⛔I DO NOT AGREE WITH FULL AUCTION STOCK EXCHANGE!!! THIS IS SCARY GUYS!!! WHO BENEFITS?
_Ui5OTsQG5E • 2024-03-27
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id Halo guys ini ada berita ngeri banget nih baru aja fresh from the oven bahwa apa yang namanya bursa saham nih di Indonesia itu baru bikin peraturan baru bahwa kalau saham lu dalam pemantauan khusus itu saham bisa menghilang Ya dalam artian turun terus sampai ke satu perak gitu Jadi bukan lagi gocap tapi turun sampai satu perak dan yang lebih ngeri menurut gua itu apa mereka enggak lagi bisa Para investor ini bisa menebak nih merekaak bisa lagi bahkan melihat itu teman-teman investor itu lagi pada beli di harga berapa atau pada jual di harga berapa karena apa Karena sekarang berusaha Efek itu menetapkan peraturan untuk saham-saham ini itu semua pakai model yang namanya call auction jadi kayak di lelang dan ini menurut gua sangat berbahaya dan gua enggak setuju Kenapa Karena begini kita mendukung transparansi ya jujur aja sih ini akan sangat menguntungkan orang-orang yang modalnya gede dan dan ya gua mungkin juga sedikit happy lah kenapa Karena kalau harga sahamnya yang salah harga turun terus ya gua untung juga gitu karena Enggak semua saham gu cap itu jelek mayoritas sih jelek jelek memang jelek memang jelek ya cuman yang gua mau bilang gini kenapa ini enggak benar karena misalkan orang-orang kayak gua itu bisa diuntungkan ya Itu karena harga pembentuknya kalau teman-teman tahu itu enggak lagi diatur berdasarkan permintaan atau demand yang ada dan offering yang ada contohnya gini misalkan harga samnya 50 kalau teman-teman beli Antri di 50 yang normal-normal aja kan bisa tunggu atau kalau enggak sabar ya udah jual aja di 51 kalau lu enggak sabar 51 tiba-tiba naik 52 jadi bertahap tuh 50 51 52 53 and that's ok tapi sekarang lu udah lagi enggak bisa lihat Balkan dari 50 tiba-tiba bisa menghilang ini saham tiba-tiba jadi 42 atau tiba-tiba jadi 44 dan lu enggak pernah tahu tuh steppingnya logikanya Menurut gua kalau di sebuah pasar yang transparan berdasarkan hukum supply and dem men ya 50 Enggak bisa sertamerta juga lu jadi 40 gitu kan lu harus turun dong 50 49 48 47 tergantung banyaknya bit and offering yang terjadi di market tapi ternyata dengan peraturan baru ini itu hanya ditentukan berdasarkan lelang lelangnya gini misalkan lu lu punya saham gocap 100 lot lu pengin keluar tapi enggak bisa ya tapi dengan adanya peraturan ini kan dibuka bisa jadi satu perak Oke deh lu pengin jual di harga 49 lu tulis 100 lot antri jual di harga 49 oke tiba-tiba nih ada orang yang karena lotnya banyak entah benar atau enggak dia punya 2 juta lot yang dia tulis berapa dia mau jual di harga 40 lalu apa yang terjadi kemudian karena konsepnya lelang maka harga pembentuknya itu ya ada di 40 Lalu gimana kalau sandanya tiba-tiba ada yang ngbit misalkan dia mau beli harganya di 42 di berapa apa lot Oh ternyata cuman 1000 lot tetap kalah dia karena apa ya lebih banyak yang 40 lotnya kecuali tiba-tiba dia ngantri mau beli di harga 42 atau di harga 39 dengan jumlah lot yang lebih banyak 10 juta lot makanya dia yang menang nah yang menjadi berat menurut gua di sini adalah eh teman-teman bakal bisa lihat ya faktanya dan Gua yakin akan jadi kenyataan saham-saham yang dalam pemantauan khusus ini geraknya akan semakin nyungsep Kenapa karena market jadi gelap investor ituu jadi gelap dan kita itu diibaratkan beli kucing dalam karung dan menurut gua ini judi ini murni ini judi nih ini sangat aneh kenapa Karena lu enggak bisa lagi bilang oh ini harga saham gua pengin beli di harga 49 ah enggak bisa lagi lu bahkan enggak bisa lihat tuh pergerakannya 49 48 47 50 itu hal yang normal di Bursa Efek pada umumnya