Transcript
zB19PpgFqnQ • JIKA DOLLAR MELEMAH !! APA UNTUNGNYA BAGI INDONESIA ?? #AMA57
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/Bennix/.shards/text-0001.zst#text/0281_zB19PpgFqnQ.txt
Kind: captions
Language: id
[Musik]
Halo selamat pagi guys Kembali lagi
bersama benix di serial ask me anything
yang ke-57 thank you banget nih buat
pertanyaan-pertanyaan kalian yang luar
biasa oke banget and keren-keren bahkan
pertanyaannya Ya bisa dibilang out of
the box so teman-teman thank you buat
pertanyaannya sekarang langsung aja
tanpa kita tunggu lebih lama lagi jangan
diskip videonya Let's Check This Out ke
seral lama yang
[Musik]
ke57 pertanyaan pertama dari Johan
Hendrik 3073 Pak ini saya serius
bertanya nih saya investasi SDM
menyekolahkan anak saya sebesar 50% dari
pendapatan saya
Bagaimana pendapat Bapak Terima kasih
Oke ini pertanyaannya bagus banget Jadi
maksudnya Ya pendapatan kamu 50% habis
untuk anak kamu ini investasi lahir ke
atas kenapa gua bilang ini bagus karena
ya gua lihat sendiri banyak di keluarga
gua pribadi dan orang-orang yang gua
kenal khususnya ya gua lihat kalau
terutama ya orang batak ya Orang batak
itu senang banget investasi di
sekolahnya Bahkan dia akan lakukan
segala cara supaya anaknya tambah pintar
dapat sekolah yang bagus ya dapat minum
susu mereka rela kerja banting tulang
mau jadi supir angkot kek atau jualan
MLM kek atau jualan batik kek supaya
anaknya bisa minum susu bahkan ibunya
sendiri rela tidak makan tidak makan
siang tidak makan malam demi supaya dia
bisa beli susu yang berkualitas tinggi
untuk anaknya itu segitunya orang Batak
soal pendidikan dan gua setuju enggak
dengan itu gua setuju karena gua salah
satu contohnya jadi ee gua bukan lahir
dari keluarga yang kaya raya konglomerat
enggak bahkan bisa dibilang ya Ee
awal-awal ketika gua masih SD aja itu
cukup struggling Kenapa karena ya
penghasilan orang tua gua sendiri itu
Enggak seberapa karena sempat dalam
beberapa fase dalam hidup kita itu gua
itu hidup sebagai vegetarian Gua aja
baru tahu belakangan tahunya dari kakak
gua Ben dulu itu kita sempat jadi
vegetarian tahu pas masih SD atau apa
karena duitnya harus disisihkan untuk
beli susu dan nyokap gua juga termasuk
salah seorang yang enggak makan daging
selama berapa tahun karena duitnya dia
mau simpan untuk beli susu jadi itu
investasi buat dia buat anaknya dia
supaya anaknya bisa sekolah di sekolah
swasta yang paling bagus yang namanya
sekolah swasta kan mahal ya beda sama
Sekolah Negeri jadi itu investasi yang
dilakukan dan itu gua lihat banyak juga
orang lakukan hal yang sama Mereka
bertahan hidup supaya ya bisa kasih
pendidikan yang berkualitas untuk
anaknya Jadi kalau ditanya gua setuju
atau enggak menurut gua investasi leher
ke atas investasi pendidikan ya ituu hal
yang sangat-sangat baik kenapa karena ya
dari orang-orang yang gua lihat ya
kenalan gua
ee Ada yang orang tuanya sedemikian
hardcore tambal ban gua masih ingat
tambalban anaknya sekarang jadi duta
besar di salah satu negara di Eropa dia
itu anak tukang tambal ban dan gua kenal
fakta ada lagi yang jadi kerja sekarang
udah di Kementerian mungkin UD eslon 2
eslon 2 atau eson 1 sama juga karena
