Transcript
VC7X1jY_0vM • ⛔ GUA KECEWA !! SAMA BURSA EFEK INDONESIA DAN OJK !! TANGGUNG JAWAB LO Segitu AJA ??
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/Bennix/.shards/text-0001.zst#text/0252_VC7X1jY_0vM.txt
Kind: captions
Language: id
guys Gua kecewa banget sih sama yang
satu ini ini berita ini betul-betul
mengerikan Khususnya buat teman-teman
investor di bursa saham Indonesia Gua
benar-benar merasa krisis kepercayaan
Kenapa lu tahu kemarin itu Udah baru aja
ditangkap oknum-oknum di Bursa Efek
Indonesia yang diduga terlibat upaya
penyuapan terima suap dan meres orang
yang mau Ipo di Bursa Efek ini kan
bangsat lu bayangin kita ini sebagai
investor capek-capek cari duit kita
mempercayakan duit kita kepada Bursa
Efek Indonesia buat kita taruh di
emiten-emiten yang terdaftar di Bursa
Efek Indonesia dengan harapan apa ya
mereka udah lolos tayang lah mereka
sudahah diperiksa mereka ah dicek memang
perusahaannya Solid bisnisnya Solid
mereka Ipo kita invest kan begitu dong
wajarnya kan begitu
ya tetapi ternyata apa yang terjadi
sungguh menyedihkan guys bahwa apa
kemudian keluar press rilis nih dari
bursa effect yang menyatakan di periode
kemarin Bulan kemarin Juli sama Agustus
ini mereka baru saja melakukan pemecatan
terhadap lima orang karyawan yang diduga
terlibat dalam Apa upaya sogokmenyogok
perusahaan-perusahan naik
Ipo Aduh ini betul-betul enggak masuk
akal guys kecewa banget gua asli Gua
kecewa banget kok bisa-bisanya ya kok
bisa-bisanya lu bayangin ya Kalau
seandainya ada ada ada ada film mau
tayang di 21 kan harus ada lembaga
sensor film kalau ggak layak untuk
tonton gak boleh muncul bahaya lah ini
gimana ini kita masalahnya kita mau
taruh duit kita kita mau invest kita mau
beli saham Ternyata kalau
perusahaan-perusahaan yang diloloskan
itu perusahaan-perusahaan Bangs tidak
layak untuk Dipo tapi sengaja dilolosin
artinya Ada kemungkinan nih saham yang
lalu lagi pegang sekarang belum di Ipo
nih dia udah bertindak k al terlibat
dalam aksi-aksi sogok-menyogok ini lu
bayangin dia belum Tbk aja udah kriminal
Apalagi setelah jadi Tbk kelakuannya
kayak apa Coba ini kan enggak layak ini
enggak masuk akal dan ini enggak bisa
diterima kita sebagai investor tuh harus
kecewa kita harus protes Kenapa Bursa
efek di Indonesia bisa sedemikian
parahnya kecolongan
kecolongan-kecolongan Ada apa Dan
mungkin ini menjawab Ya pertanyaan ya di
luar sana lu komen aja di sini yang
benar lu merasa pernah jadi korban
enggak terhadap saham-saham Ipo yang
bodong yang menurut lu parah
perurusannya tapi lu terlanjur beli itu
coba komen langsung di bawah
ini Nah kenapa ya hal-hal seperti ini
kok kayaknya dianggap remet-teme kenapa
gua bilang ini remetteme ya Karena gini
bursah Efek Indonesia memecat lima
pegawainya karena menurut mereka
terbukti meminta uang dan memeras calon
emiten yang mau Ipo atau mau mencatatkan
sahamnya di Bursa nah ketika gua baca
berita ini kenapa gua kecewa Oke dia
pecat karyawannya itu kan urusan
tindakan-tindakan indisipliner Jadi
diambil keputusan-keputusan untuk
mendisiplinkan jadi soal sistem disiplin
mendisiplinkan karyawan bursa Indonesia
yang bersal dipecat itu urusan internal
lu bro enggak ada urusan sama kita
yang kita butuhkan apa sebagai orang
yang investasi di Bursa effectfek