tapi sekarang enggak karena apa harga pembentuknya itu dilakukan oleh mekanisme lelang itu jadi enggak transparan tiba-tiba kok harganya tiba-tiba 32 tiba-tiba harganya kok 43 Enggak ada steppingnya enggak ada batu loncatannya Enggak ada tahapannya enggak ada bat offeringnya jadi enggak ada transparansi di sini ini benar-benar menurut gua ini judi menurut gua OJK ini harus turun tangan dan harus ngecek Apa betul ini model transaksi yang diperbolehkan karena gua gak pernah lihat nih yang model-model begini nih Ini ini menurut gua sangat-sangat aneh jujur-jujur aja gini Apalagi orang di Bursa Efek itu bilang mereka lakukan ini demi melindungi investor retil Eh lu jangan keblinger kalau emang mau melindungi investor rtail ya saham-saham sampah ini ya jangan dikasih listing dong di burusa effectfek jangan dikasih Ipo dong iya dong itu kalau memang benar mau lindungin investor retail sekarang mereka udah dijebak tahap selanjutnya apa dibinasakan ini menurut gua nih jadi ini enggak benar gua sangat tidak setuju makanya kemudian ada trader ya atau investor tuh yang bikin petisi di change.org ini gua buka nih dan gua isi petisinya nih e dia bilang begini saya adalah seorang investor saham yang tinggal di Jakarta daerah khusus Ibukota Jakarta saya merasa terganggu oleh peraturan papan full auction yang berlaku saat ini saham yang masuk papan full auction tidak akan memiliki bid over gelap kosong melompong nanti tiba-tiba ada random closing harganya terbentuk dari mana Dari Langit nih benarbenar mirip seperti para penjudi togel yang [Musik] tebak-tebakan angka Mana yang mau naik angka Mana yang mau turun dan peraturan ini membuat pasar saham menjadi tidak stabil dan sulit diprediksi sangat mirip dengan permainan judi jadi lebih mirip judi daripada investasi jangka panjang yang seharusnya ya namanya investasi ya lebih aman dan lebih mudah untuk diperdiksi jadi Menurut data dari Otoritas Jasa Keuangan jumlah investor saham di Indonesia pada tahun 2020 mencapai 3,87 juta orang ini nih enggak valid ini datanya salah nih dia nih karena yang benar di atas 10 juta orang nih anyway dia bilang dengan adanya peraturan papan full auction ini kestabilan investasi mereka menjadi terancam kami meminta kepada OJK untuk menghapuskan peraturan papan full auction demi kestabilan pasar saham kita dan perlindungan bagi para investor teman-teman tanda tangan tuh petisinya kalau teman-teman setuju ya apalagi teman-teman yang investor burusa effectek Indonesia teman-teman Setuju enggak sih kita itu ditutup matanya teman-teman Setuju enggak sih kita enggak bisa lihat bat and offering lagi teman-teman setuju enggak sih kalau harganya bisa loncat-loncat seperti itu Menurut gua itu sangat aneh gini gua terus terang aja ya gua enggak ada masalah tuh kalau dengan saham itu bisa sampai ke satu perak atau di u juga ada kok Penny stock and it's ok enggak apa-apa dibandingkan di koncek di 50 menurut gua pribadi enggak apa-apa kalau memang Bursa Efek pengen bikin peraturan saham bisa turun di bawah 50 alias bisa jadi satu perak menurut gua enggak apa-apa dengan catatan apa transparan kita benar-benar bisa lihat Oh kenapa bisa turun ke satu karena kemarin harganya dua Kenapa bisa turun kedua Karena kemarinan harganya t kita bisa lihat itu semua pergerakannya transparan batnya offingnya kita gak beli kucing dalam karung tapi per hari ini posisinya apa orang-orang pada dibinasakan investor itu betul-betul berjudi detik ini gua bisa bilang ini judi ini harus dicek ini biadab ini menurut gua ini sangat biadab Kenapa bisa bisanya bikin peraturan yang akan berdampak pada jutaan ingat ya bukan satu dua batang ini tapi jutaan investor yang ada di Indonesia dan sayangnya menurut gua