orang tuanya investasi di pendidikan
orang tuanya investasi di leher ke atas
nah banyak orang-orang konsumtif ya di
Indonesia ini yang penting asal gaya
ganti mobil baru handphone baru beli
baju baru tiap tahun Enggak orang-orang
ini enggak lakukan itu bahkan gua ketika
gua SD ya kan sangat hemat ya gua itu
pakai baju bekas dari kakak gua terus
adik gua nanti pakai baju bekas dari gua
begitu seterusnya mulai dari baju celana
seragam sekolah topi tas buku makanya
gua sebel banget kalau ganti-ganti
kurikulum kurikulum 94 kurikulum 96
kurikulum 9 itu artinya Lu harus beli
buku baru kita enggak ada duit dulu bro
makanya walaupun udah ganti kurikulum
buku gua engak pernah ganti kurikulum
karena ya susah sulit gitu loh sepatu
aja pinjam-pinjaman jadi itu yang
kenyataan yang kita lalui Supaya apa ya
supaya tetap bisa dapat sekolah yang
bagus bisa dapat minum susu yang bagus
supaya otaknya berkembang dengan baik
gitu loh jadi ya harus berkorban nah
Banyak orang enggak lakukan itu karena
gua lihat banyak orang yang habisnya
duit buat tadi gonta ganti mobil gonta
ganti kendaraan bahkan ada seseorang
tetangga gua zaman dulu punya mobil
sampai enam mulai dari Day hatsuf zaman
dulu kan udah hebat dia punya punya dayf
punya eh Pajero yang zaman dulu banget
terus di era itu orang masih pakai
Panter l cruuser juga masih jadul tapi
dia ah punya sampai enam mobil gitu loh
sekarang apa yang terjadi dengan orang
itu dengan anak-anaknya orus ya enggak
jadi apa-apa ada yang jadi anaknya dua
cewek ya satu kerja di tempat
biliar ya satu jadi pelakor gitu loh Itu
tangga dan itu true story Jadi kenapa
begitu ya karena ya orang tuanya
mengajarkan bahwa bahkan mungkin enggak
mengajarkan bahwa ya hidup itu bukan
seperti apa yang terjadi selama ini dia
Mungkin pas masih muda eh sangat cantik
Bupati mana pun enggak ada yang enggak
tergoda dengan keindahan wajahnya atau
tubuhnya dia gampang cari duit dia kasih
tu ke anak-anaknya kemudahan itu
anak-anaknya jadi manja jadi lembek
enggak bisa bikin apa-apa enggak jadi
apa-apa tapi beda dengan orang-orang
yang gua lihat memang investasi serius
ya sama anaknya dia Didik anaknya dia
luangkan waktu untuk anaknya dia
berusaha kasih yang terbaik buat anaknya
dan dia korbankan dirinya sendiri bahkan
rela enggak makan gua lihat banyak
orang-orang Batak ya yang Walaupun
profesinya mungkin Maaf ya kayak tukang
gojek tukang tambalban dan la sebagainya
tapi mereka berhasil memperbaiki
hidupnya di keturunan kedua atau
keturunan ketiga karena dia tahu
investasi terbaik adalah investasi layar
ke atas Makanya jangan kaget di era-era
60-an 70-an banyak guru profesi guru itu
adalah orang Batak bak banyak orang
Batak jadi kepala sekolah banyak orang
Batak bergerak di bidang pendidikan
karena ya mereka sadar itu begitu
penting termasuk ya nyokap gua rela
lakukan apa saja asal anaknya tidak
sekolah di negeri Nah kalau lu bilang Lu
mau taruh 50% sampai atset lu ke sana
Apakah itu yang baik gua bilang itu baik
karena investasi otak investasi layar ke
atas itu salah satu investasi yang bagus
karena kalau lu beli emas emas lu bisa
hilang dicuri orang lama-lama juga bisa
hangus berkarat lu taruh beli duit taruh
