lu beli mobil listrik, yang lu perkaya adalah pengusaha lokal, rakyat lu sendiri. Kenapa? Karena kalau pakai mobil listrik, bahan bakunya itu dari batuara. Tambangnya ada di Sumatera, ada di Kalimantan. Mempekerjakan warga lokal. Dibanding lu kirim duitnya ke Timur Tengah, nanti duit lu dipakah selesai. Enggak masuk akal. jauh lebih waras dan manusiawi buat lu beli mobil listrik. Makanya gua sangat senang ketika kemudian datang investor asing BYD buka pabrik di sini, gua yakin wah bakal makin tinggi nih penjualan mobil di Indonesia. Which is a good news khususnya di mobil listrik karena itu artinya lu membela rupiah, lu cinta tanah air. Tapi itu bukan artinya juga gua tidak kecewa ya dengan keluarnya investasi LG ya. karena suka enggak suka duit 100 triliun itu ya cukup banyak lah dan gua rasa itu berpengaruh bisa menciptakan ribuan tenaga kerja khususnya untuk orang Jawa Barat yang hari ini banyak banget yang nganggur dan kalau lu telusuri lagi ya LG itu sebetulnya udah ada niatan buat bikin baterai di Indonesia dari tahun 2020 tetapi mereka tunda-tunda terus keputusan investasinya ground breaking aja ya menurut Dirjen Minerba di Kementerian SDM si Pak Triwinarno itu dia bilang sebetulnya ya memang ground breaking aja dari LG ini udah enggak jadi-jadi kapan sih persen pabriknya enggak pernah tepat waktu mereka nih. Jadi udah lewat berapa tahun mereka enggak pernah lakukan peresmian pabrik dia itu. So, malah sebetulnya dari sudut pandang pemerintah, lu serius apa enggak sih invest di Indonesia? Kalau enggak cabut aja deh loh. Keluar aja deh lu. Bansi banyak orang lain yang mau invest Indonesia. Contohnya WO. Hayo itu adalah perusahaan teknologi baterai ya. Dia bermain di bidang material bahan baku baterai yang berbasis litium ion. dan mereka adalah salah satu perusahaan yang paling canggih detik ini dalam bahan baku supply chain, bahan-bahan pembuatan baterai. Jadi jangan khawatirlah memang ada banyak investor asing juga yang mau masuk menggantikan posisinya LG itu. Tetapi teman-teman, lu tahu enggak kabar ini kira-kira bakal jadi kabar buruk atau kabar baik nih buat investasi di Indonesia? Karena gua baru pulang nih dari Bangka Belitung dan di situ banyak pengusaha-pengusaha yang jualan tima ya sampai ke wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah khususnya untuk pabrik-pabrik yang rencananya bakal jadi pabrik baterai ini. Mereka sendiri sudah mulai ketar-ketir ketakutan. Kenapa? Karena pembelian timah mereka diprediksi pun akan makin sedikit kalau seandainya tidak ditemukan pengganti buyer besar yang namanya LG. Ini ingat loh, ini bisnis triliunan. Makanya banyak orang yang sekarang lagi ketakutan nih Bangka Belitung karena penghasilan mereka akan berkurang drastis mungkin. Bahkan sudah berkurang drastis karena ya timah mereka enggak bisa lagi mau dijual ke mana kalau pabrik baterainya tutup terus mau jual ke mana tukang solder. Ya itulah realitanya. Terus yang jadi pertanyaan gimana ya reaksi tanggapannya Papa Rabu? Nanti teman-teman bisa lihat di layar kaca soal LG langkam Pak eh perusahaan LG dari Indonesia. Kira-kira mungkin dari perusahaan lain atau dari negara lain kerja samanya ya pasti ada. tenang aja ya. Indonesia besar, Indonesia kuat ya. Indonesia cerah, Indonesia cerah. Itu Presiden Prabowo itu tetap yakin ya bahwa kerja sama dengan perusahaan lain terkait pengembangan baterai, kendaraan listrik itu pasti ada. Karena ya negara Indonesia ini negara besar, negara kuat, yang masa depannya cerah. Artinya pasti ada penggantinya LG ya. Tadi gua sudah kasih bocoran. kemungkinan besar akan masuk diganti dengan WO dari China. Tapi bukan artinya negara kita harus santai-santai nih, Guys. Karena jujur aja ada begitu banyak PR yang harus kita perbaikin kalau Indonesia mau menjadi pusat ibu kota dunia dalam hal produksi baterai mobil listrik. Jangan bikin komentar-komentar yang ngasal. Nah, makanya jadi seru nih, Guys. Kenapa kemudian yang kasih komentar itu Hasyim Joyo Hadi Kusumo? ya. Padahal beliau kan bukan menteri ya di republik ini ya, bukan menteri