Transcript
_Ui5OTsQG5E • ⛔I DO NOT AGREE WITH FULL AUCTION STOCK EXCHANGE!!! THIS IS SCARY GUYS!!! WHO BENEFITS?
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/Bennix/.shards/text-0001.zst#text/0203__Ui5OTsQG5E.txt
Kind: captions
Language: id
Halo guys ini ada berita ngeri banget
nih baru aja fresh from the oven bahwa
apa yang namanya bursa saham nih di
Indonesia itu baru bikin peraturan baru
bahwa kalau saham lu dalam pemantauan
khusus itu saham bisa menghilang Ya
dalam artian turun terus sampai ke satu
perak gitu Jadi bukan lagi gocap tapi
turun sampai satu perak dan yang lebih
ngeri menurut gua itu
apa mereka enggak lagi bisa Para
investor ini bisa menebak nih merekaak
bisa lagi bahkan melihat itu teman-teman
investor itu lagi pada beli di harga
berapa atau pada jual di harga berapa
karena apa Karena sekarang berusaha Efek
itu menetapkan peraturan untuk
saham-saham ini itu semua pakai model
yang namanya call auction jadi kayak di
lelang dan ini menurut gua sangat
berbahaya dan gua enggak setuju Kenapa
Karena begini kita mendukung
transparansi ya jujur aja sih ini akan
sangat menguntungkan orang-orang yang
modalnya gede dan dan ya gua mungkin
juga sedikit happy lah kenapa Karena
kalau harga sahamnya yang salah harga
turun terus ya gua untung juga gitu
karena Enggak semua saham gu cap itu
jelek mayoritas sih jelek jelek memang
jelek memang jelek ya cuman yang gua mau
bilang gini kenapa ini enggak benar
karena misalkan orang-orang kayak gua
itu bisa diuntungkan ya
Itu karena harga pembentuknya kalau
teman-teman tahu itu enggak lagi diatur
berdasarkan permintaan atau demand yang
ada dan offering yang ada contohnya gini
misalkan harga samnya 50 kalau
teman-teman beli Antri di 50 yang
normal-normal aja kan bisa tunggu atau
kalau enggak sabar ya udah jual aja di
51 kalau lu enggak sabar 51 tiba-tiba
naik 52 jadi bertahap tuh 50 51 52 53
and that's ok tapi sekarang lu udah lagi
enggak bisa lihat Balkan dari 50
tiba-tiba bisa menghilang ini saham
tiba-tiba jadi 42 atau tiba-tiba jadi 44
dan lu enggak pernah tahu tuh
steppingnya logikanya Menurut gua kalau
di sebuah pasar yang transparan
berdasarkan hukum supply and dem men ya
50 Enggak bisa sertamerta juga lu jadi
40 gitu kan lu harus turun dong 50 49 48
47 tergantung banyaknya bit and offering
yang terjadi di market tapi ternyata
dengan peraturan baru
ini itu hanya ditentukan berdasarkan
lelang lelangnya gini misalkan lu lu
punya saham
gocap 100 lot lu pengin keluar tapi
enggak bisa ya tapi dengan adanya
peraturan ini kan dibuka bisa jadi satu
perak Oke deh lu pengin jual di harga 49
lu tulis 100 lot antri jual di harga 49
oke tiba-tiba nih ada orang yang karena
lotnya banyak entah benar atau enggak
dia punya 2 juta lot yang dia tulis
berapa dia mau jual di harga
40 lalu apa yang terjadi kemudian karena
konsepnya lelang maka harga pembentuknya
itu ya ada di
40 Lalu gimana kalau sandanya tiba-tiba
ada yang ngbit misalkan dia mau beli
harganya di 42 di berapa apa lot Oh
ternyata cuman 1000 lot tetap kalah dia
karena apa ya lebih banyak yang 40
lotnya kecuali tiba-tiba dia ngantri mau
beli di harga 42 atau di harga 39 dengan
jumlah lot yang lebih banyak 10 juta lot
makanya dia yang menang nah yang menjadi
berat menurut gua di sini adalah eh
teman-teman bakal bisa lihat ya faktanya
dan Gua yakin akan jadi kenyataan
saham-saham yang dalam pemantauan khusus
ini geraknya akan semakin nyungsep
Kenapa karena market jadi gelap investor
ituu jadi gelap dan kita itu diibaratkan
beli kucing dalam karung dan menurut gua
ini judi ini murni ini judi nih ini
sangat aneh kenapa Karena lu enggak bisa
lagi bilang oh ini harga saham gua
pengin beli di harga 49 ah enggak bisa
lagi lu bahkan enggak bisa lihat tuh