di bantal juga bakal hilang lu beli
tanah apa jaminannya enggak longsor
enggak hilang kena meteor itu semua
masih ada posibilitas lah tapi kalau lu
investasi layar ke atas siapa yang bisa
curi dia akan stay dengan lu dia akan
stay dengan anak lu lu investasi lu
didik anak lu sebaik mungkin itu akan
Stay di sana enggak ada yang bisa copy
paste itu enggak ada yang bisa curi dari
anak lu investasinya bahkan akan terus
bertambah dan bertambah bertambah
Seiring berjalannya waktu anak kamu
tambah pintar tanah
berpengetahuan ya syukur-syukur ya bisa
mendapatkan pekerjaan yang lebih baik
atau bisa menghasilkan ya karya-karya
yang lebih baik jadi itu hal yang sangat
baik dan gua sangat dukung nah satu hal
yang gua mau sedikit kasih masukan ada
beberapa orang yang sampai berlebihan
ini gu juga gua kasih contoh di orang
Batak yang sedemikian pengin anaknya
sukses sampai dia hancur-hancuran
ngutang sana sini supaya anaknya bisa
sekolah SD di sekolah internasional yang
uang sekolahnya R r00 juta
setahun menurut gua itu tidak bijak
Kenapa gue tanya Karena pas gua dia
bilang ya karena gua pengin anak gua
dapat dapat Network yang baik koneksi
yang baik guru yang baik segala macam
Oke tapi apakah r00 juta 300 juta Apakah
itu hal yang baik Iya kalau lu punya
duit sampai 30 miliar sampai 100 miliar
itu nothing tapi kalau di lu mepet lu
sampai harus ngutang buat bayar uang
sekolah anak lu demi bayar uang sekolah
rp00 juta setahun di sekolah
internasional itu menurut gua itu enggak
bijak Kenapa karena kalau Lu cuma
masalah soal cari koneksi atau cari
pengetahuan dengan uang sebanyak itu
akan jauh lebih bijak dengan uang lu
yang terbatas itu
Ya udah dia sekolahnya di sekolah yang
Okelah yang enggak usah terlalu
internasional kelas atas super premium
enggak yang biasa-biasa aja L tapi yang
penting cukup baik lebih baik nanti
investasinya lu taruh ketika dia udah
kuliah masukinlah dia s1-nya di luar
negeri udah pasti standar internasional
bukan lu Iya sekolah internasional tu
sekolahnya di mana di Jakarta ya Sama
aja ala-ala internasional Maksud lu so
kalau uang lu terbatas dan lu mepet
enggak bijak juga lu ngutang sama kayak
orang itu kenalan gua sampai bayar Rp300
juta r00 juta buat sekolahin anaknya
barsi SD tapi kalau lu Punya duitnya ya
enggak apa-apa tapi lebih bagus lagi
duit r00 juta lu pakai buat sekolahin
dia S1 di Amerika S1 di Belanda S1 di
Inggris That's Ok atau s2 kenapa Karena
di sana dia juga mature ada beberapa
orang Lakukan kesalahan ya anaknya masih
SMP SMA dikirim keluar negeri jadi gila
kena narkoba l salah pergaulan lah
karena dia masih syok Mas masih labil
masih ABG idealnya umur berapa ya
Menurut gua idealnya ya dia ambil S1
paling hebat lagi S2 karena S1 juga
masih banyak alay-alai zaman sekarang
gen kan tolol-tolol semua alay masuk ke
sana S1 di luar gak jadi apa-apa jadi
tempe bacem gua lihat semua bego S2 dia
udah mature S1 Biarin aja di lokal
masukin Universitas lokal yang bagus
nanti S2 dia udah mature dia masuk ke
sana ke luar negeri ya dia jauh lebih
siap dalam bersikap dalam sosialisasi
dalam ya berhubunganlah dengan koleganya
di sana itu yang gua lihat dan rasakan
nah Hopefully itu bisa jadi pelajaran
