⛔ GUA KECEWA !! SAMA BURSA EFEK INDONESIA DAN OJK !! TANGGUNG JAWAB LO Segitu AJA ??
VC7X1jY_0vM • 2024-08-29
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id guys Gua kecewa banget sih sama yang satu ini ini berita ini betul-betul mengerikan Khususnya buat teman-teman investor di bursa saham Indonesia Gua benar-benar merasa krisis kepercayaan Kenapa lu tahu kemarin itu Udah baru aja ditangkap oknum-oknum di Bursa Efek Indonesia yang diduga terlibat upaya penyuapan terima suap dan meres orang yang mau Ipo di Bursa Efek ini kan bangsat lu bayangin kita ini sebagai investor capek-capek cari duit kita mempercayakan duit kita kepada Bursa Efek Indonesia buat kita taruh di emiten-emiten yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan harapan apa ya mereka udah lolos tayang lah mereka sudahah diperiksa mereka ah dicek memang perusahaannya Solid bisnisnya Solid mereka Ipo kita invest kan begitu dong wajarnya kan begitu ya tetapi ternyata apa yang terjadi sungguh menyedihkan guys bahwa apa kemudian keluar press rilis nih dari bursa effect yang menyatakan di periode kemarin Bulan kemarin Juli sama Agustus ini mereka baru saja melakukan pemecatan terhadap lima orang karyawan yang diduga terlibat dalam Apa upaya sogokmenyogok perusahaan-perusahan naik Ipo Aduh ini betul-betul enggak masuk akal guys kecewa banget gua asli Gua kecewa banget kok bisa-bisanya ya kok bisa-bisanya lu bayangin ya Kalau seandainya ada ada ada ada film mau tayang di 21 kan harus ada lembaga sensor film kalau ggak layak untuk tonton gak boleh muncul bahaya lah ini gimana ini kita masalahnya kita mau taruh duit kita kita mau invest kita mau beli saham Ternyata kalau perusahaan-perusahaan yang diloloskan itu perusahaan-perusahaan Bangs tidak layak untuk Dipo tapi sengaja dilolosin artinya Ada kemungkinan nih saham yang lalu lagi pegang sekarang belum di Ipo nih dia udah bertindak k al terlibat dalam aksi-aksi sogok-menyogok ini lu bayangin dia belum Tbk aja udah kriminal Apalagi setelah jadi Tbk kelakuannya kayak apa Coba ini kan enggak layak ini enggak masuk akal dan ini enggak bisa diterima kita sebagai investor tuh harus kecewa kita harus protes Kenapa Bursa efek di Indonesia bisa sedemikian parahnya kecolongan kecolongan-kecolongan Ada apa Dan mungkin ini menjawab Ya pertanyaan ya di luar sana lu komen aja di sini yang benar lu merasa pernah jadi korban enggak terhadap saham-saham Ipo yang bodong yang menurut lu parah perurusannya tapi lu terlanjur beli itu coba komen langsung di bawah ini Nah kenapa ya hal-hal seperti ini kok kayaknya dianggap remet-teme kenapa gua bilang ini remetteme ya Karena gini bursah Efek Indonesia memecat lima pegawainya karena menurut mereka terbukti meminta uang dan memeras calon emiten yang mau Ipo atau mau mencatatkan sahamnya di Bursa nah ketika gua baca berita ini kenapa gua kecewa Oke dia pecat karyawannya itu kan urusan tindakan-tindakan indisipliner Jadi diambil keputusan-keputusan untuk mendisiplinkan jadi soal sistem disiplin mendisiplinkan karyawan bursa Indonesia yang bersal dipecat itu urusan internal lu bro enggak ada urusan sama kita yang kita butuhkan apa sebagai orang yang investasi di Bursa effectfek Indonesia kita butuh trust untuk trust kita butuh ada transparansi Ya transparansilah lu kan menyuruh perusahaan-perusahaan kalau mau Ipo ya mau Tbk harus transparan kan bikin public expos lu mau beli mesin baru bikin public expos kasih tahu sama market kasih tahu sama publik bikin press conference semua harus terbuka terhadap corporate action apa tindakan-tindakan perusahaan selanjutnya Bagaimana penggunaan dana Ipo itu di pakai sebagaimana mesih kan semua harus transparan di Bursa evek Indonesia transparan gua ulangin urusan kita adalah sekarang di mana transparansinya Kenapa Sampai detik ini orang yang sudah dipecat tuh kata si bursa Sampai detik ini lu enggak tahu yang dipecat ini