Indonesia kita butuh trust untuk trust
kita butuh ada transparansi Ya
transparansilah lu kan menyuruh
perusahaan-perusahaan kalau mau Ipo ya
mau Tbk harus transparan kan bikin
public expos lu mau beli mesin baru
bikin public expos kasih tahu sama
market kasih tahu sama publik bikin
press conference semua harus terbuka
terhadap corporate action apa
tindakan-tindakan perusahaan selanjutnya
Bagaimana penggunaan dana Ipo itu di
pakai sebagaimana mesih kan semua harus
transparan di Bursa evek Indonesia
transparan gua ulangin urusan kita
adalah sekarang di mana transparansinya
Kenapa Sampai detik ini orang yang sudah
dipecat tuh kata si bursa Sampai detik
ini lu enggak tahu yang dipecat ini
namanya siapa itu pertama yang kedua
masuk penjara Enggak ini barang Heh
jangan salah lu investasi bodong
dimasukin lu penjara ini duit orang
gara-gara Ipo bodong perusahaan Enggak
jelas sogok menyogok kok enggak ada yang
masuk penjara Tolong dong polisi kabar
bar esm diperiksa ini Satu organisasi
ini Bursa Efek Indonesia ini diperiksa
dari atas sampai bawah gimana sih
manajemennya ada jutaan orang yang taruh
dana di Bursa effect Indonesia Nah
transparansi yang gua kecewa sehingga
akhirnya gua bilang begini ya kenapa ya
kita ini berhak tahu lu kan sudah
tangkap orangnya sebut dong nama
perusahannya apa Masa kita enggak berhak
tahu masa kita enggak dikasih tahu lu
Nuru perusahaan-perusahaan Tbk buat
terbuka namanya juga Tbk lah pengelola
bursa efeknya sendiri enggak terbuka
enggak transparan kasih tahu siapa
perusahaan yang nyogok siapa perusahaan
yang ngasih gratifikasi apa
perusahaannya Kenapa harus dibuka karena
begini yang memeras yang menyogok yang
menerima suap itu sama-sama busuk Jadi
kalau memang pengelola benar-benar mau
membersihkan Bursa Efek kita dari bau
busuk ya dua-duanya harus dibersihkan
terus gimana dua-duanya mau dibersih kan
transparan aja enggak kenapa ini bahaya
karena kalau bursa enggak mau transparan
transparansi itu adalah salah satu
bentuk contoh itikad kejujuran lu mau
jujur sama masyarakat sama investor lu
buktikan kejujuran lu dengan lu
transparan Eh maksud kita jujur ini
periksa aja periksa aja ggak ada
tipumenipu ini laporan keuangan buka aja
jujur itikatnya baik gitu jadi investor
juga tidak aja negative thinking
investor juga punya trust itu dijaga
tapi inih malah kayaknya kesannya kita
gak tahu nih apa yang k jadiadi
tahu-tahu keluar aja PR rilis Li orang
dipecat karena ada sogok-menyogok di
saham-saham yang Ipo dan Kenapa kita
berhak untuk tahu supaya kita juga bisa
mengkalkulasikan guys sebetulnya biaya
sogok ini dibebankan kepada siapaep
pemilik perusahaanah atau ujung-ujungnya
dibebankan kepada emiten lagi kan kan
kita berak untuk tahu kalau ini
dibebankan kepada emiten lagi ketika dia
melakukan emisi saham itu berartinya apa
ini biaya-biaya ini akan mengurangi laba
perusahaan so kita sebagai calon
investor yang selalu dibilang nabung
saham yuk nabung saham beli saham Ipo
dan lain sebagainya berhak enggak untuk
tahu pengeluaran-pengeluaran emiten itu
ya berhak dan wajib Tapi kalau ini
seperti ini Ini gua melihat ada itikad
yang tidak baik kita butuh kejujuran
kita butuh transparansi ya Sekali
lagi dan yang namanya good corporate
governance tata kelola yang baik itu ya