buat lu juga Ketika nanti lu mau
investasi ke pendidikan anak lu kenapa
menurut gua investasi di SD sampai duit
keluar miliaran atau ratusan juta itu
sayang karena SD Bro lu mau SD di
Liverpool Lu mau sd-nya di Kebon Jeruk
namanya SD lu belajar 2 * 2 = 4 SD lu di
Afghanistan juga 2 * 2 = 4 enggak 2 * 2
ama 2 ribu kan enggak ilmunya sama apa
yang mau dia pelajarin di situ sama rugi
loh basically the same Jadi kalau lu
bilang ya supaya anak gua tambah pintar
gua masukin di SD di internasional
harganya r00 juta enggak ada bedanya mau
smpnya R miliar jug Enggak ada bedanya
tapi kalau lu Bicara soal pendidikan
tinggi lu ambil S1 di luar negeri gua
setuju S2 di luar negeri gua sangat
setuju kenapa
ya beda kualitasnya dengan di dalam
negeri beda sangat beda beda kualitasnya
beda networknya beda opportunity-nya
jadi gua sangat-sangat mendukung kalau
lu investasi untuk pendidikan tinggi
tapi kalau lu investasi biaya tinggi
untuk pendidikan SD SMP percuma menurut
gua Kenapa karena Sampai detik ini gua
udah pernah kerja di begitu banyak
perusahaan lokal dan luar negeri enggak
ada yang pernah nanya Ben nilai rapot lu
pas SD berapa enggak ada bro Ben lu pas
SMP ranking berapa Enggak ada enggak
penting jadi alangkah tololnya menurut
gua apalagi orang yang sampai ngutang
buat sekolahinnya di SD internasional
ujung-ujungnya internasionalnya di mana
di Jakarta internasional di man di band
itu bukan internasional BR itu lokal
tarikan Kampung namanya itu sekolah
lokal karena lu masih di Jakarta ada
gunanya enggak ya maybe sat du But
that's it sepanjang umur gua hidup gak
ada orang peran B lu kelas 3 di mana
kelas 4 SD Sekolah di mana nilainya
berapa gak
penting ya jangan lu terjebak itu semua
enggak kalau lu mau bikin the right
investment for your Child kalau apalagi
kalau dia lu terbatas lakukan itu untuk
pendidikan S2 dia tapi kalau lu ada
sedikit berkelebihan masukin itu buat
s1-nya tapi kalau lebih dari itu menurut
gua Oh itu ekpensif lah enggak worth it
enggak worth it kecuali memang lu
sangat-sangat berkelimpahan ya Enggak
apa-apa sasah aja lu mau bayar R miliar
uang sekolah kelas 5 SD juga enggak ada
masalah tapi B most the people I think
they don't have that kind of money So I
think jauh lebih bagus lu investasi
untuk pendidikan tingginya Terus SD SMP
sma-nya Sekolah jelek aja ya enggak
tetap sekolah yang proper lah sekolah
yang masuk akal juga bukan yang hobinya
tawuran sana sini enggak tetap yang
proper tapi enggak usah berlebihan
sampai uang sekolahnya ratusan juta
bahkan miliaran setahun cuma buat
sekolah SD SMP SMA enggak enggakak
enggak begitu enggak ada ceritanya
Belanda jadi lebih kaya daripada
Indonesia karena sd-nya bayar 2 miliar
enggak ada gua engak pernah lihat sampai
detik ini ada orang SD dulu gue lama di
Belanda SD enggak ada orang bayar SD
sampai 2 miliar ya SD sampai 300 juta
setahun enggak ada tapi hasilnya apa
orang-orang yang pintar tuh Jadi
janganlah lu lakukan hal-hal yang
menurut gua berlebihan So that's a very
good question Thank you sudah tanya
Thank you for asking so buat gua sangat
penting buat investasi di bidang
pendidikan gua sudah lihat begitu banyak
sukses Story dari orang-orang yang