pergerakannya 49 48 47 50 itu hal yang
normal di Bursa Efek pada umumnya tapi
sekarang enggak karena apa harga
pembentuknya itu dilakukan oleh
mekanisme lelang itu jadi enggak
transparan tiba-tiba kok harganya
tiba-tiba 32 tiba-tiba harganya kok 43
Enggak ada steppingnya enggak ada batu
loncatannya Enggak ada tahapannya enggak
ada bat offeringnya jadi enggak ada
transparansi di sini ini benar-benar
menurut gua ini
judi menurut gua OJK ini harus turun
tangan dan harus ngecek Apa betul ini
model transaksi yang diperbolehkan
karena gua gak pernah lihat nih yang
model-model begini nih Ini ini menurut
gua sangat-sangat aneh jujur-jujur aja
gini Apalagi orang di Bursa Efek itu
bilang mereka lakukan ini demi
melindungi investor retil Eh lu jangan
keblinger kalau emang mau melindungi
investor rtail ya saham-saham sampah ini
ya jangan dikasih listing dong di burusa
effectfek jangan dikasih Ipo dong iya
dong itu kalau memang benar mau
lindungin investor retail sekarang
mereka udah dijebak tahap selanjutnya
apa dibinasakan ini menurut gua nih jadi
ini enggak benar gua sangat tidak setuju
makanya kemudian ada trader ya atau
investor tuh yang bikin petisi di
change.org ini gua buka nih dan gua isi
petisinya nih
e dia bilang begini saya adalah seorang
investor saham yang tinggal di Jakarta
daerah khusus Ibukota Jakarta saya
merasa terganggu oleh peraturan papan
full auction yang berlaku saat ini saham
yang masuk papan full auction tidak akan
memiliki bid over gelap kosong
melompong nanti tiba-tiba ada random
closing harganya terbentuk dari mana
Dari Langit nih benarbenar mirip seperti
para penjudi togel yang
[Musik]
tebak-tebakan angka Mana yang mau naik
angka Mana yang mau turun dan peraturan
ini membuat pasar saham menjadi tidak
stabil dan sulit diprediksi sangat mirip
dengan permainan judi jadi lebih mirip
judi daripada investasi jangka
panjang yang seharusnya ya namanya
investasi ya lebih aman dan lebih mudah
untuk
diperdiksi
jadi Menurut data dari Otoritas Jasa
Keuangan jumlah investor saham di
Indonesia pada tahun 2020 mencapai 3,87
juta orang ini nih enggak valid ini
datanya salah nih dia nih karena yang
benar di atas 10 juta orang nih anyway
dia bilang dengan adanya peraturan papan
full auction ini kestabilan investasi
mereka menjadi terancam kami meminta
kepada OJK untuk menghapuskan peraturan
papan full auction demi kestabilan pasar
saham kita dan perlindungan bagi para
investor teman-teman tanda tangan tuh
petisinya kalau teman-teman setuju ya
apalagi teman-teman yang investor burusa
effectek Indonesia teman-teman Setuju
enggak sih kita itu ditutup matanya
teman-teman Setuju enggak sih kita
enggak bisa lihat bat and offering lagi
teman-teman setuju enggak sih kalau
harganya bisa loncat-loncat seperti itu
Menurut gua itu sangat aneh gini gua
terus terang aja ya gua enggak ada
masalah tuh kalau dengan saham itu bisa
sampai ke satu perak atau di u juga ada
kok Penny stock and it's ok enggak
apa-apa dibandingkan di koncek di 50
menurut gua pribadi enggak apa-apa kalau
memang Bursa Efek pengen bikin peraturan
saham bisa turun di bawah 50 alias bisa
jadi satu perak menurut gua enggak
apa-apa dengan catatan apa
transparan kita benar-benar bisa lihat
Oh kenapa bisa turun ke satu karena
kemarin harganya dua Kenapa bisa turun
kedua Karena kemarinan harganya t kita
bisa lihat itu semua pergerakannya
transparan batnya offingnya kita gak
beli kucing dalam karung tapi per hari
ini posisinya apa orang-orang pada
dibinasakan investor itu betul-betul
berjudi detik ini gua bisa bilang ini
judi ini harus dicek ini biadab ini
menurut gua ini sangat biadab Kenapa
bisa bisanya bikin
peraturan yang akan berdampak pada
jutaan ingat ya bukan satu dua batang
ini tapi