peraturan ini sangat-sangat buruk apalagi juga enggak menurut gua enggak disosialisasikan dengan baik juga dan yang lucunya agendanya melindungi kepentingan investor retil menurut gua siapa yang dilindungi menurut gua di sini adalah mereka yang punya duit gede bandar-bandar yang akan dilindungi Apa karena jadi dengan sangat mudah mereka bisa banding mereka bisa membanting saham itu ke harga yang enggak masuk akal k harga Rp1 harga R7 Rp10 tanpa bisa lu awasi tanpa bisa lu tengok mereka cukup bikin aja Oh gua ngantri 2 juta Lot di harga 42 harga samlo hari ini guocap gitu ya ya udah menghitung hariah turun ke 42 atau dia karena dia punya lot lebih banyak dari lu udah pastilah dia Tinggal atur aja dia mau setting di mana harganya karena harga pembentuknya itu tidak transparan lu enggak bisa lihat gitu Oh Ternyata gua pengin jual di harga 51 tapi enggak kelihatan karena apa Karena yang muncul ya orang-orang yang punya bid yang tebal dia punya lot yang lebih banyak dari lu bid lu enggak masuk hitungan lu enggak diperhitungkan ibaratnya kalau Pemilu suara lu hangus aneh Lu punya suara sebetulnya walaupun lu misalkan Antri di 50 ada orang yang antri katakan di 49 walaupun lot lubih lebih kecil seharusnya lu punya hak suara di situ Itu bisa diperhitungkan Kenapa lu berhak punya hak suara dan berhak dilihat bid lu atau over atau penawaran lu ya esensi dari satu lembar saham ya ini kita gak ngomong satu lot bahkan satu lembar saham itu merepresentasikan kepemilikan saham lu jadi alangkah logisnya lu Sebagai pemegang saham yang memiliki hak suara itu harus diperhitungkan juga kalau kemudian itu semua diskip tiba-tiba loncat tuh dari 70 ke 60 dari perak ke 52 perak suara lu di mana orang-orang yang punya saham di 53 di 54 orang-orang yang Bahkan punya cuma punya sat lot t lot lu gak penting gitu lu gak bisa ikut bertransaksi lu gak bisa ikut ambil keputusan terhadap nasib saham lu kalau menurut gua aneh artinya suara diputuskan oleh pemegang lot terbanyak dan menurut gua aneh kenapa karena ya suka gak suka di Bursa Efek Indonesia di saham Indonesia ya mayoritas ya investor rtaail yang mungkin lotnya juga enggak banyak juga Tapi menurut gua mereka adalah minoritas pemegang S minoritas yang punya hak untuk dilindungi jadi karena banyak tuh yang kirim pesan-pesan di inbox-nya kita gua menurut gua gua sangat setuju dengan yang bikin petisi itu Bahwa apa ya ini harus diperbaiki tolong pengelola ditinjau kembali ini ini enggak benar menurut gua ini enggak benar kenapa karena ini benar-benar namanya kita beli kucing dalam karung Gua kaget juga juga sih kita lihat beberapa emitan yang memang ee jelek-jelek ya memang gua enggak usah sebut namanya lah ya Tapi bisa jadi harganya enggak masuk akal betul-betul jatuh ke jurang dan ya sangat disayangkan sih kalau seandainya ini dibiarkan berlarut-larut apa akan terjadi krisis kepercayaan Buat orang-orang yang mau jadi investor baru di burusaha saham Indonesia mereka akan makin ketakutan mereka akan makin enggak percaya Oh gini toh permain n ya karena menurut gua ini tidak fair sangat tidak fair kita tidak bisa melihat pergerakan harga secara transparan Apakah 51 Apakah 52 berapa sih orang yang mau beli di harga 52 7 lot kah 100 lot kah berapa sih orang yang Antri di harga 49 kita enggak bisa lihat menurut gua itu tidak transparan dan menurut gua esensi dari orang mau menaruh duit di Bursa atau beli saham itu fondasinya adalah trust kepercayaan ada akuntabilitas di situ itu ada transparansi di situ kalau itu enggak bisa dikasih kalau bursa tidak menyediakan itu memfasilitasi itu dan tidak memberikan kepercayaan itu apa yang terjadi orang akan hilang kepercayaannya terhadap bursa saham yang ada di Indonesia