investasi di pendidikan anaknya tadi ya
ada yang jadi duta besar ada yang
sekarang di Kementerian sampai eslon 1
eslon 2 yang sekarang jadi
pejabat-pejabat direktur di
perusahaan-perusahaan luar negeri dan
perusahaan dalam negeri karena apa
karena orang tuanya berani berinvestasi
untuk masa depan Anaknya ya Hopefully ya
di hari tuanya ya mereka digantilah ya
diurus oleh orang anaknya sendiri ya
Enggak banyak sih Gua rasa sih Enggak
semua orang tua juga dan mayoritas orang
tu juga enggak berharap Kok kembali tapi
dia pasti sudah senang lihat anaknya
hidup lebih baik daripada dia
jadi it's a very good and Sound
investment If you can do it just do it
invest In Your child education daripada
duitnya beli iPhone mahal-mahal iPhone
16 buat anak lu gak kepakai gak ngerti
dia Bocil beliin dia Sony PlayStation 5
si baju baru sepatu baru itu semua
sampah nothing enggak berguna kasih dia
investasi layir ke atas gua sangat
setuju so Pertanyaan bagus tuh keren
next Pertanyaan selanjutnya dari yogi
Om Ben Bagaimanakah posisi ekonomi
Indonesia Apabila dolar benar-benar
jatuh nantinya ya kalau nilai dolar itu
betul-betul jatuh itu kabar baik buat
Indonesia Kenapa pertama Indonesia itu
ngutang bayarnya bukan pakai bulu ketek
bukan pakai cendol bukan pakai Rupiah
Indonesia ngutang ke negara-negara Eropa
ke negara-negara barat Ke negara Amerika
Serikat Bayarnya pakai dolar Nah kalau
sekarang 1lar r.000 tiba-tiba 1 dolar
turun jadi 1000 perak Indonesia Happy
enggak ya pasti Happy karena dia bayar
hutangnya jadi jauh lebih murah Jadi lu
bayangin kalau dulu 1 dolar seharga satu
bungkus mikwetio tiba-tiba Lu harus
bayar hutang lu di mana 1 dolar setara
satu permen Kopiko dari Mayora lu Happy
Enggak pasti lu sangat happy karena
hutang lu jadi jauh lebih offordble
bunganya jadi lebih kecil karena
bunganya jadi juga dalam dolar Ath so
kalau ditanya Apakah dolar melemah itu
kabar baik Iya itu kabar baik jelas kita
negara yang hobinya ngutang Nah yang
kedua Selain hobi ngutang ingat ya
negara Indonesia hobi impor kita hobi
impor impor mobil impor handphone impor
laptop impor baju impor tas jangankan
impor laptop makanan aja lu impor tuh
tempe tahu daging itu lu semua impor
barang ih susu aja kemarin kita bilang
hampir 90% susu kita itu impor jadi kita
impor pakai apa bayarnya bukan pakai
rupe kita bukan pakai rubel bukan pakai
Dinar kita impor barang pakai US Dollar
sekali lagi gua kasih tahu hal yang
sama-sama lu kalau dolar makin murah
Artinya kita impor itu makin murah jadi
harga barang-barang impor favorit lu
daging favorit lu susu favorit lu jadi
makin murah logis enggak Lu Happy enggak
ya Lu pasti happy dong nah yang paling
tragis adalah Indonesia hobi banget
impor barang untuk dibakar gila memang
gila orang Indonesia ini impor apa impor
minyak nilainya ribuan triliun dia bawa
dari Timur Tengah sampai Indonesia
dibakar kan goblok tapi itu yang terjadi
di Indonesia hobinya Apa bakar duit Nah
kalau seandainya hobi itu kita lanjutkan
sampai 100 tahun ke depan sudahah
pastilah negara Indonesia tambah miskin
ya tapi kalau nilai dolar makin lama
makin melemah ya artinya apa ya kita
beli minyak jadi makin murah
pertanyaannya Apakah itu ak akan terjadi