jutaan investor yang ada di Indonesia
dan sayangnya menurut gua peraturan ini
sangat-sangat buruk apalagi juga enggak
menurut gua enggak disosialisasikan
dengan baik juga dan yang lucunya
agendanya melindungi kepentingan
investor retil menurut gua siapa yang
dilindungi menurut gua di sini adalah
mereka yang punya duit gede
bandar-bandar yang akan dilindungi Apa
karena jadi dengan sangat mudah mereka
bisa
banding mereka bisa membanting saham
itu ke harga yang enggak masuk akal k
harga Rp1 harga R7 Rp10 tanpa bisa lu
awasi tanpa bisa lu tengok mereka cukup
bikin aja Oh gua ngantri 2 juta Lot di
harga 42 harga samlo hari ini guocap
gitu ya ya udah menghitung hariah turun
ke 42 atau dia karena dia punya lot
lebih banyak dari lu udah pastilah dia
Tinggal atur aja dia mau setting di mana
harganya karena harga pembentuknya itu
tidak transparan lu enggak bisa lihat
gitu Oh Ternyata gua pengin jual di
harga 51 tapi enggak kelihatan karena
apa Karena yang muncul ya orang-orang
yang punya bid yang tebal dia punya lot
yang lebih banyak dari lu bid lu enggak
masuk hitungan lu enggak diperhitungkan
ibaratnya kalau Pemilu suara lu hangus
aneh Lu punya suara sebetulnya walaupun
lu misalkan Antri di 50 ada orang yang
antri katakan di 49 walaupun lot lubih
lebih kecil seharusnya lu punya hak
suara di situ Itu bisa diperhitungkan
Kenapa lu berhak punya hak suara dan
berhak dilihat bid lu atau over atau
penawaran lu ya esensi dari satu lembar
saham ya ini kita gak ngomong satu lot
bahkan satu lembar saham itu
merepresentasikan kepemilikan saham lu
jadi alangkah logisnya lu Sebagai
pemegang saham yang memiliki hak
suara itu harus diperhitungkan juga
kalau kemudian itu semua diskip
tiba-tiba loncat tuh dari 70 ke 60 dari
perak ke 52 perak suara lu di mana
orang-orang yang punya saham di 53 di 54
orang-orang yang Bahkan punya cuma punya
sat lot t lot lu gak penting gitu lu gak
bisa ikut bertransaksi lu gak bisa ikut
ambil keputusan terhadap nasib saham lu
kalau menurut gua aneh artinya suara
diputuskan oleh pemegang lot terbanyak
dan menurut gua aneh kenapa karena ya
suka gak suka di Bursa Efek Indonesia di
saham Indonesia ya mayoritas ya investor
rtaail yang mungkin lotnya juga enggak
banyak juga Tapi menurut gua mereka
adalah minoritas pemegang S minoritas
yang punya hak untuk dilindungi jadi
karena banyak tuh yang kirim pesan-pesan
di inbox-nya kita gua menurut gua gua
sangat setuju dengan yang bikin petisi
itu Bahwa apa ya ini harus diperbaiki
tolong pengelola ditinjau kembali ini
ini enggak benar menurut gua ini enggak
benar kenapa karena ini benar-benar
namanya kita beli kucing dalam karung
Gua kaget juga juga sih kita lihat
beberapa emitan yang memang ee
jelek-jelek ya memang gua enggak usah
sebut namanya lah
ya Tapi bisa jadi harganya enggak masuk
akal
betul-betul jatuh ke jurang dan ya
sangat disayangkan sih kalau seandainya
ini dibiarkan berlarut-larut apa akan
terjadi krisis kepercayaan Buat
orang-orang yang mau jadi investor baru
di burusaha saham
Indonesia mereka akan makin ketakutan
mereka akan makin enggak percaya Oh gini
toh permain n ya karena menurut gua ini
tidak fair sangat tidak fair kita tidak
bisa melihat pergerakan harga secara
transparan Apakah 51 Apakah 52 berapa
sih orang yang mau beli di harga 52 7
lot kah 100 lot kah berapa sih orang
yang Antri di harga 49 kita enggak bisa
lihat menurut gua itu
tidak transparan dan menurut gua esensi
dari orang mau menaruh duit di Bursa
atau beli saham itu fondasinya adalah
trust kepercayaan ada akuntabilitas di
situ itu ada transparansi di situ kalau
itu enggak bisa dikasih
kalau bursa tidak menyediakan itu
memfasilitasi itu dan tidak memberikan
kepercayaan itu apa yang terjadi orang
akan hilang kepercayaannya terhadap