jujur menurut gua ini tindakan yang fatal dan sangat berbahaya dan OJK harus turun tangan nih kalau perlu Bares KM nih tolong juga turun tangan untuk lihat Kok kenapa terjadi event yang seperti ini apakah ini legal coba dicek lagi apakah kita beli saham atau jual saham Karena gini ketika kita dulu beli sahamnya kan harganya jelas 72 lu beli 72 gitu kan atau lu beli 100 lu beli harga 100 jelas tuh angkanya jelas transaksinya jelas bukan barang gaib yang lu beli jelas tuh berapa lot harganya berapa Terus tiba-tiba ketika lu mau jual atau setelah keluar peraton baru ini kok jadi enggak jelas barangnya di harga berapa nih kita mau jual menurut gua itu aneh menurut gua itu sangat aneh itu betul-betul beli kucing dalam karung teman-teman gimana Menurut kalian gimana kalian setuju atau tidak dengan peraturan terbaru nih dari pengelola bursa saham yang ada di Indonesia Kalau gua terus terang gua enggak setuju itu ya karena menurut gua transparansi itu sangat penting kita enggak bahkan enggak minta kode broker apa segala macam ya karena kita juga enggak percaya dengan begitu begituan Tapi at least kita bisa lihat Berapa banyak sih orang yang mau offering berapa sih banyak orang yang mau bat jangan dilelang terus lelangnya itu enggak transparan ini Aneh banget sih betul-betul sangat aneh menurut gua gua bukan anti ya Sekali lagi bukan anti dengan saham itu unjlock tuh dari 50 ke 1 gua enggak anti boleh aja asal transparan gitu loh bisa turun ke R1 transparan boleh aja tapi yang gua tidak setuju adalah tidak ada transparansi dalam proses jual beli saham yang terjadi di papan dengan pemantauan khusus ini itu menurut gua Seburuk apapun emitennya menurut gua sekecil Apun investor punya sahamnya lotnya sekecil apapun mereka berhak untuk dilindungi jangan dihabisi mereka dibinasakan dan sekali lagi kalau memang tujuannya melindungi orang-orang yang terjebak di saham-saham gocap atau saham-saham yang kalau kata orang apa mau terjebak PKPU lah Terjebak ini Itulah kalau esensinya pengin melindungi mereka gampang suruh aja perusahaannya ada listing terus buyb itu saham atau perusahaannya suruh lelang lelang asetnya perusahaannya jual pabriknya Terus apa balikinlah ke pemegang saham mereka kan punya hak di situ dan itu kan fungsinya ada nilai buku di situ ketika mereka mau Ipu kan mereka daftar ke bursaang bursa gak Ngecek ini barang punya pabrik gak punya tanah ggak punya aset Gak kok tiba-tiba di biarin listing ya kan Kan lu Udah kerjain PR lu dong Ini bukan perusahaan bodong kan ini ada asetnya kan udah suruh dia ada listing buy back sahamnya selesai lelang asetnya beli itu s-saham perusahaan-perusahaan apa s-saham investorinest yang nyangkut itu udah selesai itu gunanya nilai buku kita mengevaluasi nilai buku in case perusahaannya dipilitkan in case perusahaannya tutup atau whatsoever dia enggak mau jalan lagi atau enggak bisa jalan lagi ya udah asetnya dilelang duitnya dibagi-bagi bagi-bagi ke kreditur bagi-bagi ke pemegang saham fair jangan tiba-tiba hilang ini perusahaan dari 50 perak misalkan atau dari 70 perak ke sat perak tanpa ada kejelasan tanpa ada transparansi di sana menurut gua ini sangat ber bahaya dan yang paling berbahaya bukan cuma soal duit ya yang paling berbahaya itu apa krisis kepercayaan terhadap pengelolaan bursa saham di Indonesia ini dipertaruhkan ini konyol Menurut gua kalau teman-teman gimana lu Setuju enggak dengan peraturan ini Tolong dong kasih komentar di bawah ini lu setuju atau tidak setuju dengan penerapan apa free call action yang terjadi di bursa saham Indonesia jangan lupa like share and segera komen video ini dan jangan lupa segera isi link petisi yang ada di baah ini Salam sehat salaman [Musik] by
Resume
Categories