namanya siapa itu pertama yang kedua masuk penjara Enggak ini barang Heh jangan salah lu investasi bodong dimasukin lu penjara ini duit orang gara-gara Ipo bodong perusahaan Enggak jelas sogok menyogok kok enggak ada yang masuk penjara Tolong dong polisi kabar bar esm diperiksa ini Satu organisasi ini Bursa Efek Indonesia ini diperiksa dari atas sampai bawah gimana sih manajemennya ada jutaan orang yang taruh dana di Bursa effect Indonesia Nah transparansi yang gua kecewa sehingga akhirnya gua bilang begini ya kenapa ya kita ini berhak tahu lu kan sudah tangkap orangnya sebut dong nama perusahannya apa Masa kita enggak berhak tahu masa kita enggak dikasih tahu lu Nuru perusahaan-perusahaan Tbk buat terbuka namanya juga Tbk lah pengelola bursa efeknya sendiri enggak terbuka enggak transparan kasih tahu siapa perusahaan yang nyogok siapa perusahaan yang ngasih gratifikasi apa perusahaannya Kenapa harus dibuka karena begini yang memeras yang menyogok yang menerima suap itu sama-sama busuk Jadi kalau memang pengelola benar-benar mau membersihkan Bursa Efek kita dari bau busuk ya dua-duanya harus dibersihkan terus gimana dua-duanya mau dibersih kan transparan aja enggak kenapa ini bahaya karena kalau bursa enggak mau transparan transparansi itu adalah salah satu bentuk contoh itikad kejujuran lu mau jujur sama masyarakat sama investor lu buktikan kejujuran lu dengan lu transparan Eh maksud kita jujur ini periksa aja periksa aja ggak ada tipumenipu ini laporan keuangan buka aja jujur itikatnya baik gitu jadi investor juga tidak aja negative thinking investor juga punya trust itu dijaga tapi inih malah kayaknya kesannya kita gak tahu nih apa yang k jadiadi tahu-tahu keluar aja PR rilis Li orang dipecat karena ada sogok-menyogok di saham-saham yang Ipo dan Kenapa kita berhak untuk tahu supaya kita juga bisa mengkalkulasikan guys sebetulnya biaya sogok ini dibebankan kepada siapaep pemilik perusahaanah atau ujung-ujungnya dibebankan kepada emiten lagi kan kan kita berak untuk tahu kalau ini dibebankan kepada emiten lagi ketika dia melakukan emisi saham itu berartinya apa ini biaya-biaya ini akan mengurangi laba perusahaan so kita sebagai calon investor yang selalu dibilang nabung saham yuk nabung saham beli saham Ipo dan lain sebagainya berhak enggak untuk tahu pengeluaran-pengeluaran emiten itu ya berhak dan wajib Tapi kalau ini seperti ini Ini gua melihat ada itikad yang tidak baik kita butuh kejujuran kita butuh transparansi ya Sekali lagi dan yang namanya good corporate governance tata kelola yang baik itu ya salah satu cerminan dari identitas bangsa kita titas bursa kita Apakah kita punya bursa itu integritasnya bagus atau baik ya teman-teman bisa ambil keputusan sendiri dari Bagaimana sikap yang diambil oleh Bursa Efek Indonesia Sampai detik ini kita enggak ada mendapatkan informasi yang jelas dan konkret yang terbuka yang transparan yang bertanggung jawab mengenai siapa Kenapa terjadi aksi sogok-menyogok ini sekali lagi ya ini kita mau bukan mau mendiskreditkan pihak tertut ini karena kita sayang sama pengelolaan bursa kita kita sayang dengan bursa Sam Indonesia kita peduli cuman sekali lagi yang namanya sogok menyogok yang ngasih duit yang Nyuap yang terima suap sama-sama busuk kalau kita mau berusaha kita bagus bersih Apik ya bawa busuk ini ya dua-duanya Ini harus kita hilangkan dan dikasih tahu siapa karena ujung-ujungnya kalau itu ditutup-tutupin orang jadi tidak belief dengan pengelolaannya orang jadi tidak percaya dan lebih parah lagi orang kena tipu investasi bodong di perusahaan bodong kan brengsek ini namanya dan jangan salah ya gua juga ngasih tahu ini berdasarkan pengalaman gua pribadi Makanya teman-teman kalau follower sejati benix pasti sudahah tahu gua selalu bilang apa jangan beli sama Ipo Gua adalah orang yang anti saham Ipo kenapa ya karena gua pernah jadi korban ya Jujur aja perusahaan-perusahaan