salah satu cerminan dari identitas
bangsa kita titas bursa kita Apakah kita
punya bursa itu integritasnya bagus atau
baik ya teman-teman bisa ambil keputusan
sendiri dari Bagaimana sikap yang
diambil oleh Bursa Efek Indonesia Sampai
detik ini kita enggak ada mendapatkan
informasi yang jelas dan konkret yang
terbuka yang transparan yang bertanggung
jawab mengenai siapa Kenapa terjadi aksi
sogok-menyogok ini sekali lagi ya ini
kita mau bukan mau mendiskreditkan pihak
tertut ini karena kita sayang sama
pengelolaan bursa kita kita sayang
dengan bursa Sam Indonesia kita peduli
cuman sekali lagi yang namanya sogok
menyogok yang ngasih duit yang Nyuap
yang terima suap sama-sama busuk kalau
kita mau berusaha kita bagus bersih Apik
ya bawa busuk ini ya dua-duanya Ini
harus kita hilangkan dan dikasih tahu
siapa karena ujung-ujungnya kalau itu
ditutup-tutupin orang jadi tidak belief
dengan pengelolaannya orang jadi tidak
percaya dan lebih parah lagi orang kena
tipu investasi bodong di perusahaan
bodong kan brengsek ini namanya dan
jangan salah ya gua juga ngasih tahu ini
berdasarkan pengalaman gua pribadi
Makanya teman-teman kalau follower
sejati benix pasti sudahah tahu gua
selalu bilang apa jangan beli sama Ipo
Gua adalah orang yang anti saham Ipo
kenapa ya karena gua pernah jadi korban
ya Jujur aja perusahaan-perusahaan itu
ya zaman dulu ketika gua sama kayak lu
kita semua pernah newb yang namanya di
Bursa Effect dan kena pancing kena
jebakan masuk ke sama IP yang
ujung-ujungnya nyungsep di lising hilang
dari kolong langit ini kenapa ya karena
kita ini rtail-rtail ini adalah makanan
renyah buat mereka kita dimakan kita ini
dianggap bukan manusia dan menurut gua
aksi-aksi itu harus dihentikan karena
kalau enggak apa orang lama-lama enggak
percaya dengan bursa kita sendiri
akibatnya apa teman-teman bisa saksikan
jauh lebih banyak orang yang taruh
duitnya di criripto enggak jelas
dibandingkan orang yang taruh duitnya di
Bursa Efek Indonesia kan aneh kok
bisa-bisanya jauh lebih banyak investor
di sesuatu yang tidak jelas yang namanya
kripto itu dibandingkan investasi di
sebuah perusahaan yang jelas-jelas ada
pabriknya usahanya mesinnya jual belinya
kok enggak logis gitu L Kok enggak
paham-paham bahwa ini artinya ada yang
tidak benar ini ada yang enggak beres
nih dengan pengelolaan burusa kita gua
sih enggak heran ya nanti akan makin
banyak orang milenial Generation Z ya
yang gua rasa akan lebih memilih menaruh
duitnya di saham-saham luar negeri atau
di produk-produk investasi yang bukan di
Indonesia karena apa lama-lama dia
hilang rasa percayanya dan itu bahaya
kalau kita sudah sampai ke titik itu
maka teman-teman harus siap ekonomi
Indonesia ujung-ujungnya akan cololaps
Kenapa karena kalau orang di dalam
negeri rakyat di dalam negeri sendiri
sudah tidak percaya berinvestasi di
negaranya sendiri apa yang terjadi duit
akan lari keluar dan duit asing investor
asing juga akan takut taruh duitnya di
Indonesia ya pengelolanya capcai busuk
Gimana Enggak
jelas katanya transparan transansparan
ter jadi enggak transparan jadi gua
bilang gini Lu ambil tindakan
indisipliner lu mendisiplinkan itu pecat
orang itu kasih denda atau apa oke itu
urusan organisasi lu tetapi soal lu
transparansi soal lu itikad baik lu