atau tidak eh will see but all in all
Apakah kita diuntungkan kita sangat
diuntungkan karena ingat kita negara
yang hobinya ngutang ngutangnya pakai
dolar dan yang kedua kita hobinya impor
impornya juga pakai dolar jadi sangat
simpel buat bilang bahwa Indonesia
sangat diuntungkan kalau seandainya ya
nilai dolar itu terus melemah tapi ada
ruginya enggak ada ketika kita ekspor lu
jangan lupa ya mata pencaharian rakyat
Indonesia secara bangsa penghasilan kita
dari mana sih negara ini ya dari pajak
lu udah jelas e selain dari dulu bayar
pajak dari mana dari ekspor kita punya
ekspor loh Ekspor kita paling besar apa
bukan handphone bukan sepatu Ekspor kita
paling besar adalah minyak sawit dan
yang kedua batu bara oke nah ketika lu
ekspor minyak sawit dan batu bara
penghasilannya dicatat dalam US Dollar
juga artinya kalau US Dollar makin
sedikit penghasilan negara dari sana Baa
hasil ekspor itu itu juga makin
berkurang penghasilan
pengusaha-pengusaha sawit di Indonesia
pengusaha barang tambang mineral di
Indonesia juga berkurang jadi selalu ada
untung dan ruginya ketika mata uang itu
menguat ataupun melemah semoga Cukup
jelas
next Halo guys benix investor Summit
2024 akan kembali datang nih guys
sekarang acaranya diadakan di Bali di
Sofitel di tanggal 30 November dan 1
Desember jadi 2 hari berturut-turut hari
Sabtu dan Minggu di akhir bulan November
nah buat teman-teman segera daftar
karena apa kita memberikan diskon 30%
sampai dengan 3 November ini jadi buat
teman-teman yang daftar sebelum tanggal
3 November kamu bisa dapat diskon 30%
ada ekstra disoun l up to 50% untuk
member Big dan alumni SSB dan bis
sebelumnya so inilah yang akan kita
bahas di benix investor Summit 2024
dengan fokus membahas dan mengkaji ya
sektor-sektor yang mempotensial dan
berhubungan dengan programnya Pak
Probowo ada satu lagi bonus berhubungan
dengan ekonomi hijau nilainya juga
enggak main-main karena Indonesia di
belakang layar sudah menerima duit
triliunan dari institusi Bank Dunia
institusi ASEAN Development Bank dan
institusi-institusi financial
internasional lainnya dan ini akan
membawa ya begitu banyak investmen yang
berhubungan dengan energi hijau so buat
teman-teman tunggu apa lagi yuk segera
daftar di benx investor Summit 2024
Sampai ketemu di sana ingat ya
pesertanya dibatasi hanya 50 orang saja
dan ini ya testimoni dari peserta bis
yang tahuntahun lalu Pak benik ini ada
view baru buat saya untuk melihat suatu
saham itu seperti apa Nah dari itu saya
berminat sekali untuk menjadi real
investor yang selama ini kadang-kadang
investor kecelakaan you know kan
nyangkut saya jadi tahu Kenapa saya
harus ngikutin Seminar ini karena kalau
dari YouTube eh dia hanya
sebenggal-senggal tapi kalau ngikutin
ini kita lebih dalam lagi kita ee tahu
saham apa yang kita pck eh setelah gue
ikut eh benic Summit 2023 gua puas
banget apalagi di sesi terakhir itu
detail banget penjelasannya dari segi
laporan keuangan alasannya momentumnya
semua ada clear jadi buat teman-teman
yang belum ikut gua sarahin ikut si next
time sih karena ini benar-benar membantu
banget buat teman-teman multibagger Oke
selama di sini mendapatkan banyak
pencerahan biasanya saya dimainin sama