itu ya zaman dulu ketika gua sama kayak lu kita semua pernah newb yang namanya di Bursa Effect dan kena pancing kena jebakan masuk ke sama IP yang ujung-ujungnya nyungsep di lising hilang dari kolong langit ini kenapa ya karena kita ini rtail-rtail ini adalah makanan renyah buat mereka kita dimakan kita ini dianggap bukan manusia dan menurut gua aksi-aksi itu harus dihentikan karena kalau enggak apa orang lama-lama enggak percaya dengan bursa kita sendiri akibatnya apa teman-teman bisa saksikan jauh lebih banyak orang yang taruh duitnya di criripto enggak jelas dibandingkan orang yang taruh duitnya di Bursa Efek Indonesia kan aneh kok bisa-bisanya jauh lebih banyak investor di sesuatu yang tidak jelas yang namanya kripto itu dibandingkan investasi di sebuah perusahaan yang jelas-jelas ada pabriknya usahanya mesinnya jual belinya kok enggak logis gitu L Kok enggak paham-paham bahwa ini artinya ada yang tidak benar ini ada yang enggak beres nih dengan pengelolaan burusa kita gua sih enggak heran ya nanti akan makin banyak orang milenial Generation Z ya yang gua rasa akan lebih memilih menaruh duitnya di saham-saham luar negeri atau di produk-produk investasi yang bukan di Indonesia karena apa lama-lama dia hilang rasa percayanya dan itu bahaya kalau kita sudah sampai ke titik itu maka teman-teman harus siap ekonomi Indonesia ujung-ujungnya akan cololaps Kenapa karena kalau orang di dalam negeri rakyat di dalam negeri sendiri sudah tidak percaya berinvestasi di negaranya sendiri apa yang terjadi duit akan lari keluar dan duit asing investor asing juga akan takut taruh duitnya di Indonesia ya pengelolanya capcai busuk Gimana Enggak jelas katanya transparan transansparan ter jadi enggak transparan jadi gua bilang gini Lu ambil tindakan indisipliner lu mendisiplinkan itu pecat orang itu kasih denda atau apa oke itu urusan organisasi lu tetapi soal lu transparansi soal lu itikad baik lu kejujuran lu berintegritas tunjukin itu sama kita investor di burafx itu hal yang lu harus lakukan kita enggak peduli dengan upaya pemencatan itu urusan rumah tangga lu bro soal transparansi bukan artinya walaupun Lu sudah melakukan tindakan transparansi Which is belum juga sampai saat ini bukan artinya ini meniadakan unsur pidananya yang namanya tindakan kriminal harus dilakukan penegakan hukum makanya di sini gua minta sama teman-teman di kepolisian saya sangat percaya Kepolisian Indonesia bisa mengurus ini dengan baik dan benar untuk Apa unsur penegakan hukumnya terkait aksi kriminalnya dan sudah dibuktikan dengan adanya pemecatan itu siapa pihak yang melakukan penyuapan penyogokan Tolong diperiksa dicek dan siapa yang tanda tangan dan siapa yang approve dan kok bisa-bisanya yang dipecat Ini kata nya cuman level bawah ya level atasnya gimana Kenapa enggak diperiksa juga level atasnya ujung-ujungnya yang tanda tangan final kan bukan yang di bawah keroco-keroco pasti ada yang di atas dong dan teman-teman gimana lu setuju enggak di sini kalau polisi itu ikut campur di sini untuk mencari Siapa yang terlibat di sini dari atas sampai bawah apalagi ya kalau tujuannya ujung-ujungnya adalah buat mengelabui publik untuk menyembunyikan fakta fakta yang penting dan relevan yang seharusnya diketahui oleh publik tetapi fakta-fakta ini tidak ketahuan karena ditutup-tutupi supaya perusahaan ini bisa Ipo seperti pantat bayi yang mulus Padahal di dalamnya busuk ya Siapa yang tahu kita kan mempertanyakan sekarang transparansinya di mana dan yang terakhir ini soal penegakan hukum ini kenapa ini wajib karena ini adalah salah satu tujuan dari perlindungan investor Nah di sini gua mau bilang Betapa kecewanya gua dengan yang namanya OJK [Musik] Kenapa di sini OJK membantah soal dia terlibat atau tidak terlibat dengan kasus suap-menyuap di perusahaan-perusahaan yang mau Ipo di Bursa Efek Indonesia ini loh Bro gini aja Bro lu dari kemarin bilang bahwa apa