kejujuran lu berintegritas tunjukin itu
sama kita investor di burafx itu hal
yang lu harus lakukan kita enggak peduli
dengan upaya pemencatan itu urusan rumah
tangga lu bro soal transparansi bukan
artinya walaupun Lu sudah melakukan
tindakan transparansi Which is belum
juga sampai saat ini bukan artinya ini
meniadakan unsur pidananya yang namanya
tindakan kriminal harus dilakukan
penegakan hukum makanya di sini gua
minta sama teman-teman di kepolisian
saya sangat percaya Kepolisian Indonesia
bisa mengurus ini dengan baik dan benar
untuk Apa unsur penegakan hukumnya
terkait aksi kriminalnya dan sudah
dibuktikan dengan adanya pemecatan itu
siapa pihak yang melakukan penyuapan
penyogokan Tolong diperiksa dicek dan
siapa yang tanda tangan dan siapa yang
approve dan kok bisa-bisanya yang
dipecat Ini kata nya cuman level bawah
ya level atasnya gimana Kenapa enggak
diperiksa juga level atasnya
ujung-ujungnya yang tanda tangan final
kan bukan yang di bawah keroco-keroco
pasti ada yang di atas dong dan
teman-teman gimana lu setuju enggak di
sini kalau polisi itu ikut campur di
sini untuk mencari Siapa yang terlibat
di sini dari atas sampai bawah apalagi
ya kalau tujuannya ujung-ujungnya adalah
buat mengelabui publik untuk
menyembunyikan fakta fakta yang penting
dan relevan yang seharusnya diketahui
oleh publik tetapi fakta-fakta ini tidak
ketahuan karena ditutup-tutupi supaya
perusahaan ini bisa Ipo seperti pantat
bayi yang mulus Padahal di dalamnya
busuk ya Siapa yang tahu kita kan
mempertanyakan sekarang transparansinya
di mana dan yang terakhir ini soal
penegakan hukum ini kenapa ini wajib
karena ini adalah salah satu tujuan dari
perlindungan investor Nah di sini gua
mau bilang Betapa kecewanya gua dengan
yang namanya OJK
[Musik]
Kenapa di sini OJK membantah soal dia
terlibat atau tidak terlibat dengan
kasus suap-menyuap di
perusahaan-perusahaan yang mau Ipo di
Bursa Efek Indonesia ini loh Bro gini
aja Bro lu dari kemarin bilang bahwa apa
o jk selalu bilang dia melindungi
investor perlindungan dana io faktanya
sekarang Ada orang enggak yang ketipu
dibeli sahama Ipo itu yang seharusnya
tidak layak itu gimana pertanggung
jawabannya apa harusnya ada enggak
contohnya gini loh Kenapa orang mau
investasi di sebuah instrumen investasi
selalulah investasi di perusahaan atau
ya produk-produk investasi yang ada logo
ojk-nya karena artinya apa ini produknya
Ya aman bukan investasi bodong Oh jadi
mindset kita adalah kalau kita investasi
ada logo OJK itu aman Nah sekarang Oh
itu perusahaan-perusahaan yang Ipo yang
mungkin harusnya tidak layak untuk Ipo
itu semua ada logo OJK Bro lu investasi
ada logo OJK sekuritas lu ada logo OJK
sekarang mau bilang lepas tangan tidak
terlibat tidak campur loh katanya lu
mengawasi Otoritas Jasa Keuangan kenapa
ketika ada case begini lepas tangan
periksa dong kenapa Otoritas Jasa
Keuangan alias OJK itu harus turun dan
harus mau terlibat dan harus ikut campur
karena kalau lu lihat lu baca tugasnya
OJK secara undang-undang OJK mempunyai
tugas melakukan pengaturan dan
pengawasan terhadap kegiatan Jasa
Keuangan di sektor perbankan dan sektor
pasar modal jadi di situ Ah tahu mereka
bertugas lu tahu tugas tugas itu PR PR
itu harus dikerjakan jangan lu lolos SD