SDM, bukan menteri perindustrian, tetapi yang malah kasih komentar tentang batalnya investasi LG senilai 130 triliun ini malah Hasyim loh. Apa yang jadi pertanyaan ini? Terus kenapa komentarnya juga ketika investasi LG batal invest di Indonesia? Jawabannya ya kita serahkan ke Tuhanlah kata beliau. Ya bagus juga sih tetap religius tapi tetap menurut gua Indonesia itu enggak boleh tenang-tenang aja bukan artinya kita serahkan ke Tuhan pasrah. Enggak. tetap harus gerak cepat. Lihat kenapa negara kita semakin tidak seksi, semakin tidak kompetitif di mata investor asing. Walaupun tadi gua udah kasih bocoran ya, ada investor asing yang bakal masuk jadi penggantinya LGC Huayo. Bukan artinya kita harus santai-santai aja dan berpasrah. Enggak. Ini malah jadi peluang nih buat pemerintah untuk segera membersihkan. Tadi ya gua kan sudah bilang ada begitu banyak hal yang tidak efisien di republik ini. Udah soal ormasnya lah, premanismenya lah, soal sampahnya, soal lingkungan, soal perizinan yang berbelit-belit. birokrasinya begitu banyak itu kan sebetulnya harus segera dirapikan, Guys. Udah bukan zamannya lagi. Lu mau buka usaha di Indonesia malah kena palak, mau ciptakan lapangan kerja di Indonesia malah dikadalin sama PNS-nya, dirampok sama pejabat-pejabatnya di daerah maupun di pusat. Gua rasa udah berubah lah zaman. Kenapa lagi lu masih punya mentalitas feodal begitu? Udah bagus ada orang yang mau invest di Indonesia loh. Eh, malah diinjak, dirampok, ditekan sana sini. Menurut gua ya udahlah enggak begitulah. Malah ini adalah momen nih buat kita Indonesia untuk bikin kondisi situasi investasi yang kondusif. Peraturan disederhanakan, deregulasi dimudahkan, perpajakan dibantu, lu bingung tanya dikasih konsultan pajaknya. Jadi enggak ribet sebetulnya. Tetapi ya sayang kalau masih mentalitasnya itu ngerjain. Investor asing disuruh masuk, disuruh invest. Apa yang terjadi? Digebukin bareng-bareng, dirampok bareng-bareng, diperas bareng-bareng. Udah lewatlah eranya. Bagus sih percaya sama Tuhan ya baguslah. Tapi jangan berserah, jangan pasrah. Kita harus bisa gunakan momen ini sebaik-baiknya nih untuk mulai membangun negara kita. Nation building. Bukan lagi bangun bisnis keluarga sendiri atau bukan lagi memperkaya kroni sendiri, tapi udah memikirkan bagaimana membangun bangsa. Jadi mentalitasnya nation building. Ya, inilah saatnya sih menurut gua nih. Kita harus kawal bareng-bareng. Kamu setuju enggak kalau Benix dukung Kang Dedi Mulyadi ya untuk membantai ya memberantas aksi premanisme tukang palak yang menakut-nakuti pengusaha dan investor yang ada di Indonesia. Kalian setuju enggak sih itu sebaiknya segera diberantas dilawan, masa sampai level gubernur aja sampai minta maaf. Untuk seluruh masyarakat Jawa Barat, saya menyampaikan e permohonan maaf apabila saya setiap hari membuat kegaduhan dengan berbagai langkah dan kebijakan yang tentunya banyak yang tidak menyukainya. Sedih banget negara kita kalah sama preman. Sedih enggak sih? By the way, gimana nih menurut kalian nih? Lu setuju enggak sih dengan kebijakan yang diambil Kang Dedi Mulyadi? Dan yang lebih penting lagi di sini kita mau bahas. Menurut kalian alasan sebetulnya ya kok bahasanya LG ini pelintut-plelintut ya? Kayak sekesan-kesannya ada sesuatu yang dia tutup-tutupin nih alasan sebenarnya. Menurut lu alasan sebenarnya LG kabur dari Indonesia itu apa sih? Kenapa dia membatalkan investasi senilai ratusan triliun itu? Dan yang paling penting, Guys, tindakan apa nih yang bisa diambil oleh pemerintah, ya supaya kejadian LG ini enggak terulang lagi. Apalagi dalam utamanya agenda pemerintah melawan para premanisme ini. Menurut tindakan apa yang bisa diambil pemerintah untuk mengatasi hal seperti ini? Ya, apakah udah saatnya nih pemerintah maju seperti deng shopping lawan tembak di tempat? Setuju enggak loh kalau Indonesia seperti itu? Ayo, Guys, segera kirim komentarmu di kolom di bawah ini. Semoga video ini bermanfaat. Ditunggu. Salam sehat, salam cuan. Jangan lupa subscribe ya. sekarang juga. Bye bye. [Musik]
Resume
Categories