o jk selalu bilang dia melindungi investor perlindungan dana io faktanya sekarang Ada orang enggak yang ketipu dibeli sahama Ipo itu yang seharusnya tidak layak itu gimana pertanggung jawabannya apa harusnya ada enggak contohnya gini loh Kenapa orang mau investasi di sebuah instrumen investasi selalulah investasi di perusahaan atau ya produk-produk investasi yang ada logo ojk-nya karena artinya apa ini produknya Ya aman bukan investasi bodong Oh jadi mindset kita adalah kalau kita investasi ada logo OJK itu aman Nah sekarang Oh itu perusahaan-perusahaan yang Ipo yang mungkin harusnya tidak layak untuk Ipo itu semua ada logo OJK Bro lu investasi ada logo OJK sekuritas lu ada logo OJK sekarang mau bilang lepas tangan tidak terlibat tidak campur loh katanya lu mengawasi Otoritas Jasa Keuangan kenapa ketika ada case begini lepas tangan periksa dong kenapa Otoritas Jasa Keuangan alias OJK itu harus turun dan harus mau terlibat dan harus ikut campur karena kalau lu lihat lu baca tugasnya OJK secara undang-undang OJK mempunyai tugas melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap kegiatan Jasa Keuangan di sektor perbankan dan sektor pasar modal jadi di situ Ah tahu mereka bertugas lu tahu tugas tugas itu PR PR itu harus dikerjakan jangan lu lolos SD SMP bolos terus enggak ngerti tugas itu Apa tugas itu dia dikerjakan lu dapat PR lu kerjakan itu tugas lu dikasih oleh negara terus tiba-tiba He gua enggak eh gua enggak ikut campur gua lepas tangan gua tidak ter Heh gila lu Lu lihat kalau ada sertifikat Lu makan di restoran ada logo halal lu makan harapan lu apa ketika Lu makan di situ Apakah Lu percaya artinya restoran Bebek Goreng ini halal lu makan kerupuk-kerupuk gorengnya halal apa lu percaya dengan restoran itu gua rasa enggak kenapa lu memutuskan untuk masuk dan makan di restoran itu karena lu yakin itu halal karena Lu lihat ada logo halalnya bukan karena Lu percaya restoran itu tukang ngibul atau enggak ngibul tapi lu percaya logo halalnya bukan lu percaya merek restorannya enggak Tapi kalau enggak ada logo halalnya mau restorannya kayak apa juga kalau lu pencinta makanan halal pasti lu enggak mau datang ke restoran itu kan Jadi lu ggak lihat restorannya Lu lihat logo halalnya lu enggak lihat emitennya lu lihat dulu perusahaannya tapi lu lihat dulu ada capnya enggak begitu ada Cap halalnya lu menyerahkan Tras lu menyerahkan kepercayaan terhadap penggunaan logo halal itu ketika kemudian Lu makan di restoran Bebek goreng itu Eh ternyata kebukti keripiknya adalah keripik kulit babi goreng lu protes dong iya dong Lah katanya halal tanggung jawab enggak yang ngasih cap halal Ya harus dong karena Lu sudah mensertifikasi makanan-makanan di sana semua halal tanggung jawab enak-enak aja main stampel stampel stampel stampel begitu dapat duit hilang bisnis lu itu sebenarnya jualan stempel apa bisnis itu mensertifikasi supaya restoran-restoran ini berbisnis secara halal sebenarnya apa Apu cuma jualan stempel sekarang pertanyaan kita sama OJK jangan lupa dari tujuan diciptakannya OJK ini undang-undang ini amanat dari rakyat ada tiga dan yang ketiga ini penting banget apa guys tujuan OJK dibentuk adalah yang pertama terselenggaranya secara teratur adil dan transparan dan akuntabel bisnis sektor jasa keuangan yang kedua adalah mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil dan ketiga ini ini harus digaris bawahi guys yang ketiga mampu melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat sekarang gua tanya lu merasa enggak pernah jadi korban Ipo jujur gua udah pernah Lu pernah enggak tulis kolom komentar di bawah ini lu merasa OJK melindungi lu enggak melindungi kepentingan lu sebagai investor sebagai konsumen sebagai masyarakat enggak jujur ini gua kok bisa-bisanya dia bilang lepas tangan gua gak mau tahu Bro ketika kita investasi Di situ gua percaya Karena ada yang mengawasi yang Bantuin kita ada