bursa saham yang ada di Indonesia jujur
menurut gua ini tindakan yang fatal dan
sangat berbahaya dan OJK harus turun
tangan nih kalau perlu Bares KM nih
tolong juga turun tangan untuk lihat Kok
kenapa terjadi event yang seperti ini
apakah ini legal coba dicek lagi apakah
kita beli saham atau jual saham Karena
gini ketika kita dulu beli sahamnya kan
harganya jelas 72 lu beli 72 gitu kan
atau lu beli 100 lu beli harga 100 jelas
tuh angkanya jelas transaksinya jelas
bukan barang gaib yang lu beli jelas tuh
berapa lot harganya berapa Terus
tiba-tiba ketika lu mau jual atau
setelah keluar peraton baru ini kok jadi
enggak jelas barangnya di harga berapa
nih kita mau jual menurut gua itu aneh
menurut gua itu sangat aneh itu
betul-betul beli kucing dalam karung
teman-teman gimana Menurut kalian gimana
kalian setuju atau tidak dengan
peraturan terbaru nih dari pengelola
bursa saham yang ada di Indonesia Kalau
gua terus terang gua enggak setuju itu
ya karena menurut gua transparansi itu
sangat penting kita enggak bahkan enggak
minta kode broker apa segala macam ya
karena kita juga enggak percaya dengan
begitu begituan Tapi at least kita bisa
lihat Berapa banyak sih orang yang mau
offering berapa sih banyak orang yang
mau bat jangan dilelang terus lelangnya
itu enggak transparan ini Aneh banget
sih betul-betul sangat aneh menurut gua
gua bukan anti ya Sekali lagi bukan anti
dengan saham itu unjlock tuh dari 50 ke
1 gua enggak anti boleh aja asal
transparan gitu loh bisa turun ke R1
transparan boleh aja tapi yang gua tidak
setuju adalah tidak ada transparansi
dalam proses jual beli saham yang
terjadi di papan dengan pemantauan
khusus ini itu menurut gua Seburuk
apapun emitennya menurut gua sekecil
Apun investor punya sahamnya lotnya
sekecil apapun mereka berhak untuk
dilindungi jangan dihabisi mereka
dibinasakan dan sekali lagi kalau memang
tujuannya melindungi orang-orang yang
terjebak di saham-saham gocap atau
saham-saham yang kalau kata orang apa
mau terjebak PKPU lah Terjebak ini
Itulah kalau esensinya pengin melindungi
mereka gampang suruh aja perusahaannya
ada listing terus buyb itu saham atau
perusahaannya suruh
lelang lelang asetnya perusahaannya jual
pabriknya Terus apa balikinlah ke
pemegang saham mereka kan punya hak di
situ dan itu kan fungsinya ada nilai
buku di situ ketika mereka mau Ipu kan
mereka daftar ke bursaang bursa gak
Ngecek ini barang punya pabrik gak punya
tanah ggak punya aset Gak kok tiba-tiba
di biarin listing ya kan Kan lu Udah
kerjain PR lu dong Ini bukan perusahaan
bodong kan ini ada asetnya kan udah
suruh dia ada listing buy back sahamnya
selesai lelang asetnya beli itu s-saham
perusahaan-perusahaan apa s-saham
investorinest yang nyangkut itu udah
selesai itu gunanya nilai buku kita
mengevaluasi nilai buku in case
perusahaannya dipilitkan in case
perusahaannya tutup atau whatsoever dia
enggak mau jalan lagi atau enggak bisa
jalan lagi ya udah asetnya dilelang
duitnya dibagi-bagi bagi-bagi ke
kreditur bagi-bagi ke pemegang saham
fair jangan tiba-tiba hilang ini
perusahaan dari 50 perak misalkan atau
dari 70 perak ke sat perak tanpa ada
kejelasan tanpa ada transparansi di sana
menurut gua ini sangat ber bahaya dan
yang paling berbahaya bukan cuma soal
duit ya yang paling berbahaya itu apa
krisis kepercayaan terhadap pengelolaan
bursa saham di Indonesia ini
dipertaruhkan ini konyol Menurut gua
kalau teman-teman gimana lu Setuju
enggak dengan peraturan ini Tolong dong
kasih komentar di bawah ini lu setuju
atau tidak setuju dengan penerapan apa
free call action yang terjadi di bursa
saham Indonesia jangan lupa like share
and segera komen video ini dan jangan
lupa segera isi link petisi yang ada di
baah ini Salam sehat salaman
[Musik]
by