SMP bolos terus enggak ngerti tugas itu
Apa tugas itu dia dikerjakan lu dapat PR
lu kerjakan itu tugas lu dikasih oleh
negara terus tiba-tiba He gua enggak eh
gua enggak ikut campur gua lepas tangan
gua tidak ter Heh gila lu Lu lihat kalau
ada sertifikat Lu makan di restoran ada
logo halal lu makan harapan lu apa
ketika Lu makan di situ Apakah Lu
percaya artinya restoran Bebek Goreng
ini halal lu makan kerupuk-kerupuk
gorengnya halal apa lu percaya dengan
restoran itu gua rasa enggak kenapa lu
memutuskan untuk masuk dan makan di
restoran itu karena lu yakin itu halal
karena Lu lihat ada logo halalnya bukan
karena Lu percaya restoran itu tukang
ngibul atau enggak ngibul tapi lu
percaya logo halalnya bukan lu percaya
merek restorannya enggak Tapi kalau
enggak ada logo halalnya mau restorannya
kayak apa juga kalau lu pencinta makanan
halal pasti lu enggak mau datang ke
restoran itu kan Jadi lu ggak lihat
restorannya Lu lihat logo halalnya lu
enggak lihat emitennya lu lihat dulu
perusahaannya tapi lu lihat dulu ada
capnya enggak begitu ada Cap halalnya lu
menyerahkan Tras lu menyerahkan
kepercayaan terhadap penggunaan logo
halal itu ketika kemudian Lu makan di
restoran Bebek goreng itu Eh ternyata
kebukti keripiknya adalah keripik kulit
babi goreng lu protes dong iya dong Lah
katanya halal tanggung jawab enggak yang
ngasih cap halal Ya harus dong karena Lu
sudah mensertifikasi makanan-makanan di
sana semua halal tanggung jawab
enak-enak aja main stampel stampel
stampel stampel begitu dapat duit hilang
bisnis lu itu sebenarnya jualan stempel
apa bisnis itu
mensertifikasi supaya restoran-restoran
ini berbisnis secara halal sebenarnya
apa Apu cuma jualan stempel sekarang
pertanyaan kita sama OJK jangan lupa
dari tujuan diciptakannya OJK ini
undang-undang ini amanat dari rakyat ada
tiga dan yang ketiga ini penting banget
apa guys tujuan OJK dibentuk adalah yang
pertama terselenggaranya secara teratur
adil dan transparan dan akuntabel bisnis
sektor jasa keuangan yang kedua adalah
mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh
secara berkelanjutan dan stabil dan
ketiga ini ini harus digaris bawahi guys
yang ketiga mampu melindungi kepentingan
konsumen dan
masyarakat sekarang gua tanya lu merasa
enggak pernah jadi korban Ipo jujur gua
udah pernah Lu pernah enggak tulis kolom
komentar di bawah ini lu merasa OJK
melindungi lu enggak melindungi
kepentingan lu sebagai investor sebagai
konsumen sebagai masyarakat enggak jujur
ini gua
kok bisa-bisanya dia bilang lepas tangan
gua gak mau tahu Bro ketika kita
investasi Di situ gua percaya Karena ada
yang mengawasi yang Bantuin kita ada
yang namanya
OJK sekali lagi ada yang namanya
OJK jadi di sini teman-teman gua
apresiasi gak dengan tindakan pemenatan
disiplin apa segala macam engak itu
urusan organisasi Mereka silakan mau
pecat gak pecat urusan organisasiapi
yang kedu ini jauh lebih pting ada ansi
dari bursa dan yang ketiga apa ada
penegakan hukum di sini Enak aja
tiba-tiba dipecat terus enggak
bertanggung jawab sementara duit orang
sudah hilang Kenapa karena upaya
sogok-menyogok ini katanya Duit yang
masuk itu bisa sampai miliaran bro buat
sogok-menyogok ini kan gila dan kita
harap apa yang keempat nih inilah
pelindung kita kita punya harapan loh