ya Insyaallah Habis ini saya mainin
saham I kan bedanya sama YouTube
e di sini kita bisa dengan bebas tanya
Pak benik Pak Beni tanpa mungkin ada
halangan ada sensor ya jauh lebih
enaklah daripada di YouTube kita juga
nulis komen belum tentu dibalas iya kan
Ya itu untuk perasaan saya sendiri
mengikuti
e Seminar ini saya sangat puas semoga
seminar ini diadakan mungkin setahun
empat kali saya juga rela so buruan
segera daftarkan dirimu di nomor yang di
bawah ini sampai ketemu di
Bali Pertanyaan selanjutnya dari Alvian
Hida Bang bahas dong seberapa kuat sih
Yuan daripada dolar Apakah Yuan akan
menjadi the next Global currency Oke
pertanyaanmu menarik nih seberapa kuat
Yuan dibanding Amerika Serikat kalau
dari secara nilai Ya udah pasti lebih
kuat US Dollar lah ke mana-mana tapi
jangan salah beda beda negara beda
strategi beda negara beda cara main
Indonesia Senang banget kalau Dolar itu
melemah ingat ya Indonesia negara hobi
impor hobinya dibodoh-bodohin negara
lain Indonesia hobinya ngutangngutangnya
pun pakai dolar Cina itu beda dengan
Indonesia Cina itu lebih senang dolar
itu menguat Ian itu melemah Kenapa
karena Cina tidak hobi impor Cina
hobinya ekspor Nah kalau sebuah negara
punya hobi ekspor dia pasti senang kalau
seandainya mata uangnya melemah Kenapa
jadi kalau mata uangnya Iwan China itu
semakin melemah artinya barang-barang
Cina itu semakin murah untuk dibeli oleh
rakyat Jerman semakin murah untuk dibeli
oleh rakyat di Kanada rakyat di Amerika
Serikat makanya Cina itu melakukan
segala cara untuk merekayasa mata
uangnya supaya terus melemah dan tetap
lemah apalagi terhadap US Dollar Makanya
teman-teman jangan kaget kalau lu ke
Amerika lu pergi ke indomaretnya di
Amerika itu ada Costco ada Walmart lu
lihat Lur tutup mata ambil barang situ
isinya apa barang-barang made in China
sebegitunya Cina itu sangat ngeri kalau
mata uangnya menguat Jadi kalau ditanya
Apakah Cina itu mata uangnya lebih kuat
dari Amerika gimana caranya biar dia
bisa menang segala macam enggak salah
Cina senangnya mata uang dia lemah
karena dia senangnya ekspor Indonesia
senangnya impor makanya kita dicuci otak
sama media bahwa Oh rupiah menguat itu
kabar baik Oh rupiah itu menguat kabar
baik biar lu tetap jadi budak hobinya
beli barang impor bikin seolah-olah itu
hal yang baik Kalau rupiah menguat
padahal Artinya kita gagal membangun
bisnis berorientasi ekspor atau bisnis
Manufacturing dan lain sebagainya itu
bukti bahwa ya Ya itu salah satu set
story lah dari sebuah negara yang
namanya Indonesia Nah sekarang gimana
strateginya kalau seandainya Yuan pengin
menguatkan pengaruhnya ya bukan nilai
tukar Iwan itu di dunia ini dia harus
mendistribusikan Iwan ke negara-negara
lain maka Maksudnya apa Pak jadi gini
Amerika Serikat kalau ngasih ngutang ke
negara lain kan pakai dolar nah dia
berharap ketika dia ngutangin Ukraina
misalkan 1u triliun dolar Apa yang
dilakukan oleh Ukraina dia bisa beli
senjata dia beli banganan dia beli
hutang apa yang terjadi dengan Ukraina
kemudian ya negaranya makin bagus makin
kuat mungkin profitnya tambah tinggi
perusahaan-perusahaan di sana mereka
jadi kebanjiran US Dollar pertanyaannya