yang namanya OJK sekali lagi ada yang namanya OJK jadi di sini teman-teman gua apresiasi gak dengan tindakan pemenatan disiplin apa segala macam engak itu urusan organisasi Mereka silakan mau pecat gak pecat urusan organisasiapi yang kedu ini jauh lebih pting ada ansi dari bursa dan yang ketiga apa ada penegakan hukum di sini Enak aja tiba-tiba dipecat terus enggak bertanggung jawab sementara duit orang sudah hilang Kenapa karena upaya sogok-menyogok ini katanya Duit yang masuk itu bisa sampai miliaran bro buat sogok-menyogok ini kan gila dan kita harap apa yang keempat nih inilah pelindung kita kita punya harapan loh kita punya trust loh sama logo OJK lu ketika gua invest Ya gua punya harapan ada lembaga yang bantu gua lu mengawasi karena gua tidak punya kemampuan Misalkan gua invest di peir to peer landing gua invest di fintech gua invest di Bursa Efek gua enggak bisa kita awasin itu kita investor kecil kita investor retail so kita serahkan trust itu kepada OJK institusi yang lebih tinggi levelnya negara dengan harapan apa dia tidak ketakutan seperti Ben tapi dia punya otoritas untuk mengawasi turun Kerjain dong PR lu lu kan punya tugas lu kan punya tujuan kalau lu enggak punya tujuan lu nyasar lu Juan lu ke mana sebenarnya So guys ini wujud kekecewaan gua yang benar-benar dengan perilaku oknum-oknum di Bursa Efek ini kok sepertinya menyakitkan ya Sekali lagi ya gua bahkan udah dari kemarin selalu bilang sama teman-teman investor pengusaha jangan taruh duit lu di luar negeri Jangan taruh duit lu di luar negeri ngapain invest di luar gua selalu bilang lu kalau ada duit investlah di dalam negeri kita masih punya kok apa instrumen-instrumen investasi yang men narik Salah satunya apa dia berusah saham I tapi kemudian kayak begini kasusnya apa enggak sedih guys lu tahu data apa lagi yang lebih parah dari 900 emiten yang ada di Bursa Efek ternyata ada lebih dari 200 perusahaan yang masuk dalam daftar pemantauan atau pengawasan khusus alias apa ya hampir seperempatnya Itu dipertanyakan kan ngeri Bro tolonglah please lah kita capek-capek mati-matian ngajarin orang buat investasi yang benar di Bursa punya terust kepada saham-saham di Indonesia orang capek-capek bangun reputasi sebagai Tbk yang bagus eh tapi ternyata pengelolaan bursanya ini menyedihkan sekali lagi ya kita bikin video ini bukan untuk menjelekkan apa pribadi-pribadi tertentu Enggak ini bukti kecintaan kita bukti bahwa kita sedemikian Belnya trustnya dengan saham-saham di Indonesia tapi ya Kok begini ya jadi guys ya kita semu sama-sama DII akan menyaksikan ya pengelolaan dan pengawasan dilakukan OJK ini berjalan atau enggak Bagaimana bentuk transparansi dari Bursa Efek kita tunggu nih sekarang nih gua akan tunggu kita Kawal nih bareng-bareng Apa sih siapa sih yang melakukan ini perusahaannya Seperti apa dan yang paling penting bukan cuma soal nama emitennya apa yang terlibat di sini tapi kita juga perlu tahu Berapa banyak jumlah uang investor-investor yang sudah terjerumus dan terjebak ke saham-saham yang Ipo dengan jalan tidak normal ini menurut kamu gimana guys kamu setuju enggak kalau kita bikin follow up ini kamu setuju enggak Kalau harusnya Bursa Efek Indonesia dan OJK itu bertanggung jawab terhadap terjadinya ipoipo yang tidak layak ini dan mereka harus berani membuka data jangan happy-happy aja sekarang ya siapa-siapa aja nanti ganti presiden baru itu kursi bukan kursi permanen tuh So guys kalau lu setuju bahwa Bursa Efek dan yang namanya OJK itu juga harus bertanggung jawab dan harus berani akun tebal harus transparan dan harus dimintai pertanggungjawabkan hukum tulis komentar lu di bawah ini dan segera like and share video ini kepada teman-teman lu yang merasa pernah jadi korban Ipo Ipo busuk di bursa saham Indonesia ini prihatin banget situasi saat ini Oke Guys semoga video ini bermanfaat Salam sehat salam Cuan bye bye [Musik]
Resume
Categories