kita punya trust loh sama logo OJK lu
ketika gua invest Ya gua punya harapan
ada lembaga yang bantu gua lu mengawasi
karena gua tidak punya kemampuan
Misalkan gua invest di peir to peer
landing gua invest di fintech gua invest
di Bursa Efek gua enggak bisa kita
awasin itu kita investor kecil kita
investor retail so kita serahkan trust
itu kepada OJK institusi yang lebih
tinggi levelnya negara dengan harapan
apa dia tidak ketakutan seperti Ben tapi
dia punya otoritas untuk mengawasi turun
Kerjain dong PR lu lu kan punya tugas lu
kan punya tujuan kalau lu enggak punya
tujuan lu nyasar lu Juan lu ke mana
sebenarnya So guys ini wujud kekecewaan
gua yang benar-benar dengan perilaku
oknum-oknum di Bursa Efek ini kok
sepertinya menyakitkan ya Sekali lagi ya
gua bahkan udah dari kemarin selalu
bilang sama teman-teman investor
pengusaha jangan taruh duit lu di luar
negeri Jangan taruh duit lu di luar
negeri ngapain invest di luar gua selalu
bilang lu kalau ada duit investlah di
dalam negeri kita masih punya kok apa
instrumen-instrumen investasi yang men
narik Salah satunya apa dia berusah
saham I tapi kemudian kayak begini
kasusnya apa enggak sedih guys lu tahu
data apa lagi yang lebih parah dari 900
emiten yang ada di Bursa Efek ternyata
ada lebih dari
200 perusahaan yang masuk dalam daftar
pemantauan atau pengawasan khusus alias
apa ya hampir seperempatnya Itu
dipertanyakan kan ngeri Bro tolonglah
please lah kita capek-capek mati-matian
ngajarin orang buat investasi yang benar
di Bursa
punya terust kepada saham-saham di
Indonesia orang capek-capek bangun
reputasi sebagai Tbk yang bagus eh tapi
ternyata pengelolaan bursanya ini
menyedihkan sekali lagi ya kita bikin
video ini bukan untuk menjelekkan apa
pribadi-pribadi tertentu Enggak ini
bukti kecintaan kita bukti bahwa kita
sedemikian Belnya trustnya dengan
saham-saham di Indonesia tapi ya Kok
begini ya jadi guys ya kita semu
sama-sama DII akan menyaksikan ya
pengelolaan dan pengawasan dilakukan OJK
ini berjalan atau enggak Bagaimana
bentuk transparansi dari Bursa Efek kita
tunggu nih sekarang nih gua akan tunggu
kita Kawal nih bareng-bareng Apa sih
siapa sih yang melakukan ini
perusahaannya Seperti apa dan yang
paling penting bukan cuma soal nama
emitennya apa yang terlibat di sini tapi
kita juga perlu tahu Berapa banyak
jumlah uang investor-investor yang sudah
terjerumus dan terjebak ke saham-saham
yang Ipo dengan jalan tidak normal ini
menurut kamu gimana guys kamu setuju
enggak kalau kita bikin follow up ini
kamu setuju enggak Kalau harusnya Bursa
Efek Indonesia dan OJK itu bertanggung
jawab terhadap terjadinya ipoipo yang
tidak layak ini dan mereka harus berani
membuka data jangan happy-happy aja
sekarang ya siapa-siapa aja nanti ganti
presiden baru itu kursi bukan kursi
permanen tuh So guys kalau lu setuju
bahwa Bursa Efek dan yang namanya OJK
itu juga harus bertanggung jawab dan
harus berani akun tebal harus transparan
dan harus dimintai pertanggungjawabkan
hukum tulis komentar lu di bawah ini dan
segera like and share video ini kepada
teman-teman lu yang merasa pernah jadi
korban Ipo Ipo busuk di bursa saham
Indonesia ini prihatin banget situasi
saat ini Oke Guys semoga video ini
bermanfaat Salam sehat salam Cuan bye
bye
[Musik]