terus us dollarnya mau dipakai buat apa
apa bisa di US Dollar di ukraine buat
beli ketoprak di pinggir J
[Tepuk tangan]
enggak ada apa bisa lu di Indonesia beli
mikwatia bayar uang Dolar enggak mau
orang terima lu pergi ke S City bayar
pakai dolar orang enggak mau terima so
itu pulan yang terjadi di Ukraina di
Afrika Selatan di Jerman Terus kalau
gitu Buat apa kita terima dolar sebanyak
ini Ya udah kita tabung aja tabungnya di
mana Di bank Amerika Serikat tabungnya
di mana di wall street di perusahaan
goldman sex di Mary lynch di GP Morgan
akibatnya apa nilai aset di Amerika
Serikat terus-menerus naik Bursa efek di
Amerika Serikat terusmenerus naik terus
apa lagi orang beli apa lagi ke Cina tuh
banyak banget tuh terima dolar kan beli
apa Duitnya beli properti di Amerika
Serikat makanya nilai aset di Amerika
Serikat terus menerus naik so itu
strategi Amerika Serikat dengan dia
mendistribusikan masif dolar ini
peredaran jadi banyak k narkoba ya mau
enggak mau mereka jadi terus-menerus
bergantung kepada dolar Amerika Serik
karena Cina kurang 100 dalam melakukan
itu seharusnya dia harus push itu lebih
banyak lagi nah mereka sudah bikin
banyak Project sebenarnya untuk
mendistribusikan Yuan ke negara-negara
lain caranya apa dia bikin Project obor
yang kemarin one belt One Road ya
sekarang jadi Apa inisiatif e Beijing
lah buat apa mereka membangun Afrika
mereka membangun timur tengah mereka
ngasih jembatan mereka ngasih airport
segala macam Biar apa Biar Yan ngalir ke
sana akibatnya apa makin banyak orang
yang memakai Yuan Jadi mereka Jadi
semakin kuat enggak secara nilai tukar
bukan itu gold dia gold dia adalah
Market Share Market Share Yuan di pasar
global itu makin banyak dengan market
share-nya makin luas makin banyak
penggunanya maka pengaruh Cina itu makin
besar targetnya Apa hegemon jadi pemain
besar beda sama perusahaan ya negara itu
pemain terbesar lebih besar dari
perusahaan harus punya mindset mau
menjadi hegemoni caranya gimana
menguasai Market Share terbanyak Jadi
kalau ditanya eh Cina lebih bagus mata
uangnya kecil atau tinggi lebih bagus
rendah dan terus melemah yang kedua dia
harus bisa distribusikan itu secara
masif dengan metode yang scalable Which
is ya kamu akan lihat akan makin banyak
proek-proek infrastruktur dari Cina
untuk Indonesia untuk Vietnam untuk
Thailand dan segala macam itu sebagian
cara dari dia untuk mendistribusikan
Yuan ke negara-negara berkembang untuk
melawan hegemoni US Dollar semoga Cukup
jelas Oke Guys enggak disangka ya
ternyata udah 25 menit nih cuma jawab
berapa pertanyaan dua apa tig ya tapi
anyway pertanyaan kamu bagus banget and
buat teman-teman yang pertanyaan belum
dijawab jangan takut jangan khawatir
kita akan jawab pertanyaan kamu di sesi
ama yang selanjutnya kamu bisa tulis di
YouTube ini atau langsung ke Instagram
benix ya
instagram@benix.official di situ ada
kolom untuk ama kamu Langsung posting
aja di feed kita tentang pertanyaan sama
kamu so tunggu apa lagi guys langsung
masukin pertanyaan kamu yang keren-keren
itu di YouTube benix dan Instagram
benix@benix.official Sampai ketemu ya di
serial ama yang selanjutnya semoga video
ini bermanfaat Salam sehat salam Juan
byee
[Musik]